6 Desember 2021

Mengenal dan Merawat Iriatherina Werneri

Iriatherina Werneri atau juga di kenal dengan nama Threadfin Rainbowfish merupakan salah satu ikan yang memiliki keunikan di bentuk sirip yang memanjang. Ikan yang kecil dan ramping ini panjangnya hanya sekitar 5cm atau 2inci. Habitat asal ikan ini di Indonesia, Papua New Guinea dan Australia Utara. Ikan ini biasanya hidup di rawa-rawa dengan air yang jernih, Di temukan di sungai-sungai berlumpur.

Selain keunikan dari bentuk siripnya yang memanjang, warna dari ikan Featherfin Rainbowfish juga cukup indah sehingga menjadi pelengkap untuk membuat akuarium jadi lebih berwarna. Mereka juga mudah beradaptasi, suka berteman dan damai. Iriatherina Werneri cocok untuk akuarium dengan beberapa tanaman atau aquascape.

Mampu bertahan hingga usia 5 tahun jika di rawat dengan baik rata-rata Iriatherina Werneri memiliki usia 4 tahun. Mereka tidak suka pencahayaan secara langsung atau lebih suka dengan akuarium gelap. Perlu pengalaman untuk memelihara mereka terutama yang sudah terbiasa memelihara ikan jenis rainbow.

Deskripsi dan Distribusi

Ikan dalam keluarga Melanotaeniidae merupakan jenis ikan rainbow yang terkenal dan tenar dari keindahan corak dan warna ikan itu sendiri. Mereka dapat ditemukan di beberapa bagian Australia, pulau-pulau di Indonesia, dan secara luas di seluruh New Guinea dan Madagaskar.

Memiliki ukuran tubuh yang kecil-kecil, sehingga mereka dapat di tempatkan dalam akuarium minimal panjang 50cm dan lebar 30cm, jadi tidak di perlukan biaya cukup besar untuk memelihara mereka. Selain Iriatherina Werneri, ikan-ikan dari keluarga Melanotaeniidae yaitu Melanotaenia fluviatilis, Glosolepis incisus. Berikut klasifikasi dari ikan Iriatherina Werneri.

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo : Atheriniformes
Keluarga: Melanotaeniidae
Genus: Iriatherina
Spesies: werneri

Iriatherina werneri umumnya ditemukan di sungai yang jernih, aliran lambat, rawa lahan basah berumput dan laguna yang memiliki vegetasi yang melimpah. Mereka paling sering ditemukan di sepanjang tepi laguna dan sungai kecil yang bervegetasi lebat pada kedalaman 0,5 hingga 1,25 meter, dan biasanya di perairan terbuka tidak jauh dari rumpun vegetasi. Kawanan kecil betina dan remaja dapat terlihat bergerak perlahan di dalam air sementara jantan yang lebih dewasa muncul di sekitar mereka. Kisaran suhu 22-30 °C dan nilai pH 5,2-7,5 telah dicatat di habitat aslinya.

Kesulitan Merawat Ikan

Dari beberapa ikan rainbow sebenarnya Iriatherina Werneri merupakan ikan yang lebih mudah di rawat. Juga untuk mendapatkan warna yang indah, Iriatherina Wernerilebih mudah daripada ikan pelangi lainnya. Jaga makanan yang berkualitas dan pastikan kondisi air terjaga dengan baik maka Iriatherina Werneri mampu mengeluarkan warnanya yang indah.

Tingkat kesulitan merawat mereka yaitu dalam menjaga mereka dalam akuarium komunitas yang di huni oleh berbagai jenis ikan. Iriatherina Werneri merupakan ikan yang irit makan atau lambat dalam hal makan, akan sangat tidak cocok jika di campur dengan ikan dengan agresifitas makan yang tinggi.

Selain soal makanan faktor lainnya adalah perubahan kondisi air. Mereka sangat sensitif dengan kondisi air yang berubah drastis, ini dapat menyebabkan kematian ikan. Dalam perjalanan mereka mudah stress dan membutuhkan waktu untuk pulih dari stress. Jika sudah aman menempati akuarium selama 3 hari biasanya mereka cukup kuat untuk bertahan dengan perawatan akuarium yang baik.

Makanan

Ikan Iriatherina Werneri merupakan ikan omnivora dengan cara makan yang lambat karena mereka memiliki tenggorokan yang kecil. Ketika di habitat asal, mereka memakan alga, planktonik uniseluler, diatom, vegetasi lain, dan serangga kecil seperti jentik nyamuk.

Saat merawat mereka di akuarium berikan makanan yang seimbang antara pakan alami dengan pakan olahan agar kesehatan mereka tetap terjaga dengan baik. Pakan alami baik yang masih hidup seperti cacing sutra, jentik nyamuk, udang rebon atau udang air asin, daphnia atau pakan alami yang sudah di keringkan maupun beku bisa di jadikan sumber pakan utama sedangkan pakan olahan berupa pelet sebaiknya di haluskan terlebih dahulu atau ambil pelet yang ukuran paling kecil supaya tidak melukai tenggorokan ikan yang kecil.

Berikan pakan secara teratur 3-4 kali sehari karena mereka merupakan ikan yang lambat dalam makan. Pastikan untuk membersihkan sisa makanan yang tidak habis di makan dalam 5-10 menit. Sisa makanan yang tidak segera di bersihkan akan membuat air keruh dan berwarna kekuningan jika sisa makanan berupa pelet ikan, jika pakan alami akan tumbuh menjadi bakteri yang bisa membahayakan ikan-ikan yang di rawat.

Perawatan Akuarium

Seperti yang di jelaskan sebelumnya jika Iriatherina Werneri merupakan ikan yang rentan terhadap kondisi air yang berubah secara drastis maka perlu di perhatikan saat mengganti air akuarium. Jika terlalu lama air tidak di ganti maka akan mempengaruhi kualitas air, tapi jika terlalu sering di ganti airnya akan mempengaruhi adaptasi ikan terhadap air baru.

Cara paling aman adalah dengan secara bertahap mengganti air 15-25% dari ukuran akuarium setiap seminggu sekali untuk menjaga pH air stabil dan perubahan air tidak terlalu drastis sehingga kesehatan ikan tetap terjaga. Ada baiknya air baru sudah di endapkan setidaknya 1*24 jam.

Meskipun kisaran suhu di habitat asal Iriatherina bisa mencapai hingga 30° C namun ketika di rawat di akuarium jaga kondisi suhu air di kisaran 22,5 hingga 29° C, jika ada beberapa ikan yang di campur dengan mereka jaga suhu aman di antara 24-27° C.

Perhatikan media filter akuarium supaya kebersihan akuarium tetap terjaga. Jika sudah mulai kotor bersihkan media filternya atau ganti dengan yang baru supaya bakteri atau jamur tidak tumbuh dan bisa menyebabkan penyakit pada ikan-ikan yang di rawat. 

Pengaturan Akuarium

Sebelum akuarium di atus pilihan untuk merawat ikan Iriatherina Werneri dengan campuran ikan lainnya menentukan ukuran akuarium yang akan di gunakan. Jika ingin merawat mereka dengan ikan-ikan lainnya setidaknya gunakan akuarium ukuran 60*35*40. Meskipun ukuran mereka kecil namun mereka memiliki daya jelajah yang luas, apalagi mereka merupakan ikan yang aktif bergerak. 

Seperti kebanyakan ikan lainnya tempat paling nyaman di akuarium jika meniru habitat asalnya. Iriatherina Werneri di habitat asalnya hidup di rawa-rawa dengan arus air lambat dan cahaya minim dan air yang jernih. Substrat atau dasaran dari kerikil halus atau pasir, tambahkan juga tanaman rawa atau ganggang supaya mereka nyaman hidup di akuarium. 

Jika akuarium bisa terkena sinar matahari secara langsung akan bagus untuk mengoptimalkan warna ikan. Jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan paparan sinar matahari secara langsung bisa menggunakan lampu LED 5000-7000 calvin. 

Cahaya dari lampu di atur sedemikian rupa supaya cahaya tidak menembus langsung hingga dasar akuarium supaya membuat ikan nyaman. Hiasan berlubang seperti gua atau terowongan bisa di jadikan pilihan untuk tempat mereka sembunyi jika kondisi akuarium terlalu terang, akan tetapi penempatan hiasan harus menyediakan ruang terbuka untuk Iriatherina Werneri berenang. Mereka perenang yang aktif dan membutuhkan tempat terbuka yang luas supaya dapat berenang bebas.

Tambahan kayu atau ranting juga bagus untuk memberikan kesan di rawa yang banyak batang rapuh jatuh. Jangan gunakan aksesoris dengan ujung tajam yang dapat melukai mereka. Bagian atas akuarium juga perlu di perhatikan karena mereka suka loncat, jika tidak ada penghalang mereka bisa melompat keluar akuarium.

Air dengan kadar oksigen tinggi juga di butuhkan akan tetapi arus air yang cepat tidak di sukai mereka, sebaiknya gunakan aerator untuk menambahkan kadar oksigen air dan gunakan pompa air dengan arus lambat supaya ikan tetap nyaman dan kebutuhan oksigen terpenuhi. Perbedaan aerator dan pompa air bisa di baca di sini.

Perilaku Sosial

Sifatnya yang pemalu, ikan Iriatherina Werneri tidak cocok untuk di rawat sendirian di dalam akuarium. Setidaknya dalam satu akuarium ada 5 ikan Iriatherina Werneri untuk mendapatkan hasil terbaik ikan Iriatherina Werneri lebih dari 10 dengan perbandingan 2 betina 1 jantan akan membuat mereka nyaman dalam satu komunitas.

Ikan Iriatherina Werneri adalah ikan yang damai atau jinak, , dalam hal makanan juga mereka termasuk ikan yang lambat, di tambah lagi ukuran mereka yang kecil akan membuat mereka sulit berkembang jika di campur dengan ikan yang agresif dalam hal makanan seperti ikan sumatra atau tiger barb, Lemon atau Yellow Lab Cichlid. Selain rentan dalam merebutkan makanan, sirip Ikan Iriatherina Werneri rentan di serang.

Meskipun paling baik di pelihara sendiri ada beberapa ikan yang bisa di pelihara bersama mereka, ikan dengan ukuran tidak terlalu besar dan bukan ikan agresif cocok dengan mereka. Ikan sejenis seperti Glossolepis incisus atau Pseudomugil aman jika di campurkan. Ikan yang di luar jenis rainbow yang cocok di campur dengan mereka di antaranya Microdevario, Danionella, Eirmotus, Trigonostigma, Pygmy Cory. Udang kecil jenis Renera Cardina dan Neocardina juga bisa di jadikan satu dengan mereka.

Referensi Artikel :

https://www.seriouslyfish.com/species/iriatherina-werneri/
https://animal-world.com/encyclo/fresh/Rainbowfish/ThreadfinRainbowfish.php
https://rainbowfish.angfaqld.org.au/Werneri.htm
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: