7 Juni 2022

Mengenal dan Merawat Ikan Daun (Leopard Bush Fish)

Deskripsi

Leopard Bush Fish (Ctenopoma Acutirostre) atau lebih di kenal di Indonesia dengan nama ikan daun atau Gurame Afrika, ikan yang berasal dari Lembah Sungai Kongo di Afrika Tengah ini masih dalam keluarga ikan Anabantidae. Tidak salah jika di beri nama ikan daun karena bentuknya seperti daun kering berwarna dasar kuning gelap dengan bintik-bintik coklat tua di seluruh tubuhnya. Mata ikan daun besar dan ramping dengan kepala runcing.

Di alam liar mereka dapat dengan mudah tumbuh hingga 20cm, ketika di rawat di akuarium ukuran 15cm sudah dianggap besar. Pertumbuhan ikan daun tergolong lambat, butuh waktu beberapa tahun untuk mereka tumbuh dewasa. Di alam liar ikan daun dapat mencapai usia hingga 15 tahun.

Pemeliharaan Ikan dan Kondisi Air

Yang perlu di perhatikan dalam merawat ikan daun atau Leopard Bush Fish yang pertama pencahayaan di dalam akuarium jangan terlalu terang. Ikan daun lebih suka dengan nuansa remang-remang. Ikan ini cocok untuk akuarium aquascape dengan tambahan tanaman seperti Ceratopteris dan Anubias. Tambahan kayu apung dan daun kering juga cocok untuk membuat mereka nyaman di akuarium.

Meskipun ikan daun mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air, namun di sarankan untuk menjaga kondisi air di suhu antara 20 – 28 °C dengan pH air 5,5 – 7,5 dan tingkat kekerasan air di antara 36 – 215 ppm.

Ukuran Akuarium

Untuk merawat Leopard Bush Fish setidaknya di butuhkan akuarium dengan kapasitas minimal 55 galon atau sekitar 208 liter. Jika di konversi ke dalam akuarium setidaknya memiliki panjang 100cm lebar 40cm tinggi 50cm. Dengan akuarium yang besar akan membuat mereka leluasa berenang mengingat mereka mampu tumbuh hingga sepanjang 20cm dengan tubuh yang lebar.

Perawatan Akuarium

Merawat dan menjaga kebersihan akuarium tentunya harus di lakukan setiap waktu supaya akuarium selalu jernih dan kondisi air tetap terjaga dengan baik. Bersihkan kaca dari kerak atau alga yang menempel supaya air tetap terlihat jernih jika di lihat dari depan atau luar. Untuk membersihkan alga selain di lakukan manual dengan menggunakan scrub pembersih kaca atau magnet pembersih kaca bisa juga menempatkan ikan pemakan alga di akuarium.

Lakukan penggantian air secara berkala seminggu sekali sekitar 10-25 % seminggu sekali dan 50-75 % sebulan sekali untuk menjaga kondisi pH air stabil. Penggantian air total tidak di sarankan karena akan membuat ikan harus beradaptasi lagi dengan kondisi air yang baru dan ini bisa menyebabkan resiko kematian ikan.

Media filter juga harus di bersihkan dan jika perlu di ganti dengan yang baru supaya air tetap jernih dan ikan tetap sehat. Media filter yang terlalu kotor bisa menyebabkan tumbuhnya jamur dan bisa menyerang ikan-ikan yang di pelihara.

Pengaturan Akuarium

Setiap merawat ikan di dalam akuarium pengaturan akuarium sesuai atau semirip mungkin dengan habitat asal ikan akan membuat mereka tidak mudah stres dan dapat tumbuh dengan baik. Tempat asal di temukan Leopard Bush Fish atau ikan daun di Lembah Sungai Kongo. Meskipun mereka sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru bukan berarti akuarium tanpa dekorasi yang bisa di jadikan tempat untuk mereka tinggal.

Subtrat atau dasar akuarium dapat menggunakan batu kerikil atau batu kecil-kecil warna hitam, bisa juga menggunakan pasir malang hitam. Tambahkan kayu apung atau tanaman apung yang bisa meredam cahaya dari atas supaya kondisi akuarium tidak terlalu terang. Tambahkan juga tempat mereka sembunyi namun jangan terlalu banyak sekat yang membuat mereka tidak bisa berenang dengan leluasa.

Makanan

Serangga kecil yang dapat masuk ke dalam mulut Leopard Bush Fish umumnya akan menjadi santapan yang lezat bagi mereka. Selain jenis serangga kecil termasuk jentik nyamuk di dalamnya, Leopard Bush Fish juga akan memakan cacing darah atau ikan-ikan lainya yang berukuran kecil. Ketika di alam liar mereka mungkin dapat dengan mudah mendapatkan itu semua.

Sedangkan jika di rawat di akuarium, Leopard Bush Fish biasanya dapat dengan mudah dan cepat beradaptasi dengan jenis makanan yang tersedia. Udang kering yang sudah di hancurkan bisa jadi alternatif pakan untuk Leopard Bush Fish jika sobat kesulitan memberikan mereka pakan hidup berupa cacing darah atau serangga hidup.

Beberapa dari mereka umumnya juga akan memakan pelet tenggelam namun tidak semua ikan daun menyukai pelet tersebut.

Perilaku Sosial dan Pasangan Ikan

Ikan Daun dapat di tempatkan di akuarium komunitas dengan ikan damai dengan ukuran yang lebih besar dari mereka, tetapi ikan-ikan agresif tidak cocok dengan mereka. Salah satu makanan ikan daun adalah ikan dengan ukuran kecil, jadi ikan-ikan kecil seperti zebra danio, guppy dan ikan-ikan kecil lainnya.

Ikan daun masih saudara dengan ikan gurame, jadi mereka cocok di jadikan teman dalam satu akuarium. Selain ikan gurame ikan-ikan yang cocok di jadikan satu dengan ikan daun diantaranya Bala Shark, Silver Dollar, Sapu-sapu Atau pleco, Ikan lele atau sejenis catfish dan beberapa ikan damai yang berukuran besar juga tidak masalah di jadikan satu dengan ikan daun.

Referensi Artikel :

https://www.seriouslyfish.com/species/ctenopoma-acutirostre/
https://tropical-fish-keeping.com/leopard-bush-fish-ctenopoma-acutirostre.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Leopard_bush_fish

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: