7 Agustus 2018

Mengenal dan Cara Merawat Ikan Zebra Danio

Deskripsi

Ikan Zebra Jika membaca kata zebra sobat apakah pencinta ikan hias berfikir sesuatu yang memiliki 2 warna bergaris mirip kuda zebra? Yaps tidak jauh berbeda kalau di lihat polanya. Warna dasar zebra hijau kecoklatan dengan garis-garis kontras melintang di tubuhnya dari leher sampai sirip. Garis yang berwarna biru ini ada tiga buah dan warna yang sama ini terdapat pula pada sirip anus. Sedangkan warna perutnya putih ke kuningan.

Dikalangan pembudidaya dan penggemar ikan hias dikenal berbagai jenis ikan zebra karena adanya mutasi dan modifikasi genetik sehingga menghasilkan zebra dengan berbagai warna. antara lain : zebra rintik, zebra biasa, zebra albino, dan zebra slayer.

Klasifikasi ikan yang masih dalam keluarga Cyprinidae ini berasal dari india dan bangladesh. Memiliki ukuran tubuh yang kecil, ukuran dewasa ikan zebra rata-rata 4-5 cm meskipun bisa mencapai ukuran tubuh sampai 6 cm dan mampu bertahan hidup hingga usia sekitar 5 tahun.

Ikan zebra lazimnya ditemukan tumbuh dan berkembang pada perairan yang mengalir. Oleh Karena itu kalau dipelihara dalam akuarium atau bak pemeliharaan air terlihat amat gesit dan lincah. Begitu lincah nya ada kesan si zebra ini amat liar padahal didalam akuarium ia hidup amat tenteram dengan ikan jenis lain meski tidak se-ukuran dengan dia.

Sistematika ikan Zebra Menurut Pinus Lingga dan Heru Susanto ( 1986 ).

Ordo
Ostariophysoidei
Sub Ordo
Cyprinoidea
Famili
Cyprinidae
Genus
Brachydanio
Spesies
Brachydanio rerio

Kesulitan Merawat Ikan

Merawat Ikan Zebra Danio tidak sulit dan tidak perlu perawatan khusus. Cukup beri pakan 2-3 kali sehari secukupnya. Untuk suhu terbaik ikan zebra di antara 18-24 derajat, bisa gunakan heater untuk meningkatkan suhu air jika dalam kondisi ekstrim. Jaga tingkat pH ari di kondisi 6.8–8.0 agar ikan zebra tidak mudah terserang penyakit karena pH yang tidak stabil dapat membuat ikan mudah stress.

Makanan

Ikan Zebra Danio merupakan ikan omnivora, di alam liar mereka biasa memakan jentik nyamuk atau serangga kecil, cacing sutra juga merupakan santapan yang lezat bagi mereka.

Ketika di rawat di akuarium, mereka dapat di berikan palet yang di jual bebas di pasaran atau bisa juga di kasih pakan alami berupa jentik nyamuk, cacing sutra, daphnia atau jenis udang air asin juga bisa. Berikan pakat secukupnya untuk dapat di habiskan mereka dalam waktu sekitar 5 menit.

Perawatan Akuarium

Rutin bersihkan algae dan kotoran pada kapas filter akuarium, bisa di cuci atau ganti dengan kapas filter yang baru. Jangan lupa juga kuras akuarium dengan mengganti air sekitar 1/4-1/2 saja jangan di ganti keseluruhan yang justru mengakibatkan ikan harus beradaptasi lagi dan ini membuat ikan stress dan mudah mati.

Hal yang perlu di perhatikan pada saat mengganti air akuarium : Biarkan ikan tetap berada dalam akuarium dan jangan di pindah ke tempat lain.

Ganti air secara berkala setiap 1-2 minggu sekali atau sesuaikan dengan ukuran akuarium. Untuk perawatan selanjutnya sobat bisa gunakan garam Crystal pada saat air di ganti. Ini berfungsi untuk mencegah ikan terkena penyakit yang di sebabkan kuman atau virus yang ada di air yang baru di masukkan ke akuarium. Untuk takaran nya sendiri sekitar satu sendok makan untuk 25-30 liter air. Sedangkan untuk pengobatan satu sendok makan untuk 10-15 liter air.

Pengaturan Akuarium

Di alam liar, zebra danio hidup di danau dan sungai air tawar yang mengalir lambat. Habitat alami ini tropis, bervegetasi rapat, dan dipenuhi kerikil halus. Agar ikan merasa nyaman di akuarium maka bisa di tiru habitat zebra danio sesuai aslinya.

Gunakan pompa air dengan kecepatan lambat sehingga tidak menimbulkan arus yang deras, sebagai gambaran jika sobat menggunakan akuarium ukuran 50*30*35 gunakan pompa air ukuran atau seri 1200.

Aksesoris berupa batu kerikil kecil dan hiasan berongga yang bisa di gunakan untuk sembunyi juga bisa di tambahkan. Ranting kayu apung atau yang sudah tenggelam, tanaman air seperti java fern (pakis jawa) atau amazon sword juga bisa di tambahkan. tanaman ini selain menciptakan efek natural di akuarium juga bisa di gunakan untuk tempat sembunyi ikan zebra.

Untuk pencahayaan sendiri di perlukan agar zebra dapat membedakan kondisi siang malam di dalam akuarium, selain itu juga bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman. Cahaya dari lampu juga dapat memantulkan warna zebra yang indah.

Perilaku Sosial

Karena ikan Zebra Danio memiliki ukuran yang kecil maka jangan sekali-kali di campur dengan ikan besar yang memiliki sifat predator atau pemangsa, maka mereka akan berfikir jika ikan zebra merupakan makanannya.

Sebelum memutuskan untuk membeli ikan ini perlu di ketahui jika Ikan Zebra merupakan ikan scholling atau ikan bergerombol setidaknya dalam satu tangki terdapat minimal 5 ekor ikan sebra. Teman yang cocok untuk mereka setidaknya memiliki ukuran yang hampir sama seperti sejenis tetra, serve, boines, barbir dan ikan-ikan kecil lainnya.

Namun perlu di perhatikan jika mencampur mereka dengan ikan guppy, manfish atau ikan cupang karena ikan yang memiliki ekor panjang biasanya sirip mereka akan menjadi mangsa ikan zebra. Jika ikan zebra sedari kecil di rawat bersama dengan ikan-ikan ekor panjang sisi agresif mereka tidak begitu mengganggu, namun tetap di perlukan pengamatan supaya ikan-ikan sirip panjang yang di campur dengan ikan zebra tidak menjadi mangsa.

Referensi Artikel :

https://id.wikipedia.org/wiki/Ikan_zebra
https://www.fishkeepingworld.com/zebra-danio/
https://www.thesprucepets.com/zebra-danio-1378473
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: