9 Desember 2019

Ikan Kepala Timah si Arwana Mini

Selamat datang di blog lovedfish.com. Sobat pecinta ikan hias pernah mendengar nama ikan kepala timah? mungkin bagi sobat yang berada didaerah pedesaan yang masih banyak pesawahannya mengenal ikan ini, yaps ikan kepala timah atau dalam bahasa latin disebut Aplocheilus panchax memang merupakan ikan yang biasa hidup di area persawahan. Ia kerap ditemui di kolam, dan saluran irigasi, kanal, reservoir atau bahkan di daerah mangrove. Ia lebih menyukai perairan berair jernih dengan tanaman terapung padat.



ikan Kepala Timah penulis sebut dengan arwana mini karena bentuk tubuh ikannya mirip dengan arwana, hanya ukurannya saja yang mini, panjang tubuh ikan hanya sekitar 6 cm. hehehe itu menurut penulis sieh, bagaimana dengan sobat pecinta ikan hias? ikan kepala timah selain di negara kita tercinta Indonesia juga bisa di jumpai di negara Asia lainnya. 

Di habitat aslinya ikan kepala timah akan nyaman hidup pada selang pH 6,0-8,0, dan selang suhu 20-15 °C, sedangkan pakan alaminya berupa jentik nyamuk. Ikan ini sangat efektif untuk membasmi jentik nyamuk karena menurut penelitian ikan kepala merah mampu memakan hingga 65 ekor jentik dalam kurun waktu 3 jam.

Apakah sobat ingin memelihara ikan kepala timah di dalam aquarium? tenang meskipun judul artikel ini ikan kepala timah si arwana mini, tetapi ikan ini tidak seagresif arwana. Ikan kepala timah termasuk ikan pendamai, meskipun di alam liar pakan alaminya berupa jentik nyamuk ikan ini juga mau makan pakan kemasan yang biasa di jual di pasaran. Di dalam aquarium ikan kepala timah termasuk ikan perenang atas dan sesekali ikan suka melompat keluar air, jadi pastikan kondisi air aquarium tidak terlalu penuh agar ikan tidak meloncat keluar. Tanaman air yang mengapung juga bisa sobat gunakan untuk aksesoris aquarium dan untuk menghambat ikan melompat keluar air.

Untuk memelihara ikan di rumah sobat mungkin agak susah beli ikan kepala timah di pasaran ikan hias karena ikan ini jarang di jual, mungkin sobat bisa jalan-jalan ke sawah sambil mencari ikan, pada musim hujan di saat air mengaliri pesawahan mungkin merupakan saat yang tepat bagi sobat mencarinya.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobat untuk menambah referensi tentang dunia ikan. Dukung lovedfish.com dengan ikuti kami di facebook dan youtube. Kedepannya selain melalui artikel, kami coba untuk memberikan informasi yang lebih baik lagi melalui video yang kami share di youtube. Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: