10 Desember 2019

Fungsi dan Manfaat Air Pump

Air Pump atau pompa udara, lovedfish.com kandungan oksigen dalam kolam atau aquarium sangat di butuhkan oleh ikan untuk bernafas sama halnya oksigen untuk manusia, jika ikan-ikan kekurangan oksigen bisa di pastikan ikan-ikan tersebut akan mati. Memang sieh ada beberapa ikan yang mampu bertahan lama tanpa oksigen namun itu hanya sebagian kecil dari ribuan jenis ikan yang ada.

Air Pump juga biasa di sebut Aerator berbeda dengan tabung oksigen, sistem kerja pompa angin hanya mengalirkan udara atau gelembung ke dalam air dan kandungan udara yang di alirkan di ambil dari udara sekitar proses mengambil udara sekitar ini tidak murni oksigen atau O2. Jika tabung oksigen memang kandungan di dalamnya adalah O2 atau oksigen. Untuk lebih mudah dalam pemahaman tentang perbedaan aerator atau pompa angin ini misalkan kita bungkus ikan di dalam kantong plastik. Nah ikan yang kita bungkus di dalam kantong plastik kemudian di beri udara dari aerator kemudian di bungkus maka ikan hanya mampu bertahan hidup 2-5 jam saja di dalam kantong plastik, berbeda jika kita bungkus ikan dengan di kasih udara dari tabung oksigen yang memiliki kadar oksigen jauh lebih padat maka ikan mampu bertahan hingga lebih dari 24 jam.

Baca Juga :
- Jenis Pompa Air Aquarium dan Kolam
Daftar Ikan Hias Yang Bisa di Campur
Ikan Hias Yang Mudah Beranak Dalam Akuarium

Pemakaian pompa udara untuk aquarium air laut lebih utama di bandingkan pompa air hal ini dikarenakan untuk aquarium air laut bunga karang yang sudah ada juga sudah berfungsi sebagai filter jadi penggunaan pompa air bisa di kesampingkan, sedangkan untuk aquarium air tawar justru sebaliknya lebih di utamakan pompa air karena fungsinya sebagai filter kotoran dan sirkulasi air, untuk pompa udara hanya sebagai pelengkap dan untuk mempercantik aquarium jika di padukan dengan hiasan-hiasan tertentu.

Mini FIlter
Undergrafel Filter
Air pump juga bisa di gunakan sebagai media filter, yap selain meningkatkan kadar oksigen dalam air dan sebagai sirkulasi bisa juga sebagai media filter. Sibat pencinta ikan hias bisa menggunakan 2 jenis filter yaitu mini filter atau undergravel filter.

Jika sobat pernah melihat aquarium ada efek pasir terjun di dalamnya? sobat bisa menggunakan aerator, selang aerator, batu aerator, "L" pipa dan pipa. langkahnya cukup sederhana untuk membuat pasir terjun :

1. Lubangi "L" pipa bagian atas.
2. Pasang atau masukkan "L" pipa ke dalam pipa dengan posisi "L" pipa yang sudah di lubangi berada di bagian atas.
3. Masukkan selang aerator lewat "L" pipa yang sudah di lubangi sampai keluar kebawah bagian pipa kemudian pasang batu aerator.
4. Tarik selang sedikit ke atas sehingga batu aetaror berada di dalam pipa sekitar 0,5-1cm keatas.
5. Ujung selang bagian atas masukkan ke Aerator, alat sudah bisa di gunakan.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias, jangan lupa bagikan informasi ini kepada sesama pencinta ikan hias agar menjadi manfaat juga bagi yang lainnya. Terimakasih sudah berkunjung ke lovedfish.com.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post