10 Desember 2019

Ikan Hias Puntius Denisoni (Mengenal dan Merawatnya)

Denison's Barb
Puntius Denisoni
Selamat datang di blog ikan hias lovedfish.com kali ini admin mau share info tentang ikan hias Denisoni atau memiliki nama lengkap Puntius Denisoni. Ikan air tawar yang berasal dari india ini biasanya mejeng di aquarium dengan tema aquascape dan pastinya bagi para pencinta Aquascape sudah tidak asing lagi pada ikan satu ini. Ikan yang memiliki bentuk tubuh yang menyerupai peluru torpedo ini memiliki warna hitam dan merah di bagian sisi tubuhnya, Sedangkan di bagian ekor ikan denisoni memiliki warna kuning dan hitam. Dari halaman wikipedia puntius denisoni konon mencapai panjang 15 cm, tetapi biasanya hanya akan mencapai 9-11 cm saja.

Tergolong ke dalam jenis ikan Barb, Puntius Denisoni biasa hidup di sungai yang memiliki arus air deras, aliran air yang deras memuat ikan denisoni nyaman karena pada dasarnya ikan ini cukup aktif bergerak. Bagi sobat pencinta ikan hias yang ingin merawat denisoni sobat bisa menggunakan aquarium setidaknya ukuran 80x40x40 dengan pompa air berkecepatan sekitar 1000-1500 l/h agar ikan merasa nyaman di aquarium sobat. Tetapi jika sobat pencinta ikan hias ingin merawat di tank aquascape jangan gunakan mesin pompa air yang besar ya nanti tumbuhan dan aksesoris di dalam tank sobat jadi berantakan semua. hehehe

Yaps perlu sobat ketahui ikan Puntius Denisoni ini juga sering di gunakan sebagai hiasan aquarium bertema aquascape, keindahan warna ikan menjadi salah satu daya tarik ikan ini untuk di pelihara. Di dalam tank aquascape yang di isi ikan Puntius Denisoni ini jangan di tambahkan udang jenis red cerry karena udang ini akan di mangsa denisoni ketika ikan ini sudah dewasa, jadi perlu di perhatikan saat sobat mencampur ikan ke dalam aquarium. jika sobat ingin mengetahui beberapa ikan yang bisa di campur, di blog lovedfish juga ada artikel tentang ikan hias yang bisa di campur dan ikan yang bisa di campur dengan mas koki.

Lanjut ke ikan hias Puntius Denisoni, ikan hias ini berkembang dalam iklim subtropis, jadi sobat pencinta ikan hias perlu ketahui ikan ini nyaman di dalam air dengan pH 6,8-7,8, kisaran suhu 18 hingga 26 °C dan kesadahan air 5-25 dGH. Berdasarkan data di atas perawatan ikan ini tidak terlalu sulit untuk pemula, Meskipun ikan ini berasal dari wilayah dengan iklim subtropis, sedangkan di Indonesia sendiri ber-iklim tropis.
Untuk mengetahui tentang tingkat kesadahan air sobat bisa baca artikel dari o-fish atau dari wikipedia.    

Bagi sobat yang ingin memelihara ikan puntius denisoni sobat perlu perhatikan juga ukuran aquarium, meskipun ikan ini bukan ikan predator akan tetapi jika di rawat dalam aquarium ukuran kecil denisoni bisa sedikit agresif apalagi di sekitar makanan, untuk jenis makanan sendiri, mereka memakan cacing darah , udang , daging, serpihan ikan, dan kadang makan tumbuh-tumbuhan juga. Denisoni merupakan ikan yang hidup secara berkelompok, ada baiknya sobat jika ingin memelihara ikan ini beli ikannya jangan satu saja kasihan nanti di aquarium sobat bisa stress karena tidak ada temannya. 

Baca Juga
JenisPompa Air Aquarium dan Kolam
Jenis-jenisPenyakit Ikan dan Pengobatannya
DaftarIkan-ikan Termahal Yang Pernah Terjual

Untuk harga sendiri saat ini ikan Puntius Denisoni sangat bervariatif di kisaran antara 15.000-50.000 tergantung ukuran ikan. Pintar-pintarnya sobat dalam nego harga kalau ingin mengoleksi ikan ini, yang pasti untuk perawatannya penulis kategorikan mudah bahkan untuk pemula. Semoga informasi di atas dapat membantu sobat pencinta ikan hias jika ingin merawat dan memlihara ikan ini. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada sobat pencinta ikan hias agar menjadi manfaat bagi sesama. Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: