21 Oktober 2020

Merawat Ikan Cupang Agar Cepat Tumbuh Besar dan Sehat

Pada saat admin menulis artikel ini betta fish atau lebih di kenal dengan ikan cupang sedang jadi primadona di khalayak umum baik anak-anak maupun dewasa, setelah beberapa waktu lalu ikan oscar menjadi tenar dan melambung tinggi harganya, serta penjualan aquarium secara global meningkat drastis efek dari banyak masyarakat yang bekerja dari rumah karena korona. Sekarang primadona baru muncul di kalangan peng hobi ikan hias. yap ikan cupang atau siyem atau juga di sebut laga-laga. Bermacam-macam orang menyebutnya.

Bagi sobat pencinta ikan hias yang juga hobi memelihara ikan cupang ini dan ingin ikan yang di pelihara cepat tumbuh besar dan sehat ada beberapa hal yang perlu di perhatikan mulai dari air dan pemberian pakannya. Ikan cupang termasuk mudah dalam perawatan-nya selain karena tidak memerlukan perlengkapan khusus seperti pompa air maupun pompa udara ikan cupang tidak memerlukan tempat yang besar untuk di pelihara.

Berikut tips yang bisa sobat terapkan untuk merawat ikan cupang sobat.

1. Menyiapkan Wadah/Aquarium Ikan Cupang.


Sebelum membeli ikan cupang tentunya sobat harus menyiapkan dulu tempat untuk memelihara ikan cupang. Meski tidak perlu tempat yang besar untuk tempat ikan cupang aquarium atau soliter ukuran 15x15x15 sudah cukup untuk memelihara ikan cupang bahkan bekas botol sirup-pun bisa di jadikan tempat untuk ikan cupang, akan tetapi agar ikan cupang dapat dengan cepat tumbuh besar setidaknya siapkan aquarium ukuran minimal PxLxT 30x20x25. Akan lebih bagus jika di isi juga dengan tanaman air dan hiasan batu alam berongga, kayu juga bisa. setting aquarium senatural mungkin. Paham khan yang di maksud senatural mungkin?

Karena  ikan cupang termasuk ikan yang mampu bertahan dalam aquarium tanpa oksigen, jika sobat tidak mau ribet setting aquarium dengan tanaman dan batu alam, cukup sediakan aquarium dan di isi air saja. hehehe 

2. Memilih Ikan Cupang.

Setelah setting aquarium selesai saatnya memilih ikan cupang. Di pasaran banyak jenis ikan cupang tersedia mulai harga ribuan hingga puluhan ribu bahkan sampai ratusan ribu. Jenis-jenis ikan cupang bisa sobat browsing atau cek di sini. cupang merupakan tipe ikan penyendiri jadi jangan sekali-kali mencampur ikan cupang lebih dari satu dalam aquarium sobat, bisa di pastikan ikan-ikan cupang yang sobat pelihara akan tarung hingga salah satu mati. Ini berlaku untuk khusus untuk cupang jantan ya sobat, kalau cupang betina masih bersahabat santu dengan lainnya jadi jika memelihara ikan cupang betina dalam jumlah banyak bisa di jadikan satu dalam aquarium.

Selain memilih jenis cupang jika sobat berniat memlihara cupang karena keindahan warna ikannya peliharalah ikan cupang jantan karena cupang jantan lebih indah dari segi warna dan corak-nya di bandingkan dengan cupang betina.

3. Pemberian Pakan Ikan Cupang.

Untuk pemberian pakan yang terbaik adalah pakan alami. Banyak pilihan pakan alami yang bisa sobat dapatkan di toko maupun mencarinya di sekitar rumah(kalau ada) pakan alami cupang di antaranya jentik nyamuk, bloodworm, cacing beku, cacing sutra, artemia, polar red, kuning telur, kutu air. Berikan pakan 1-2 kali sehari sudah cukup karena ketika kebanyakan pakan juga tidak bagus untuk ikan cupang.

Jika sobat tidak menemukan pakan alami bisa juga berikan pakan ikan buatan yang berkualitas tentunya. Pakan ikan dengan kadar protein tinggi bagus untuk warna ikan cupang dan pertumbuhan ikan. sama seperti pakan alami jika sobat memberikan pakan buatan jangan banyak-banyak karena sisa pakan justru akan mempengaruhi kualitas air, disamping itu juga ikan mudah terserang penyakit.

4. Membersihkan Wadah/Aquarium Ikan Cupang.

Bersihkan secara berkala dan ganti sebagian air aquarium sobat setidaknya seminggu 2 kali agar kondisi air tetap terjaga dan ikan tidak rentan terhadap penyakit. Selain bagus untuk ikan cupang membersihkan aquarium dan penggantian air juga akan lebih enak di pandang mata karena air selalu jernih.

Beberapa langkah di atas bisa sobat terapkan untuk memelihara ikan cupang agar cepat tumbuh besar dan sehat tentunya, selain itu pastinya corak dan warna yang indah bisa bikin hati gerah menjadi adeeem...

Terimakasih sudah berkunjung semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobat pecinta ikan hias khususnya ikan cupang.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: