30 Juli 2019

Cara Merawat Ikan Neon Tetra

Selamat datang di blog lovedfish.com. Ikan Neon Tetra dapat di kategorikan sebagai ikan yang mudah di rawat, meskipun ikan ini berukuran sangat kecil, ikan ini memiliki daya tahan tubuh yang cukup baik. Yang perlu sobat ketahui habitat asli Neon Tetra sebagian besar berada di lembah sungai amazon yang bagian atasnya biasa tertutup tumbuhan bahkan di sungainya cenderung keruh banyak ranting pohon  dan daun yang menutupi habitatnya, warna ikan yang cemerlang inilah yang mengidentifikasi agar ikan ini terlihat oleh sesama jenisnya di dalam air yang keruh dan kondisi sungai yang minim pencahayaan. 

Merawat Neon Tetra
Ikan Neon Tetra
Di kalangan penghobies tidak heran jika Neon Tetra sering di jadikan penghias aquascape karena kondisi itu hampir sama dengan kondisi ikan neon tetra di habitat aslinya. Persiapan perawatan ikan Neon Tetra yang perlu sobat perhatikan hal-hal adalah sebagai berikut :

Ukuran Aquarium.
Sebelum membahas tentang ukuran aquarium perlu di perhatikan bahwa ikan jenis tetra, termasuk neon tetra sangat rentan terhadap perubahan kondisi air, jadi ada baiknya jika sobat mau memasukkan tetra kondisi air sudah di endapkan dahulu setidaknya semalaman sebelum di masukkan ke aquarium.

Ukuran yang ideal untuk Merawat ikan Neon Tetra setidaknya sobat sediakan aquarium ukuran minimal 60*35*40, meskipun di aquarium yang lebih kecil ikan ini mampu bertahan hidup cuma tingkat bertahan hidupnya tidak lama. Seperti yang sudah penulis sebutkan di artikel sebelumnya tentang Neon Tetra, dalam satu aquarium atau kolam setidaknya di isi ikan neon minimal 15 ekor.

Kondisi Air
Kondisi air ideal untuk merawat neon tetra memiliki suhu diantara 21-27 derajat Celcius, pH air kurang dari 7,0. Untuk pencahayaan aquarium dapat menggunakan lampu warna putih dengan tingkat cahaya yang tidak terlalu terang, sobat bisa gunakan LED atas ukuran 3-5 watt. 

Tetra menghasilkan kotoran yang sangat kecil sehingga kebutuhan penyaringannya juga sangat kecil sobat dapat menggunakan filter spon biasa atau mungkin sobat lebih mengenalnya dengan bio foam. Lakukan juga pergantian air sekitar 25% setiap seminggu sekali, pastikan untuk tidak melebihi rekomendasi ini karena terlalu banyak penggantian air dapat mematikan bagi Neon Tetra.

Makanan Neon Tetra
Dalam lingkungan alaminya di alam liar, neon tetra bersifat omnivora. Ini berarti Neon tetra akan memakan daging dan sayuran / bahan nabati. Anda akan menemukan mereka memakan alga, larva dari serangga dan invertebrata kecil lainnya.


Jika sobat merawat ikan neon tetra di aquarium sobat tidak perlu khawatir tentang makanan yang harus di sediakan karena neon tetra bukan termasuk ikan yang "rewel" soal makanan. Neon tetra akan menikmati makan semua jenis makanan termasuk pelet, cacing beku atau hidup, udang, daphina semua di makan. Mengingat ukuran ikan yang sangat kecil, sobat harus memberikan pakan dengan ukuran yang kecil juga atau ikan akan kesulitan dalam menelan makanannya.

Waktu pemberian pakan yang tepat adalah pagi dan sore, berikan pakan 2 kali saja dalam sehari dan usahakan memberikan pakan secukupnya atau habis di makan dalam waktu 3-5 menit sekali makan. Berikan pakan berkualitas agar ikan tumbuh sehat dan warna ikan tetap bagus di pandang mata.

Pasangan Neon Tetra
Secara umum Neon Tetra adalah ikan yang sangat damai, kecuali pada saat musim kawin. Neon tetra dapat membuat ikan komunitas yang sempurna, dan mereka benar-benar membantu membawa warna-warna cerah ke dalam aquarium sobat.


Karena mereka adalah ikan yang sangat kecil, Anda hanya perlu menempatkannya di aquarium bersama ikan non-agresif lainnya yang tidak cukup besar untuk memakannya. Ikan jenis tetra lainnya seperti cardinal, black tetra red nose, guppy, ikan  yang masuk keluarga barb yang tidak agresif merupakan teman dan pasangan ideal bagi neon tetra. 

Hindari mencampur ikan neon tetra dengan cupang atau betta, anggelfish atau manfish, ikan dalam keluarga cichlids atau ikan-ikan lain yang memiliki ukuran besar. Aturan praktisnya yang harus di perhatikan adalah jika mulut ikan cukup besar untuk menelan Tetra jangan masukkan ke dalam aquarium yang sama.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: