29 Juli 2019

Cara Merawat Ikan Hias Tanpa Oksigen



Selamat datang di blog lovedfish.com, kali ini admin akan membahas cara perawatan ikan hias tanpa oksigen. semua makhluk hidup pasti butuh oksigen untuk bernafas, jadi yang di maksud merawat ikan hias tanpa oksigen di sini sebenarnya bukan 100% tanpa oksigen, hanya sebatas menjaga ikan agar tidak mati ketika kita merawatnya di aquarium atau kolam tanpa tambahan alat seperti mesin pompa air (water pump) atau mesin pompa angin (air pump).

Cara Merawat Ikan Tanpa Oksigen
Ilustrasi aquarium
Ada beberapa jenis ikan yang mampu bertahan tanpa adanya alat tambahan seperti yang di maksud di atas, sobat bisa baca artikelnya di sini. Setelah sobat memiliki ikan-ikan yang mampu bertahan tanpa oksigen, tahap-tahap selanjutnya untuk merawat ikan tersebut agar selalu sehat dan aktif sobat bisa ikuti langkah-langkah berikut :

1. Aquarium/Kolam.
Untuk merawat ikan, tentunya sobat memerlukan media untuk merawat ikan-ikan yang sudah sobat beli khan? nah siapkan wadahnya bisa berupa aquarium atau kolam, sebelum di isi ikan ada baiknya aquarium atau kolam sudah di isi air sehari sebelumnya, baru kemudian masukkan ikannya.



2. Pasir/Batu Alam.
Langkah selanjutnya untuk memelihara ikan tanpa oksigen yaitu sediakan Pasir atau Batu alam, ini berfungsi selain sebagai penghias aquarium atau kolam sobat juga berfungsi sebagai endapan kotoran ikan, beberapa kasus kolam atau aquarium tanpa media filter pasti airnya akan keruh dan kotor untuk menanganinya sobat bisa gunakan media filter berupa pasir atau batu alam.

3. Beri Pakan Ikan Sehari 1-2 kali.
Jika merawat ikan dengan adanya tambahan media filter yang bagus ikan bisa di kasih makan 2-3 kali dalam sehari akan tetapi berbeda dengan merawat ikan tanpa oksigen, cukup beri makan 1-2 kali dalam sehari ini berfungsi untuk mengurangi resiko warna air berubah. Perlu di perhatikan dengan pemberian pakan ikan berlebih akan menyebabkan warna air menjadi kuning dan keruh, ini juga tidak sehat bagi ikan-ikan yang sobat pelihara, resikonya ikan-ikan bisa cepat mati.

4. Ganti Air Secara Berkala.
Cara merawat ikan tanpa oksigen selanjutnya dengan penggantian air secara berkala 5-7 hari sekali, jangan ganti air total cukup buang 40-60% air dalam kolam atau aquarium sobat, kemudian ganti air yang baru. Pada saat penggantian air bersihkan juga kotoran-kotoran ikan yang ada di dasar aquarium atau kolam sobat. Pada saat mengganti air ini ikan-ikan yang sobat pelihara tidak usah dipindahkan dari aquarium atau kolam, biarkan tetap di tempatnya, bisa juga tambahkan sedikit garam crystal untuk mengurangi bakteri berbahaya bagi ikan. Fungsi garam ikan sendiri dapat sobat baca di sini.



Itu tadi beberapa tips merawat ikan hias tanpa oksigen. Langkah-langkah di atas berdasarkan pengalaman yang penulis lakukan waktu mencoba merawat ikan guppy tanpa adanya alat-alat tambahan untuk oksigen maupun media filter. Semoga membantu sobat pencinta ikan hias dalam merawat ikan-ikan sobat pencinta ikan hias. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: