20 Februari 2017

Black Ghost Hantu Hitam Yang Cantik

Ikan Blackghost atau dalam bahasa ilmiahnya lebih di kenal dengan nama Apteronotus albifrons merupakan ikan tropis yang masih keluarga Apteronotidae. Ikan yang berasal di habitat air tawar di Amerika Selatan di mulai dari Venezuela ke Sungai Paraguay-ParanĂ¡, termasuk sungai Amazon. Ikan ini cukup populer untuk di pelihara di akuarium. Dinamakan blackghost karena ikan ini hampir seluruh tubuhnya berwarna hitam termasuk matanya dan suka beraktifitas di malam hari, Ikan ini hanya menyisakan dua cincin putih pada ekornya, dan garis putih di atas hidung, sebagian ikan garis putihnya bisa memanjang sampai ke punggungnya. Bentuk ikan yang panjang pipih dan gerakan bergelombang di bagian sirip bawahnya ketika berenang membuat ikan ini juga sering di sebut ikan bendera . Black ghost mampu tumbuh dengan panjang hingga 60 cm (24”).

nationalaquarium.files.wordpress.com

Ikan blackghost (hantu hitam) tidak seseram namanya, ikan ini justru tidak boleh di campur dengan ikan agresif karena ekornya yang yang kecil dan memanjang menjadi mangsa bagi ikan agresif atau predator. Ikan ini justru bisa bersahabat dengan jenis ikan mas atau ikan-ikan lain. Blackghost biasa beraktifitas di malam hari yang gelap, karena memang ikan ini suka dengan suasana gelap. Jika sobat pencinta ikan hias ingin memelihara ikan blackghost di aquarium hal hal yang perlu di perhatikan diantaranya :

- Kondisi air.
Ikan ini paling tidak tahan dengan air yang baru di masukkan ke dalam aquarium. Menurut pengalaman penulis pribadi pernya mencoba isi aquarium dengan air PDAM kemudian ikan black ghost langsung di masukkan ke dalam aquarium. Yang terjadi adalah ikan mati. Kemudian pada percobaan ke dua pada malam hari sekitar pukul 20:00 aquarium di isi dengan air PDAM baru pada  paginya sekitar pukul 07:00 mesin pompa air di pasang sesaat kemudian ikan blackghost di masukkan. Yang terjadi ikan hidup sehat sampai artikel iki penulis buat. Jadi bagi sobat pencinta ikan hias yang ingin memelihara ikan blackghost jangan gunakan air yang masih baru ya. Untuk pH air usahakan di kisaran 6-8

- Kondisi Aquarium.
Karena ikan ini suka dengan suasana gelap maka jangan gunakan aksesoris aquarium berwarna cerah yang akan membuat blackghost tidak nyaman. Jika aquarium tidak di beri aksesoris atau hiasan-hiasan untuk tempat bermain maka biasanya ikan ini akan berada di sudut belakang aquarium atau lebih suka mengitari pompa air.

- Pakan ikan.
Blackghost lebih suka makanan hidup sejenis serangga air atau cacing merah, bahkan ikan ini bisa menghasilkan listrik lemah (<1V/cm) dengan frekuensi medan listrik antara 0,1-10 kHz yang salah satu fungsinya untuk mendeteksi adanya mangsa.
freshwater-aquarium-passion.blogspot.com

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: