24 Agustus 2017

7 Fakta Unik Ikan Cupang

Ikan cupang atau betta ikan yang berasal dari asia tenggara ini memiliki warna dan ekor yang bervariasi, dari para penghobies ikan hias, ikan cupang di bagi menjadi tiga golongan, cupang hias, cupang aduan dan cupang liar. Ada beberapa fakta unik dan menarik dari ikan yang perlu sobat pencinta ikan hias ketahui.
1. Betta channoides merupakan varian cupang yang habitatnya asli indonesia tepatnya di sungai mahakam kalimantan timur. Dalam perdagangan dikenal sebagai Snakehead Betta karena bentuk kepala ikan ini menyerupai ular.

2. Fakta unik selanjutnya warna ikan cupang yang memiliki variasi lebih dari 20 warna, yah ikan ini memang memiliki banyak warna, tapi warna ikan yang sering di temui merah, putih orange, transparant, hitam.
3. Tahukah sobat kalau ikan cupang mampu bertahan dalam kondisi minim oksigen? yap ini di sebabkan karena ikan cupang memiliki organ khusus yang terletak di atas kepala ikan, organ ini sering di sebut dengan Labirin yang memiliki fungsi untuk menangkap/menghirup oksigen.

4. Fakta unik selanjutnya ikan Cupang jantan termasuk ikan agresif dalam mempertahankan wilayahnya, ikan cupang akan mengembangkan siripnya ketika menghadapi ikan cupang jantan lainya bahkan ikan cupang akan bertarung sampai mati jika di satukan dalam aquarium. Berbeda dengan cupang betina, cupang betina bisa disatukan dalam wadah atau aquarium yang sama.

5. Fakta menarik yang ke lima warna ikan cupang jantan lebih menarik daripada warna ikan cupang betina. Cupang jantan warnanya lebih cemerlang sedangkan betina memiliki warna yang kusam. Ukuran tubuh cupang jantan juga lebih besar daripada cupang betina.

6. Fakta menarik yang ke enam meskipun memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil dengan ukuran panjang maksimal 8cm umur cupang bisa mencapai 5 tahun walapun biasanya umur cupang hanya 2 sampai 3 tahun. Sedangkan cupang dewasa dan bisa di lakukan pemijahan jika sudah berumur 6 bulan.
7. Buat sobat pencinta ikan hias pernah beli ikan cupang? berapa harga termahal ikan cupang yang pernah sobat beli? Nah untuk fakta unik selanjutnya adalah harga cupang menembus angka 1.530 USD atau jika di rupiahkan sekitar 20 juta rupiah. wow harga yang fantastis untuk ikan cupang ya. Yaps mengutip dari portal online kompas.com tahun 2016 di sebuah lelang online cupang milik Kachen Worachai mampu terjual dengan harga fantastis. Yang membuat cupang milik Kachen mencapai harga 20 juta karena warna ikan ini yang mirip bendera thailand.
Fakta unik yang terakhir semoga bisa memompa semangat sobat pencinta ikan hias untuk membudidaya dan mengembangkan ikan cupang. Sobat pencinta ikan hias punya fakta unik dan menarik seputar cupang yang belum penulis sampaikan? Jangan lupa tambahkan fakta-fakta unik dan menarik seputar ikan cupang ya. Terima kasih sudah membaca artikel ini jangan lupa bagikan dengan teman-teman ya.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: