22 September 2021

Mengenal dan Merawat Ikan Corydoras

Deskripsi

Ikan yang damai mudah di rawat dan cocok untuk pemula, itulah karakter ikan corydoras. Ikan yang masih keluarga catfish ini cukup jinak dan cocok untuk banyak ikan yang memiliki sifat yang sama. Corydoras berasal dari perairan di daerah Amerika Selatan dan memiliki ratusan jenis, namun di Indonesia beberapa Corydoras yang cukup populer di antaranya cory panda, albino, sterbai, barbatus, paleatus dan beberapa jenis lainnya.
False Julii Cory
Ukuran ikan corydoras cukup kecil, panjang maksimal sekitar 7,5cm sedangkan yang biasa di jual belikan ukuran sekitar 2-3cm. Usia corydoras sendiri bisa mencapai hingga 20 tahun namun rata-rata usia corydoras hanya 5 tahun ketika di rawat di dalam akuarium.

Ikan corydoras memiliki ciri yaitu bentuk badannya kompak agak pipih ke samping dengan mulut menghadap ke bawah dan beberapa kumis (sungut) yang merupakan ciri khas ikan keluarga catfish. Corydoras memiliki dua baris sisik besar. Sirip di bagian dada bertulang keras yang di gunakan untuk senjata jika merasa terancam.

Kesulitan Merawat Ikan

Ikan corydoaras tidak terlalu sulit untuk di rawat bahkan untuk pemula. Ikan yang suka berenang di dasar akuarium ini merupakan salah satu ikan yang aktif makan alga dan sisa makanan yang tenggelam. Tantangan terbesar untuk merawat ikan corydoras adalah saat memindahkan ikan ke tempat yang baru ikan corydoras cukup lambat dalam beradaptasi dengan air baru.

Sedikit tips bagi yang baru beli ikan corydoras jangan langsung memasukkan ikan ke akuarium, biarkan ikan masih dalam kantong plastik dan di letakkan di akuarium sekitar setengah jam, setelah itu buka kantong plastik-nya, masukkan air ke dalam kantong plastik yang berisi ikan corydoras dan biarkan ikan keluar sendiri untuk mulai beradaptasi dengan air akuarium.
Orange Venezuela Cory
Ikan corydoras dapat di rawat  di akuarium yang tidak terlalu besar, akuarium dengan ukuran 60x35x40 sudah cukup di gunakan untuk merawat mereka meskipun akuarium ukuran besar sangat di sarankan. Sifatnya yang suka berteman sebaiknya memlihara mereka dalam jumlah yang banyak minimal enam ekor. Gunakan pompa air dengan arus lambat karena di habitat aslinya ikan corydoras menyukai sungai arus lambat. 

Makanan dan Pemberian Pakan

Dengan bentuk tubuh ikan yang memiliki mulut di bagian bawah, ikan corydoras suka memakan makanan yang berada di dasar, mereka makan dengan menyedot makanan menggunakan mulutnya dari tanah, terkadang mereka bisa menggali tanah atau pasir hingga separuh wajahnya terkubur. Di habitat asal, mereka biasanya makan cacing dan larva serangga.

Ketika merawat ikan corydoras di akuarium gunakan pakan ikan pelet yang tenggelam, ada beberapa pakan yang bisa tenggelam atau pelet ikan yang hanya mengapung di atas. Corydoras merupakan perenang bawah dan biasa hidup di dasar sungai atau akuarium jika pakan yang di berikan pelet apung otomatis mereka tidak memakannya.

Pastikan mereka mendapatkan makanan yang bergizi untuk menjaga ikan tetap sehat, selain pakan berupa pelet, Ikan corydoras juga bisa di berikan berupa serpihan udang kering, cacing beku atau telur artemia.

Seperti ikan lainnya, penting untuk tidak memberi mereka makan berlebihan, ikan corydoras harus diberi makan sekali atau dua kali sehari dan pastikan corydoras makan sebanyak yang mereka bisa makan dalam waktu sekitar tiga sampai lima menit.

Perawatan Akuarium

Merawat ikan di dalam akuarium berarti kita memiliki waktu untuk membersihkan dan menjaga kualitas air tetap baik. Ikan corydoras akan nyaman berada di suhu optimal sekitar 24°C - 28°C tergantung jenis ikan corydorasnya. Jika memasuki musim dingin biasanya suhu air akan turun hingga di bawah 24°C, kasus ini dapat di tanggulangi dengan menambahkan heater untuk menjaga suhu tetap stabil.

Pastikan seminggu sekali air akuarium di ganti dengan air baru sekitar 20% dari total volume air, hal ini selain berfungsi untuk menjaga air tetap jernih juga untuk menjaga tingkat keasaman air (pH) tetap stabil. pH air yang direkomendasikan untuk merawat mereka antara 7,0 - 7,5 dengan tingkat kesadahan air 10° dH.

Selain merawat akuarium media filter dan pompa air juga harus di bersihkan secara berkala untuk menjaga mesin tetap bagus juga menjaga ikan tetap sehat. Lakukan Setiap tiga minggu hingga satu bulan sekali untuk membersihkan media filter dan pompa airnya, ganti juga air sekitar 50% dari volume air akuarium. 

Di saat melakukan kegiatan di atas pastikan di lakukan secara perlahan agar tidak mengganggu ikan yang ada di akuarium. Kesalahan utama penggemar ikan hias ketika membersihkan akuarium biasanya ikan di pindah dulu ke dalam ember kemudian air di akuarium di kuras semua dan di ganti dengan air yang baru, kemudian ikan di masukkan kembali ke dalam akuarium. Ini merupakan kesalahan yang fatal karena bisa berakibat ikan mati mendadak. Hal ini di sebabkan karena air baru kandungan oksigen air belum stabil dan ikan harus beradaptasi ulang yang menyebabkan ikan stress. Bisa juga terjadi kandungan klorin dalam air yang masih tinggi. 

Pengaturan Akuarium

Ketika memelihara ikan hias di akuarium, pengaturan isi akuarium sesuai habitat asal ikan akan membuat mereka nyaman.  Di alam liar, Ikan corydoras senang hidup di dasar, hidup secara berkelompok dan suka bersembunyi di antara be batuan atau pohon untuk menghindari cahaya dan menghindari arus air yang deras.

Setting akuarium seperti di habitat aslinya dengan menambahkan pasir atau batu kerikil sebagai dasaran akuarium di tambahkan be batuan yang tidak memiliki ujung yang runcing supaya tidak melukai ikan ketika mereka bermain di sekitar batu. Tambahkan juga tanaman berdaun keras seperti pakis jawa, anubias atau Pygmy Chain Sword (daun sempit) dan beberapa jenis tanaman lainnya yang memiliki daun keras.

Perilaku Sosial dan Teman Ikan Corydoras

Ikan Corydoras memiliki ukuran yang kecil dan bersifat damai jika ingin memelihara mereka gabungkan dengan ikan yang bersifat damai dengan ukuran kecil juga. Beberapa ikan yang aman untuk di pelihara bersama dengan corydoras di antaranya ikan guppy, jenis ikan tetra seperti serve, neon, cardinal, barbier swordtail atau ikan peso juga aman di campur dengan mereka.


Selain beberapa jenis ikan di atas ikan corydoras juga aman untuk di jadikan satu dengan beberapa siput dan udang kecil seperti red cerry. Meskipun udang dan siput biasa hidup di dasar akuarium yang sama dengan corydoras mereka tetap aman hidup berdampingan.

Hindari ikan-ikan besar dan agresif seperti arwana, oscar, lauhan. Ikan-ikan jenis chiclid juga tidak cocok di jadikan satu dengan corydoras apalagi jika di pelihara di akuarium dengan ukuran kecil. Warna ikan corydoras yang menarik akan menjadikan mereka santapan untuk ikan-ikan agresif yang memiliki ukuran lebih besar.

Referensi Artikel :

https://www.fishkeepingworld.com/cory-catfish
http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php
https://fishcareguide.com/corydoras-catfish-guide/
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: