30 Januari 2017

Contoh Desain Akuarium

Bagi para pencinta ikan hias pasti ingin akuarium yang di miliki terlihat bersih, indah dan terkesan elegan. Selain karena hobi, akuarium di rumah juga bisa mempercantik ruangan di dalam rumah kita dengan gemercik suara air dari akuarium dan indahnya ikan meliuk-liuk dalam akuarium akan menambah kesan natural di dalam rumah kita. Sobat pencinta ikan hias yang masih baru dalam hal dunia air mungkin kesulitan dalam menentukan desain akuarium yang dimiliki. Berikut kami tampilkan contoh desain akuarium agar sobat pencinta ikan hias memiliki gambaran untuk mendesain akuarium-nya.

1. Aquaponik
urbanhidroponik.com

urbanina.com

di kutip dari id.wikipedia.org Akuaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik. Dalam akuakultur yang normal, ekskresi dari hewan yang dipelihara akan terakumulasi di air dan meningkatkan toksisitas air jika tidak dibuang. Dalam akuaponik, ekskresi hewan diberikan kepada tanaman agar dipecah menjadi nitrat dan nitrit melalui proses alami, dan dimanfaatkan oleh tanaman sebagai nutrisi. Air kemudian bersirkulasi kembali ke sistem akuakultur. Akuaponik terdiri dari dua komponen penting, yaitu bagian hidroponik di mana tanaman tumbuh, dan bagian akuakultur di mana ikan dipelihara. Sedimen dari sistem akuatik seperti kotoran ikan dan pakan yang tidak dimakan dapat terakumulasi pada sistem pemeliharaan ikan yang tertutup dan tanpa sirkulasi. Sedime ini dapat menjadi racun bagi ikan pada konsentrasi tinggi, namun bernutrisi bagi tumbuhan. Selain dua sistem utama di atas, akuaponik dapat memiliki sistem tambahan seperti biofilter yang menjadi tempat bagi bakteri nitrifikasi untuk mengubah amonia dari kotoran ikan menjadi nitrat yang dapat digunakan oleh tumbuhan, dan aerator yang mengirimkan udara ke air agar akar tumbuhan dapat bernafas.

2. Aquascape

aqua-rebell.de


thegreenmachineonline.com 

Aquascape adalah seni mengatur tanaman air dan batu, batu karang, koral, atau kayu apung, secara alami dan indah di dalam akuarium sehingga memberikan efek seperti berkebun di bawah air. 

3. Akuarium air laut / Salt Water Aquarium

amazon.com 
okeanosgroup.com
Itulah sekilas tentang desain akuarium, semoga dapat menambah inspirasi sobat pencinta ikan hias dalam menata akuarium supaya kelihatan menarik.

Terimakasih telah mengunjungi blog kami.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: