30 Juli 2019

Membuat Aquarium Sendiri

Selamat datang di blog ini, semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias. Sobat yang gemar memelihara ikan hias aquarium merupakan faktor penting karena media ini salah satu tempat yang dapat di gunakan untuk menyimpan ikan hias kesayangan sobat. meskipun tidak sedikit yang memelihara ikan hias di kolam. 


Banyak aquarium yang di jual di pasaran, khususnya pedagang ikan hias lah. hehehe, nah bagi sobat yang ingin membuat aquarium sendiri tidak ada salahnya mencoba tips dan langkah-langkah membuat aquarium sendiri.
Peralatan Membuat Aquarium
Tips yang penulis sampaikan berdasar pengalaman pribadi penulis saat membuat aquarium. Sebelum mempersiapkan bahan-bahan ada baiknya sobat pencinta ikan hias perhatikan kebutuhan bahan untuk ukuran aquarium yang di inginkan. Sobat pencinta ikan hias bisa memperhatikan tabel berikut.


Ukuran Aquarium PxLxT (cm)
Tebal Kaca
Kebutuhan Kaca Utama
Ukuran (cm)
Jumlah
50x30x35
5mm
50x30
50x35
29x35
1
2
2
60x35x40
5mm
60x35
60x40
34x40
1
2
2
80x40x40
5mm
80x40
39x40
3
2
100x50x50
6mm
100x50
48,8x50
3
2

Dari tabel di atas sobat sudah bisa menentukan berapa ukuran aquarium yang ingin sobat buat, kebutuhan aquarium pada tabel di atas untuk model aquarium kotak atau segi empat, untuk mengkreasikan bentuk lainnya sobat bisa bereksperimen sesuai imajinasi sobat. Untuk lebih jelasnya perhatikan bahan-bahan yang di butuhkan dalam membuat aquarium.

1. Kaca Bening. Tebal kaca sesuaikan dengan ukuran aquarium.
2. Sealant atau lem silicon. Warna Clear atau bening.
3. Selotip atau Lakban.
4. Grinder atau gerinda atau penghalus kaca.
5. Tembakan sealant.
6. Pemotong Kaca. (bisa di kesampingkan jika kaca sudah sesuai ukuran).


Langkah pertama  dalam membuat aquarium sobat tentukan ukuran dan model aquarium yang ingin sobat buat. Dalam contoh tabel di atas kita akan membuat aquarium persegi. Setelah model aquarium sudah di tentukan sobat tentukan juga ukuran aquariumnya. nah setelah fix model dan ukuran aquarium yang di inginkan mulai deh potong kaca sesuai ukuran atau kalau tidak mau ribet beli kaca sesuai ukuran biar bisa langsung ke langkah berikutnya.

Langkah berikutnya dalam membuat aquarium yaitu dengan menghaluskan tepi kaca dengan menggunakan gerinda kaca, hal ini dilakukan supaya tepi kaca tidak tajam. Sobat pencinta ikan hias perlu hati-hati dalam menghaluskan tepi kaca supaya tidak melukai tangan sobat, serpihan kaca yang halus dan menempel di tubuh jangan di bersihkan dengan tangan langsung karena akan menimbulkan goresan. Sobat bisa gunakan air mengalir atau bersihkan dengan kain.

Langkah ke tiga neh, setelah sobat pencinta ikan hias menghaluskan tepi kaca, sobat wajib hukumnya membersihkan kaca dari sisa-sisa serpihan kaca dan debu atau minyak yang menempel di kaca. Setelah kaca benar-benar bersih rangkai kaca menjadi bentuk aquarium dengan menggunakan selotip dahulu. Jangan lupa berikan selotip di bagian dalam sudut aquarium yang nantinya akan di lem, lebar sekitar 1cm dari jalur yang akan di lem nantinya. Tujuan selotip ini untuk merapikan lem. Sebagai Gambaran tahap ke tiga ini sobat bisa perhatikan gambar-gambar berikut :


Langkah ke empat sobat bisa lem aquarium di masing-masing sudutnya, tunggu sampai kering sekitar 4 sampai 6 jam tergantung kualitas lem yang sobat gunakan. Setelah kering sobat bisa lepaskan selotip yang menempel pada kaca, hanya di lepas selotipnya ya belum bisa di isi air. Untuk aquarium siap di isi air membutuhkan waktu 1-2 x 24 jam tergantung kualitas sealent atau lem dan besar kecil ukuran aquariumnya.


Agar aquarium yang sobat lebih kuat sobat bisa menambahkan "sabuk" untuk penguat aquarium agar tidak pecah ketika di isi air. Langkahnya potong kaca kurang lebih ukuran 1x2 cm 4 buah kemudian tempel di masing-masing sudut atas aquarium, tunggu sekitar 1-2 jam kemudian pasang kaca sebagai "sabuk" untuk penguat, ukuran kaca sebagai "sabuk" dapat sobat sesuaikan sendiri lebarnya, kalau penulis biasanya menggunakan lebar kaca 4-5 cm. Gambaran nya seperti di bawah ini :




Langkah terakhir dalam membuat aquarium sendiri bisa sobat beri aksesoris tambahan berupa lis warna-warni dan pasang gambar background aquarium sesuai selera sobat masing-masing. Cukup mudah kan cara membuat aquarium sendiri? kalau masih merasa sulit sobat bisa langsung beli atau pesan aquarium sesuai yang sobat inginkan jadi tidak perlu repot membuat sendiri aquarium yang sobat inginkan. 



Setelah memiliki aquarium, sobat bisa neh baca artikel-artikel berikut untuk membantu sobat merawat aquarium dan ikan yang akan sobat pelihara nantinya.

- Cara Merawat Ikan Hias
- Daftar Ikan Hias Yang Bisa di Campur
- Filter Aquarium

Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobt pencinta ikan hias atau yang sekedar ingin membuat aquarium sendiri untuk pelengkap hiasan di rumah sobat. Jangan lupa bagikan artikel ini yaa....
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: