19 Juni 2019

Cara Membuat Kayu Tenggelam


Selamat datang di lovedfish.com sobat pencinta ikan hias khususnya bagi yang suka mendesain aquarium dengan ekosistem yang natural atau biasa di sebut aquascape tentunya kebutuhan kayu alami sebagai pertimbangan utama untuk di masukkan ke dalam aquarium sobat, yang jadi permasalahan karena massa jenis kayu lebih ringan dari pada massa jenis air maka kayu akan mengambang di aquarium sobat. Bagaimanakah mengatasi masalah agar kayu dapat tenggelam di dalam air, kali ini penulis akan berbagi tips agar kayu bisa tenggelam di dalam air.

1. Cari Kayu di Sungai.

Ini maksudnya apa sieh? mau tau cara membuat kayu tenggelam kok di suruh nyari kayu di sungai. hehehe tenang sobat, berdasar pengalaman penulis pernah menemukan kayu-kayu yang di sungai justru bisa tenggelam di dalam air, kebetulan di daerah sekitar penulis ada sungai besar yang sering penulis lewati dan di sungai itupun sering ditemukan batang kayu atau ranting yang hanyut, setelah di ambil dan di masukkan ke dalam aquarium kayu tersebut ternyata tenggelam. Sobat pencinta ikan yang di daerah sekitar terdapat sungai dan banyak ranting atau kayu berserakan di sungai bisa di coba neh.

Baca Juga :

- Cara Merawat Ikan Hias
Cara Merawat Ikan Parrot

2. Merebus Kayu Agar Bisa Tenggelam.

Cara kedua neh, sobat bisa merebus kayu agar bisa tenggelam cara ini paling populer di gunakan para scaper, durasi merebusnya sekitar 1,5 sampai 2 jam'an. Nah bagi sobat jika kayu atau ranting yang akan di rebus dalam kondisi masih baru di tebang dari pohon, proses ini juga bisa menghilangkan getah pohon yang ada. Sebagai informasi neh, getah pohon dapat mengganggu kondisi ikan di aqurium sobat jadi pastikan kayu atau ranting pohon yang akan sobat masukkan ke dalam aquarium sudah terbebas dari getah pohon.

3. Gunakan Pemberat atau Ikat kayu.

Nah bagi sobat pencinta ikan hias yang akan menambahkan kayu sebagai ornamen aquarium tapi tidak mau ribet mencari kayu di sungai atau merebus kayu agar bisa tenggelam sobat bisa tuh gunakan pemberat atau ikat saja kayunya ke batu. Lebih mudah khan. Hehehe but wait cara ini juga bisa membuat kayu tenggelam dengan sendirinya lho nantinya, tapi perlu waktu yang lumayan lama sieh bisa jadi 1-2 bulan tergantung ukuran kayu dan kadar massa kayu juga.

4. Beli Kayu Yang Sudah Tenggelam di Toko Ikan Hias Terdekat.

Hahahahaha ada-ada saja ya tapi benar khan ini juga merupakan cara yang praktis dan mudah untuk mendapatkan kayu yang bisa tenggelam di air. Harga kayu sendiri sangat variatif tergantung ukuran dan model penulis pernah beli harganya 35.000 kalau sobat jago tawar menawar mungkin bisa lebih murah lagi.

Rekomendasi Khusus Buatmu

- Daftar Ikan Termahal
- Daftar Ikan Mas Koki Paling Populer
- Galeri Ikan Bubble Eye

Itu tadi beberapa cara untuk membuat dan mendapatkan kayu tenggelam, semoga bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias. Jangan lupa bagiakan artikel ini ke sobat sesama pencinta ikan hias agar memberi manfaat bagi yang lain. Terima kasih sudah berkunjung ke lovedfish.com baca juga artikel-artikel menarik lainnya.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: