19 Juli 2021

Mengenal dan Merawat Ikan Silver Dollar

Deskripsi

Jika melihat kata dollar yang pertama muncul di benak kita adalah mata uang amerika, kalau kita mencari di google dengan keyword silver dollar pun yang keluar bukan jenis ikan hias. Masih ada hubungannya dengan amerika juga tepatnya ikan hias silver dollar ini berasal dari Amerika Selatan. dinamakan silver dollar karena ikan hias yang satu ini memiliki warna dasar silver atau perak


Ikan yang masih keluarga Characidae ini masih berkerabat dekat dengan ikan piranha dan ikan pacu. Meskipun berkerabat dekat dengan mereka namun ikan silver dollar bukanlah ikan predator. Justru ikan ini lebih bersahabat dengan ikan lainnya. Mengacu pada artikel wikipedia ikan silver dollar ini mampu bertahan hingga lebih dari 10 tahun, Tentunya harus di rawat dengan baik supaya ikan berumur panjang.

Di Alam liar ikan yang memiliki bentuk tubuh bulat berwarna silver dengan sirip dubur berwarna hitam dan merah ini bisa mencapai ukuran hingga lebih dari 50cm namun secara umum ukuran silver dolar dewasa sekitar 15-25 cm.

Kesulitan Merawat Ikan

Tingkat Kesulitan merawat ikan hias silver dollar relatif  tidak begitu sulit. Yang perlu di perhatikan adalah mereka merupakan ikan yang suka hidup berkelompok. Jadi perlu di perhatikan jumlah ikan jika ingin memelihara mereka. Ikan Hias silver dollar paling tidak di pelihara secara berkelompok dengan jumlah minimal 5 ekor. Resiko yang di dapat jika ikan ini di pelihara sendiri adalah stres dan suka menyendiri.

Mengingat ikan perenang di tengah hingga atas akuarium ini mampu mencapai ukuran hingga lebih dari 50 cm ketika dewasa gunakan akuarium yang besar untuk merawat mereka. Akuarium dengan ukuran panjang 100cm dengan lebar dan tinggi sekitar 50cm cukup ideal untuk menampung ikan silver dollar.

Makanan

Meskipun Silver Dollar di alam liar merupakan ikan herbivora yang suka memakan tumbuh-tumbuhan, namun ketika di rawat di akuarium menurut pengalaman penulis di kasih makan pelet lahap juga. Pada saat pemberian pakan mereka akan sedikit lebih agresif dalam merebut-kan makanan. Pastikan memberikan pakan yang cukup untuk di habiskan dalam waktu sekitar 3 menit. Memberikan pakan dua kali sehari sudah cukup, sesekali ikan di ajak untuk puasa sebagai diet juga bagus untuk ikan.

Di alam liar Ikan silver dollar mencegah ganggang atau karang tumbuh berlebih dengan menyerap semua nutrisi sehingga membantu menjaga lingkungan yang sehat dan stabil. Hal ini akan memberikan ruang untuk rumput atau alga tumbuh dan menjadikan rumput ini makanan untuk mereka. 

Dalam memelihara ikan di akuarium berbagai tanaman yang cocok untuk makan silver dollar bisa berupa selada, mentimun atau sayur-sayuran lainnya. Rumput laut atau spirulina juga bisa dei berikan kepada mereka, sesekali di berikan cacing darah atau udang air asin juga akan di makan.

Perawatan Akuarium

Ukuran standar untuk merawat ikan silver dollar adalah akuarium dengan ukuran 120x50x60 meskipun mereka bisa di rawat di dalam akuarium yang lebih kecil. Sifat berkelompok ikan ini mengharuskan sobat merawat mereka dengan jumlah ikan minimal 5 ekor untuk membuat mereka nyaman di akuarium.

Untuk perawatan akuarium standar seperti merawat akuarium ikan-ikan lain cukup membersihkan media filter 3-4 minggu sekali tergantung jumlah ikan yang di pelihara serta ukuran dan jenis media filternya. Jangan lupa untuk mengganti air baru sekitar 10-20% setiap seminggu sekali.

Agar ikan silver dollar nyaman hidup di akuarium pastikan suhu air dijaga di antara 25-28°C. Jika terlalu dingin dapat di gunakan heater untuk meningkatkan suhu airnya. Suhu air yang terlalu dingin akan menyebabkan ikan rentan penyakit. Untuk kadar pH air normal di kisaran 5,5-7,5 untuk mendapatkan kadar pH normal bisa di lakukan dengan mengganti air secara berkala. Kesadahan air yang fleksibel antara 4-18 dGH.

Pengaturan Akuarium

Jika ingin merawat ikan di akuarium ada baiknya setting akuarium seperti lingkungan di alam liarnya. Di alam liar ikan silver dollar akan menguasai area tengah dan atas kolam air, jadi setting akuarium dengan memberikan ruang terbuka di bagian tengah dan atasnya agar ikan dapat berenang dengan leluasa.

Ikan Silver Dollar cukup kuat dan memiliki toleransi terhadap kondisi air yang berbeda. Mereka membutuhkan air yang bersih dan kandungan oksigen dalam air yang baik dengan sistem filterisasi dan aliran atau arus yang baik cukup untuk meningkatkan kadar oksigen air. Bisa menggunakan water pump atau pompa air dan bantuan aerator yang dapat digunakan untuk membantu pergerakan air dan oksigenisasi.

Ikan Silver Dollar cukup aktif di dalam akuarium pastikan pompa airnya di posisi-kan dengan baik agar tidak mudah goyang di serang mereka.

Untuk pencahayaan akuarium jangan menggunakan lampu yang terlalu terang, ini akan membuat ikan gelisah, pencahayaan yang redup dan latar belakang yang gelap akan membuat ikan nyaman. Dasaran kerikil berwarna gelap juga membantu ikan lebih nyaman. Tanaman dan beberapa batu sebagai tebing bisa di letakkan di sisi kiri kanan dan belakang akuarium sebagai tempat ikan bersembunyi.

Yang perlu di ingat ikan silver dollar merupakan ikan herbivora jadi jika ingin menambahkan unsur tanaman pastikan tanaman itu tidak nikmat di makan mereka. ada beberapa tanaman yang tidak di sukai silver dollar di antaranya pakis jawa dan lumut tanduk. Bisa juga menggunakan tanaman imitasi sebagai gantinya agar unsur hijau atau natural tetap dapat akan tetapi tanaman tidak di makan ikan.

Perilaku Sosial

Ikan Silver Dollar adalah ikan komunitas besar yang berenang di bagian atas akuarium. Jika Anda ingin menambahkan sedikit kontras, Sobat dapat mencari ikan besar yang damai seperti lele yang menghabiskan sebagian besar waktunya di dekat dasar akuarium ikan sejenis Sapu-sapu juga bisa di jadikan teman silver dollar.

Pasangan akuarium ideal lainnya yang dapat di jadikan satu di dalam akuarium adalah beberapa ikan Cichlid yang berasal dari Amerika Selatan dan Tengah yang damai seperti Angelfish atau manfish, Balashark, Texas, kaviat, Firemouth, Green Terror . Giant Danio, Pacu dan Anostomus juga merupakan teman tank yang baik.

Mengingat ikan hias silver dollar yang bisa tumbuh besar, maka tidak di sarankan memelihara mereka dengan ikan-ikan yang lebih kecil seperti ikan gobby, sejenis ikan tetra di antaranya black tetra, neon tetra, barbir, zebra danio mini, ikan cupang atau betta.

Referensi Artikel :

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Silver_dollar_(fish)
  • https://www.fishkeepingworld.com/silver-dollar-fish/
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: