15 Februari 2017

Ikan Lemon A.K.A. Yellow Lab Cichlid

Electric Yellow Cichlid atau di Indonesia lebih di kenal dengan ikan lemon merupakan ikan air tawar yang memiliki warna kuning cerah sebaian memiliki garis hitam di atas siripnya. Nama lain dari ikan ini diantaranya Yellow Lab Cichlid, Electric Yellow Lab, Yellow Labido, Lemon Yellow Lab, dan Lemon drop Cichlid. Nama ilmiah ikan lemon ini adalah Labidochromis caeruleus. Ikan yang di temukan di Nkhata Bay pulau di antara Charo and Mbowe di Afrika timur ini merupakan ikan yang cukup populer di kalangan penghobies karena warnanya yang cerah. Kerabat dari ikan lemon ini diantaranya juwani atau Blue Streak Haps.

Dalam artikel yang berjudul "Labidochromis caeruleus" yang di tulis oleh Marc Elieso, Dia menjelaskan bagaimana Electric Yellow Cichlid pertama kali ditemukan dan dikumpulkan oleh Stuart Grant dan penyelam nya sekitar tahun 1980. Ikan ini kemudian dikembangbiakkan atau dipijahkan dalam jumlah besar oleh Pierre Brichard di fasilitas ikan di Burundi, Afrika, terletak di Danau Tanganyika. Brichard mulai menawarkan keturunan untuk dijual pada tahun 1986, yang menyebabkan banyak kebingungan karena ia awalnya menyebut ikan ini "Labidochromis tanganicae". Untungnya semua telah beres karena ikan ini bukan Tanganyika cichlids, melainkan  L. caeruleus. Ikan ini adalah anggota dari kelompok Mbuna. Kata Afrika "mbuna" berasal dari orang-orang Tonga dari Malawi dan berarti "rockfish" atau "rock-dwelling".

Electric Yellow Cichlid adalah golongan cichlid Afrika yang paling menarik. Ikan yang menonjol selain karena warna yang cerah, tetapi juga karena ikan lemon adalah salah satu yang paling damai dari spesies Mbuna. Sebagai omnivora dan menjadi agak pemalu, ikan lemon sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dengan segala macam cichlid. Ikan lemon dapat hidup secara tunggal atau berpasangan. Sifat Lemon tidak teritorial tetapi akan menjadi agresif terhadap ikan lain yang mirip dalam bentuk tubuh atau warnanya, jika sobat ingin memlihara ini jangan di gabungkan dengan ikan guppy karena ikan guppy biasanya memiliki sirip ekor yang indah, sirip ekor yang ini akan menjadi santapan lezat bagi ikan lemon atau species sejenis. Pisahkan juga ikan ini dengan jenis ikan mas koki. Ikan Lemon akan terlihat bagus di dalam aquarium jika digabungkan dengan Kelompok Mbunas lainnya seperti Peacock Cichlids, Featherfins, dan spesies Lamprologus.

Pada umumnya ikan ini mudah di rawat. Ikan Lemon paling nyaman di akuarium dengan banyak batu dan hiasan seperti gua-gua yang menyediakan tempat persembunyian untuk berlari ke dalam dan keluar. Jika sobat pencinta ikan hias ingin memelihara ikan ini perhatikan kadar oksigen dalam air, karena ikan lemon akan mudah mati dalam kondisi kekurangan oksigen atau kadar oksigen yang kurang. semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias.

Sumber artikel :
https://en.wikipedia.org/wiki/Labidochromis_caeruleus
http://animal-world.com/encyclo/fresh/cichlid/electricyellow.php

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: