7 Desember 2021

Ikan Yang Nyaman Dengan Arus Lambat

Selamat datang dan terimakasih sudah berkunjung ke blog kami. Semoga pembaca setia senantiasa di beri nikmat sehat, bahagia dan senantiasa mendapat solusi dari segala masalah. Aamiin...

Bagi pencinta ikan hias memiliki koleksi beberapa jenis ikan pasti menyenangkan, karakter dan model ikan yang berbagai jenis  memang membuat kolektor ingin memiliki semuanya. Namun beragam ikan yang ada memiliki karakter yang bermacam-macam. Bisa jadi ikan itu jinak atau galak, ikan besar atau ikan kecil, aktif bergerak atau tenang.

Dalam merawat ikan di akuarium biasanya dalam satu akuarium di isi beberapa jenis ikan, perlu sobat lovedfish ketahui bahwa ada beberapa ikan yang lebih suka di arus tenang atau memiliki aliran air yang lambat. Apa saja ikan yang suka hidup di aliran air yang lambat? Berikut lovedfish sajikan beberapa ikan yang senang hidup di aliran air lambat :

1. Trichogaster Lalius

Trichogaster Lalius di habitat asalnya sebagian besar mendiami lingkungan yang lamban dan bervegetasi tinggi termasuk kolam, rawa, parit, sungai, dan saluran irigasi. Sering di sebut gurami kerdil karena bentuk ikan mirip dengan ikan gurami dengan ukuran tubuh yang kecil. Ukuran ikan lalius dewasa tidak sampai 9cm.

Melihat habitat asalnya, lalilus merupakan ikan yang nyaman hidup di arus lambat maka ketika merawat mereka di akuarium jangan gunakan pompa air yang besar. Harga jual Lalilus biasanya sekitar Rp 4.000 per ekor.

2. Angel Fish

Angel fish atau biasa di sebut dengan manfish di indonesia memiliki keindahan dari bentuk tubuhnya yang mirip bentuk busur panah. Ikan ini cukup populer dan hampir ada di setiap toko ikan hias karena ikan ini sangat populer di kalangan pencinta ikan hias.

Manfish sendiri merupakan ikan yang berasal dari perairan Amazon di Amerika Selatan, namun ikan-ikan yang di jual di toko-toko ikan hias bukan di import langsung dari Amerika Selatan melainkan sudah di budidaya oleh petani lokal.

Di dalam akuarium mereka terlihat anggun dengan gerakannya yang tenang dan lambat, oleh karena itu arus air dalam akuarium jangan terlalu cepat karena akan membuat ikan tidak nyaman yang bisa menyebabkan stress dan akhirnya bisa mati.

Ada berbagai macam corak warna ikan angelfish atau manfish ini. Ikan ini biasanya di jual mulai harga Rp 5.000 tergantung dari ukuran dan jenis ikannya.

3. Iriatherina Werneri

Ikan yang masih dalam keluarga rainbow atau ikan pelangi ini memiliki ukuran tubuh hanya sekitar 5cm dengan rentang usia ikan sekitar 3-5 tahun. Keindahan ikan Iriatherina Werneri ada pada sirip tubuhnya yang memanjang atau biasa di sebut slayer.

Berasal dari rawa-rawa di daerah Papua dan sebagian Australia ini juga nyaman di perairan dengan arus lambat, meskipun mereka aktif bergerak. Jadi jika sobat ingin memelihara mereka jangan gunakan pompa air dengan output besar di akuarium sobat.

Ketersediaan ikan ini tidak ada di semua toko ikan hias karena ikan ini kurang populer di Indonesia, justru pasar ekspor ikan mereka yang bagus. Di bandrol dengan harga sekitar Rp 6000 di market place mereka akan nyaman jika di koleksi minimal 6 ekor dalam 1 akuarium dengan kombinasi 1 jantan 2 betina.

4. Discus

Ikan berbentuk bulat dengan keindahan di warna ikan ini termasuk ikan yang manja dan agak sulit di rawat bagi pemula. Berasal dari sungai Amazon di Amerika Selatan dan di habitat asalnya suka hidup di perairan hangat dengan suhu sekitar 29-34 derajat celcius.

Selain suhu yang di atas rata-rata ikan lainnya, mereka membutuhkan akuarium dengan kedalaman hingga 1,3 meter. Meskipun dengan akuarium yang memiliki kedalaman kurang dari 1 meter mereka masih mampu bertahan hidup.

Mereka senang hidup di aliran air tenang, dalam dan suhu air hangat. Jika ingin memeliharanya di akuarium pastikan sudah memiliki kemampuan untuk mengenal dan memelihara ikan discus dengan baik mengingat harga ikan yang cukup mahal. Untuk harga ikan discus kecil biasanya di patok di harga sekitar Rp 40.000 dan ratusan ribu rupiah untuk discus yang sudah besar.

5. Neon Tetra

Ikan yang memiliki tubuh kecil dan memiliki perpaduan warna merah dan biru yang cukup indah di pandang. Sayangnya mereka harus di rawat dalam jumlah besar jika ingin melihat keindahan warnanya karena ukuran mereka yang sangat kecil. memiliki panjang tubuh hanya 1-2 cm ketika sudah dewasa dengan lebar tubuh hanya 0.2-0.3 cm.

Mereka berasal dari aliran air jernih dan gelap di Brasil, Kolombia, dan Peru. Karakter ikan yang damai dan tidak agresif tentunya menjadi nilai lebih karena mudah di campur dengan ikan lain. Rentang usia Neon Tetra hingga 8 tahun di habitatnya, ketika di rawat di akuarium usia mereka rata-rata 5 tahun.

Karena ukuran ikan neon tetra yang sangat kecil maka tidak cocok untuk akuarium dengan arus besar yang bisa menyebabkan mereka mudah terbawa arus. Di bandrol dengan harga mulai Rp 1.500 untuk ukuran kecil dan cocok untuk akuarium aquascape. Setidaknya dalam satu akuarium de berikan sekitar 15 ekor ikan neon tetra.

6. Guppy.

Salah satu ikan hias paling populer di dunia karena mudahnya beradaptasi dan beranak dalam akuarium serta warna ekor yang indah. Ikan sejuta umat yang bisa di pastikan tersedia di setiap toko ikan hias. Meskipun berasal dari Amerika Selatan di Indonesia juga banyak di jumpai di sungai atau parit-parit. Yang membedakan di antaranya warna ikan.

Memiliki panjang tubuh maksimal 5cm dengan sirip ekor jantan bulat seperti kipas dan mampu bertahan hidup hingga 5 tahun. Memiliki temperamen damai dan kuat jadi cocok untuk di pelihara meskipun bagi yang belum punya pengalaman merawat ikan hias.

Ikan guppy biasanya di jual mulai harga Rp 2.000 hingga puluhan ribu rupiah untuk jenis guppy tertentu. Dalam merawat mereka asal ada guppy jantan dan betina mereka akan berkembang biak. Jika melihat mereka sudah berkembang biak segera pisahkan anakan guppy karena jika tidak akan di makan oleh induk mereka.

7. Glass Fish.

Di Indonesia lebih di kenal dengan nama Ambassis atau Parambasis. Ikan dengan keunikan di warna tubuhnya yang transparan sehingga organ dalam hingga tulang tubuh ikan ini terlihat. Glass Fish merupakan ikan hias yang berasal dari India. Selain India Glass Fish juga di termukan di beberapa negara diantaranya Pakistan, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Malaysia.

Glass Fish juga merupakan ikan yang seng mendiami genangan air atau sungai dengan arus lambat. Mereka sangat cocok untuk di tempatkan ke dalam akuarium aquascape. Warnanya yang transparan membuat akuarium lebih indah dengan tambahan ikan ini.

Jika sobat ada rekomendasi ikan arus lambat bisa tambahkan di kolom komentar untuk menambah ilmu tentang dunia ikan. Sekali lagi terimakasih sudah berkunjung ke blog kami jangan lupa bagikan artikel ini agar menjadi manfaat untuk yang lain.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: