11 Agustus 2020

Perbedaan Pompa Air dan Aerator (Pompa Udara)

Selamat datang di lovedfish.com, kali ini penulis akan bagikan artikel tentang perbedaan serta manfaat dari pompa air dan aerator atau pompa udara, semoga artikel yang kami bagikan bermanfaat bagi sobat pecinta ikan hias.

Pompa Air (Water Pump)

Yang pertama adalah pompa air atau water pump, secara garis besar pompa air merupakan alat yang berfungsi untuk mengalirkan(sirkulasi) air atau memberikan arus di dalam aquarium maupun kolam sobat. Selain untuk sirkulasi fungsi utama pompa air untuk mengalirkan air ke media filter sehingga membuat kolam maupun aquarium sobat tetap jernih karena partikel kotoran ikan di saring di media filter.

Bagi sobat pecinta ikan hias yang ingin membuat efek pasir terjun juga memerlukan pompa air untuk mengalirkan pasirnya, bagi sobat yang ingin membuat efek pasir terjun di youtube banyak tutorial untuk membuat pasir terjun.

Pompa air sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup ikan hias yang sobat pelihara, tanpa adanya pompa air maka ikan hias yang sobat pelihara tidak butuh waktu lama untuk mati. Ada berbagai macam ukuran dan model pompa air, kami pernah menulis artikel tentang media filter aqurium yang menggunakan pompa air, sobat dapat membaca artikelnya di sini.

Jika sobat perhatikan pompa air standar yang biasa ada di pasaran terdapat lubang kecil di bagian depan pompa air "lingkaran warna putih di gambar atas], fungsi lubang kecil ini untuk menyedot udara dari atas kemudian di keluarkan lewat keluaran (output) air di bagian depan dengan cara memasangkan selang putih kecil ke dalam lubang kecil sedangkan ujung selang satunya lagi di posisikan di atas air. Selang kecil seukuran selang aerator ini biasanya sudah ada dalam paket pembelian pompa airnya. Kemampuan menyedot udara dari atas air tergantung ukuran pompa air dilihat dari "QMax"nya, semakin besar "Qmax" pompa air maka semakin besar udara yang di keluarkan serta mesin bisa di letakkan di dalam aquarium yang paling dalam.

Untuk memilih pompa air yang sesuai dengan kebutuhan aquarium atau kolam pastikan konsultasikan dulu kepada penjual pompa air sebelum membeli. Pastikan pompa air yang sobat beli sesuai dengan kebutuhan sobat.

Pompa Udara (Air Pump/Aerator)

Jika mengutip dari wikipedia Aerator adalah sebuah mesin penghasil gelembung udara yang gunanya adalah menggerakkan air di dalam Akuarium agar airnya kaya akan oksigen terlarut yang mana sangat dibutuhkan oleh semua ikan air tawar dan air laut, kecuali beberapa jenis ikan, seperti cupang, gurami, dll tidak memerlukannya. Ikan-ikan yang dapat di pelihara tanpa oksigen dapat sobat baca di sini.

Jika sobat memelihara ikan hias air laut alat yang di perlukan justru aerator bukan pompa air hal ini karena bunga karang dalam air laut sudah berfungsi sebagai filter alami sehingga sobat tidak memerlukan lagi pompa air untuk menyalurkan air ke media filter. Berbeda lagi jika aquarium sobat di isi dengan tanaman hidup atau aquascape, maka yang di perlukan justru pompa air. Untuk aquascape biasanya menggunakan jenis pompa air hanging filter atau canister.

Membuat efek pasir terjun menggunakan aerator juga bisa, namun aliran pasir tidak secepat pompa air. Cara membuat efek pasir terjun menggunakan aerator bisa sobat baca di sini artikelnya. Untuk aquarium toples yang ukurannya kecil aerator sangat bermanfaat selain untuk memberikan oksigen dalam air juga bisa di gunakan sebagai media filter dengan menambahkan biofoam di dalamnya.

Kesimpulan

Berdasarkan fungsi dan manfaat di atas bisa di simpulkan penggunaan pompa air lebih di utamakan untuk aquarium air tawar, sedangkan untuk aquarium air laut lebih di utamakan menggunakan  aerator atau pompa udara.

Fungsi utama pompa air digunakan untuk sirkulasi air dan menyaring kotoran yang ada di aquarium, sedangkan fungsi utama aerator atau pompa udara adalah untuk meningkatkan kadar oksigen dalam air.

Semoga artikel di atas dapat memberikan manfaat untuk sobat pencinta ikan hias, jangan lupa sukai halaman facebook kami untuk mendapatkan update informasi menarik lainnya. Terima kasih sudah mampir ke blog kami.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: