23 Agustus 2017

Ikan-ikan Ini Bisa Di Pelihara Di Aquarium Tanpa Oksigen.

Sobat pencinta ikan hias punya aquarium tapi belum punya mesin pompa air atau pompa udaranya, tapi ingin memelihara ikan di aquarium? ada banyak ikan hias yang bisa di pelihara dalam aquarium baik air tawar maupun air laut namun tidak semua ikan bisa dengan mudah di pelihara asal di kasih makan tiap hari ikan akan hidup, stigma atau pemikiran ini biasanya di alami bagi mereka yang baru pertama kali mencoba memelihara ikan di aquarium, biar tidak salah lagi pemeliharaan ikan yuks simak ikan apa saja yang bisa di pelihara di aquarium tanpa sirkulasi atau oksigen.

1. Betta Fish/Cupang.

Ikan yang habitatnya berada di asia tenggara ini memiliki kemampuan bertahan di air minim oksigen yang kuat. Bahkan penulis pernah mencoba memasukkan ikan ke dalam kantong plastik ukuran setengah kg di beri oksigen dan dalam keadaan tertutup ikan ini dapat bertahan sampai 5 hari. Ikan ini memiliki berbagai corak warna yang menarik, namun sangat di sayangkan ikan ini ketika di letakkan dalam satu aquarium tidak bisa di campur dengan ikan sesama cupang tapi masih bersahabat dengan ikan yang lain. Intinya jika sobat ingin memelihara ikan ini cukup satu saja untuk ikan jenis cupangnya.

2. Molly.


Berbagai jenis ikan molly juga termasuk ikan yang dapat bertahan hidup dalam aquarium tanpa tambahan alat sama sekali. Ikan yang berasal dari amerika tengah ini memiliki ukuran yang kecil dan bentuk tubuh yang bermacam-macam ada yang bulat atau biasa di sebut juga dengan molly baloon atau marble, ada juga yang memiliki ekor seperti bulan sabit. sedangkan untuk warna maupun corak molly juga bermacam mulai dari hitam, kuning, putih.

3. Platty


Ikan yang masih kerabat dengan molly ini juga dapat bertahan hidup di aquarium tanpa aerasi/aerator/oksigen. Dikuip dari en.wikipedia.org ikan Platty berasal dari pantai timur amerika tengah dan meksiko selatan. Jenis ikan platty yang di kenal di pasar ikan hias Indonesia di antaranya Redsun dan Micky mouse.

4. Sword Tail


Dinamakan Sword Tail karena ikan ini memiliki sirip ekor bagian bawah memanjang bagaikan pedang untuk pasar indonesia ikan ini lebih di kenal dengan ikan peso, ikan yang memiliki warna dasar merah atau kuning dengan variasi corak hitam di tubuhnya ini cukup bagus juga untuk di pelihara di aquarium. Ikan ini juga termasuk ikan yang kuat bertahan dalam aquarium tanpa oksigen.

5. Guppy


Guppy atau gobi ikan imut dengan warna yang cerah serta memiliki sirip ekor melingkar juga memiliki kemampuan yang cukup bagus untuk bertahan di aquarium tanpa oksigen. 

Sebenarnya masih banyak lagi ikan-ikan yang memiliki kemampuan bertahan yang bagus dalam aquarium seperti ikan sapu-sapu atau gurami, yang perlu diperhatikan bagi sobat pencinta ikan hias yang ingin memelihara ikan dalam aquarium tanpa oksigen harus memperhatikan jumlah ikan dengan ukuran aquarium, jangan sampai overload.
Tips supaya air tetap jernih meskipun aquarium tanpa mesin gunakan media pasir malang atau batu kecil yang sudah dibersihkan untuk dasar aquarium. ini berfungsi sebagai media menangkap kotoran ikan.
Semoga info yang di sajikan bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias, jangan lupa tinggalkan komentar sobat dan berbagi informasi kepada sesama pencinta ikan hias. 


Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

1 comments:

Anonim mengatakan...

bagus ikan cupang nya