28 Februari 2021

Manfaat Daun Ketapang Untuk Ikan Hias

Terimakasih sudah mampir ke blog kami, sobat pencinta ikan hias tentunya tidak asing dengan daun ketapang, atau mungkin belum tahu soal daun ketapang? tenang di sini penulis akan menjabarkan manfaat dan pengolahan daun ketapang untuk kesehatan ikan sobat. Banyak sekali manfaat daun ketapang untuk merawat ikan hias yang sobat pelihara. Tanaman ketapang sendiri biasanya banyak di lihat di pinggir jalan sebagai tanaman peneduh jalan karena tanaman ketapang tumbuh melingkar seperti payung dan memiliki daun yang lebar.


Dalam memanfaatkan daun ketapang sobat bisa mencari daun ketapang yang sudah jatuh dan kering kemudian langsung di celupkan ke kolam atau akuarium sobat. Jika memang sobat tidak menemukan daun ketapang di jalan atau sekitar rumah sobat bisa juga beli di toko-toko ikan hias atau on line shop. Saat ini selain daun ketapang kering yang ada di pasar atau toko ikan hias, ada juga yang di jual berupa cairan ekstrak daun ketapang.

Ektraksi Daun Ketapang

Menurut artikel yang di keluarkan ojs.unida.ac.id cara ektraksi daun ketapang dapat menggunakan etanol atau metanol yang dikombinasikan dengan aquadest. Hasil yang di dapat dari penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pemakaian pelarut metanol dan air dengan perbandingan 6 : 4 dengan waktu ekstraksi 4 jam, menghasilkan kadar tanin tertinggi sebesar 28,90%. Sedangkan pada pemakaian pelarut campuran etanol dan air, menghasilkan kadar tanin tertinggi pada perbandingan 6 : 4 pada waktu ekstraksi 4 jam dengan kadar tanin 37,17%.

Jika Sobat merasa susah untuk mengekstrak daun ketapang menggunakan etanol sobat bisa langsung masukkan daun ketapang ke dalam kolam atau aquarium. 1 lembar daun ketapang dapat di gunakan untuk sekitar 20-30 liter air. Efek dari penggunaan daun ketapang dengan cara seperti ini akan membuat air coklat pekat dan keruh karena kotoran dari daun ketapang itu sendiri. Jika sobat ingin mengolah dengan di rebus dulu setelah dingin di saring baru hasilnya di tuangkan ke dalam kolam atau aquarium sobat juga bisa. Untuk takaran daun dan air yang di rebus sama seperti takaran jika daun di celupkan langsung ke kolam atau aquarium sobat.

Manfaat Daun Ketapang

Dari hasil ekstaksi daun ketapang sobat bisa mendapatkan berbagai manfaat untuk ikan hias sobat diantaranya :
- Ekstrak daun ketapang sangat bermanfaat untuk menetralkan pH air.
- Sebagai Antibiotik alami untuk menghambat pertumbuhan jamur dan atau bakteri yang dapat membahayakan ikan sobat.
- Dapat meningkatkan daya tahan tubuh ikan hias yang sobat pelihara dan sebagai obat pemulihan luka pada ikan.

- Obat alami anti stres untuk ikan yang baru di pindah atau ikan yang baru masuk aquarium/kolam ikan hias sobat.
- Membuat warna ikan semakin cerah, terutama pada ikan cupang.

Dari berbagai manfaat yang bisa sobat dapatkan tidak salah jika sobat gunakan daun ketapang sebagai alternatif untuk merawak ikan hias yang sobat pelihara. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobat pecinta ikan hias.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: