7 Desember 2019

Jenis Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Desember 2019 atau memasuki musim hujan di mana di musim hujan ini nyamuk mulai banyak berkembang, nah kali ini penulis rangkum beberapa ikan yang mampu memakan jentik nyamuk dan bisa di tempatkan di bak mandi sobat supaya mengurangi populasi nyamuk yang mengganggu. Langsung saja kita simak jenis ikan pemakan jentik nyamuk.



1. Ikan Sepat.
Sepat adalah nama segolongan ikan air tawar yang termasuk ke dalam marga Trichogaster. Ikan Sepat termasuk ikan yang paling ganas dalam memberantas jentik nyamuk dalam sebuah penelitian di laboratorium setiap harinya ikan sepat mampu memakan jentik nyamuk sekitar 86,5.

2. Ikan beunter.
Sobat pernah dengar ikan beunter atau nama ilmiahnya puntius binotatus, kalau masih kurang familiar dengan nama ini mungkin sobat biasa menyebut ikan ini dengan nama wader bintik. Ikan beunter banyak di temukan di aliran sungai di desa-desa terutama yang sungainya belum tercemar ya. Menduduki peringkat kedua sebagai ikan pengendali jentik ikan beunter mampu memangsa sektiar 52,8 jentik nyamuk setiap harinya.

3. Ikan Lunjar Padi
Nah untuk yang berikutnya ada ikan Lunjar padi atau cere atau wader pari (Rasbora sp.) dalam urusan memangsa jentik nyamuk ikan lunjar padi berada di posisis ketiga dengan rata-rata mampu memakan 48,6 jentik nyamuk dalam sehari.

4. Ikan Kepala Timah
Sedangkan di peringkat ke empat ada ikan kepala timah yang mampu memangsa 36,6 jentik nyamuk per harinya. Ikan kepala timah banyak di temukan di saluran irigasi kanal, reservoir atau bahkan di daerah mangrove.

5. Ikan Cupang

Sobat pencinta ikan hias pasti tidak asing dengan ikan yang satu ini, selain bagus untuk hiasan ikan ini juga mampu memangsa 29,4 jentik nyamuk per hari. jika sobat taro di bak mandi untuk memberantas jentik nyamuk, air di bak mandi jangan di isi penuh karena ikan ini bisa melompat keluar bak mandi jika tidak ketahuan pastinya ikan cupang bisa mati karena kekurangan oksigen.

6. Ikan Julung-julung
Untuk sobat di daerah sulawesi mungkin tidak asing dengan ikan julung-julung karena beberapa spesies julung-julung air tawar adalah endemik di Pulau Sulawesi. dengan kemampuan memakan jentik nyamuk 22,3 per hari ikan ini berada di urutan ke enam.

7. Ikan Guppy
Di urutan terakhir ada ikan guppy, selain memiliki warna ekor yang bagus ikan ini juga mampu membasmi jentik nyamuk dengan rata-rata bisa memakan 17,2 jentik nyamuk per harinya untuk ikan guppy jantan, sedangkan ikan guppy betina bisa memangsa rata-rata 22 jentik nyamuk perhari.

itu tadi beberapa jenis ikan yang mampu membasmi jentik nyamuk yang penulis kutip dari health.detik.com dan wikipedia.org semoga informasi di atas membantu sobat dalam mengendalikan dan membasmi jentik di rumah sobat.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: