30 Juli 2019

Neon Tetra Si Mungil Yang Menyala

Selamat datang di blok lovedfish.com. Neon Tetra ikan kecil nan mungil yang berasal dari amerika selatan ini pasti sudah banyak di kenal oleh sobat pencinta ikan hias terutama para scaper. Neon Tetra memang sangat cokok untuk di rawat dalam aquarium dengan banyak tumbuhan di dalamnya. 



Neon Tetra (Paracheirodon innesi), juga dikenal sebagai ikan neon pertama kali ditemukan kembali pada tahun 1934 di hutan Amazon. Ini adalah ikan air tawar yang termasuk dalam keluarga Characidae dan dikenal karena warna yang mempesona Neon tetra memiliki perpaduan warna biru mulai dari kepala hingga perut bagian atas di sambung dengan warna merah dari perut hingga ke belakang, pada saat malam atau dalam keadaan gelam warna ikan ini akan kelihatan menyala. 

Di kutip dari wikipedia untuk membedakan jenis jantan dan betina neon tetra dapat di lihat dari bentuk tubuh, neon tetra betina memiliki perut yang lebih besar daripada jantan sedangkan perpaduan warna biru di tubuh betina lebih bergelombang untuk betina sedangkan yang jantan warna biru lebih lurus. ukuran neon tetra dewasa sendiri sekitar 3 cm dengan kemampuan bertahan hidup sekitar 8 tahun, akan tetapi jika di pelihara dalam aquarium hanya mampu bertahan hidup sekitar 5 tahun.



Perilaku ikan Neon Tetra damai dan tidak agresif yang dapat membuat penambahan yang fantastis ke tangki komunitas. Sobat akan melihat mereka menghabiskan waktu dengan berenang di tengah kolom air atau aquarium. Bagi sobat yang ingin memelihara ikan neon tetra sobat bisa pelihara ikan ini sedikitnya 15 ekor. Jika di dalam aquarium atau kolam ikan ini lebih sedikit dari ikan lain maka neon tetra dapat merasa terancam dan ini dapat menyebabkan stres.

Ikan yang mirip Neon Tetra yaitu Cardinal Tetra, Kadang orang sering bingung membedakan ikan ini. Bagi yang jeli jika dilihat lebih dekat, Neon tetra memiliki garis merah dari perut sampai ekor seperti yang penulis jelaskan di atas, sedangkan cardinal tetra warna garis merah membentang di sepanjang tubuhnya.


Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: