1 Februari 2017

7 Ikan Mas Koki Paling Populer

Buat sobat pencinta ikan hias pasti tidak asing dengan ikan yang satu ini, bentuknya yang lucu, bulat juga dengan warna ikan yang indah membuat para pencinta ikan hias mudah jatuh cinta sama ikan ini. hehehe. di pasar indonesia ikan ini bisa di beli mulai harga sekitar Rp 5.000 rupiah untuk ukuran kecil hingga ratusan bahkan jutaan rupiah untuk koki yang bagus. untuk ikan mas koki atau sebut aja koki ini ada banyak variasi bentuk warna dan jenisnya. Berikut beberapa jenis ikan mas koki yang paling populer dan sering kita jumpai di pasar ikan hias.


1. Oranda


Ikan Mas Koki Paling Populer
pianetacquario.it
ikan yang berasal dari jepang dan china ini menjadi yang paling populer karena bentuk kepalanya yang ada tonjolan-tonjolan mirip rastberry. Untuk di jepang sendiri ikan ini di sebut dengan SHISHIGASIRA sedangkan di cina di sebut dengan HON MAO TZE. sekilas ikan ini mirip dengan lionhead, yang membedakan dengan lionhead adalah sirip punggung atas, untuk lionhead sendiri tidak memiliki sirip punggung di atasnya.


Ikan Mas Koki Paling Populer
google.com
2. Lionhead/Lionchu
Ikan Mas Koki Paling Populer
en.wikipedia.org
Ikan hasil persilangan antara lionheads dan ranchu yang berasal dari thailand ini memiliki perpaduan unik antara ranchu dan lionheads tubuh ranchu yang memanjang dan melengkung kembali di padu dengan pertumbuhan kepala yang membesar.

3. Bubble Eye/Mata Balon
Ikan Mas Koki Paling Populer
tumblr.com
Yang unik dari ikan mas ini adalah adanya kantung besar di bawah mata yang berisi cairan. Gelembung ikan yang lembut ini mudah pecah sehingga untuk ikan mas jenis ini harus di pisah dengan yang lain, meskipun kantung di bawah mata yang pecah bisa tumbuh lagi namun pada saat luka ikan ini rentan terhadap infeksi dan bakteri. Untuk melihat galeri ikan ini silahkan klik di sini. Sobat pencinta ikan hias berminat merawat ikan ini bisa baca tips perawatan ikan mas koki bubble eye di sini.

4. Panda Moor
Ikan Mas Koki Paling Populer
en.wikipedia.org
Disebut Panda moor karena ikan ini memiliki perpaduan warna hitam putih menyerupai warna hewan panda. bentuk tubuhnya mirip seperti black moor.
Ikan Mas Koki Paling Populer

amazon.com

5. Ryukin

Ikan Mas Koki Paling Populer

en.wikipedia.com

Ikan mas koki ryukin adalah ikan mas yang memiliki sirip dan tubuh yang sangat besar dengan meruncing dan kecil, di kutip dari en.wikipedia.com untuk ukuran badan sendiri bisa mencai 3-4 kali lipat ukurun badannya.
Ikan Mas Koki Paling Populer

goldfishofchina.com

6. Mutiara
Jenis ikan koki yang memiliki sisik seperti mutiara ini cukup popular di kalangan  penggemar ikan hias, ikan yang mudah menyesuaikan diri dengan kondisi perubahan cuaca maupun kondisi air ini sayangnya agak susah ketika di campur dengan ikan jenis lainnya, biasanya ketika koki mutiara di campur dengan ikan yang lain meskipun sesama ikan koki. 
Ikan Mas Koki Paling Populer


7. Black More
ikan koki jenis black more memiliki bentuk tubuh mirip panda more yang membedakan di warna tubuhnya, sobat pencinta ikan hias pasti sudah menduga warna black more. yups... hitam, ikan panda more memiliki warna hitam pekat, di pasar ikan lokal koki black more juga biasa di sebut koki lowo dikarenakan warna hitamnya yang pekat menyerupai warna lowo (kelelawar. red). tidak seperti koki mutiara, koki black more cenderung lebih mudah dalam perawatannya dan untuk campuran ikan juga lebih fleksibel untuk di campur dengan ikan koki jenis lainnya.

Ikan Mas Koki Paling Populer

itu tadi beberapa jenis ikan koki yang populer di pasaran, koki jenis apa neh yang di miliki sobat pencinta ikan hias, jangan lupa tinggalkan komentar untuk mendukung blog ini ya.... terimakasih sudah mengunjungi blog kami.




Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: