14 September 2019

Budidaya Ikan Black Tetra (Tetra Hitam)

Selamat Datang di blog lovedfish.com. Kali ini penulis akan coba bagikan informasi tentang budidaya ikan black tetra atau tetra hitam. Setelah dalam artikel sebelumnya sobat sudah mengenal dan merawat ikan black tetra sekarang bagi sobat yang ingin belajar budidaya ikan black tetra dapat di simak neh informasinya.

Mengenal Kelamin Black Tetra.
Sebelum sobat belajar cara budidaya ikan black tetra atau tetra hitam, tentunya sobat pencinta ikan hias harus tahu donk perbedaan ikan black tetra jantan dan betina. Untuk jenis ikan tetra hitam tidak memiliki ciri khusus dari pola tubuhnya, sobat bisa membedakan jenis kelamin tetra hitam dari bentuk tubuh dan ukuran tubuhnya. Untuk black tetra betina biasanya memiliki bentuk perut lebih bulat atau buncit di bandingkan black tetra jantan, ukuran tubuh betina juga lebih besar dari yang jantan.



artikel menarik lainnya :
CaraMerawat Ikan Hias
Jenis Pompa Air Aquarium dan Kolam
Jenis-jenisPenyakit Ikan dan Pengobatannya
IkanHias Yang Mudah Beranak Dalam Akuarium


Pemijahan atau Pembiakan Tetra Hitam.
Sesi pemijahan, berkembang biak atau bahasa asyiknya "bercinta" hehehe. Jika sobat sudah membaca artikel sebelumnya tentang merawat black tetra pasti sobat sudah mengetahui jika black tetra merupakan ikan bergerombol atau berkelompok bukan ikan tipe penyendiri. Jadi sobat bisa campurkan ke dalam aquarium ikan tetra 5-10 pasang dan biarkan mereka menemukan pasangannya sendiri untuk berkembang biak. Cara ini lebih efektif daripada sobat hanya meletakkan sepasang ikan tetra hitam dalam satu aquarium. Selama masa perkembangbiakan, kedua jenis kelamin cenderung menggelapkan warna mereka. Jangan lupa untuk memberikan makanan bergizi bagi ikan agar hasilnya maksimal dan jaga lingkungan aquarium seperti habitat aslinya.

Pembibitan Black Tetra.
dalam masa pembibitan bagian yang sulit adalah menjaga telur dan membesarkan anakan black tetra agar tidak dimakan oleh ikan tetra hitam dewasa. Untuk membuat tetra hitam bertelur, akuarium ukuran 10-20 galon biasanya cukup. Kualitas air juga harus tetap di jaga, tetap beri makan ikan tetra hitam sobat dengan makanan bergizi, dan jaga suhu air sekitar 26-27 derajat C. Nilai pH harus netral dan ketahanan air di bawah dH 15 (semakin rendah semakin baik). Menambahkan tanaman berupa rumput untuk bagian bawah aquarium sangat boleh akan tetapi tidak wajib.

Ikan black tetra dewasa dapat memakan telur dan karenanya harus dikeluarkan dari akuarium. Jika sobat merasa takut ikan black tetra dewasa akan merasa stres saat sobat menangkapnya, sobat bisa menggantungkan jaring atau keranjang besar di dalam akuarium dan menempatkan ikan dewasa di dalamnya sebelum bertelur. Dengan cara ini, telur akan jatuh melalui jaring sehingga aman di bagian bawah aquarium. Metode ini juga merupakan alternatif yang bagus jika sobat hanya memiliki satu aquarium saja.

Telur Black Tetra.
Tetra hitam adalah spesies sekali bertelur akan menghasilkan telur yang sangat banyak. Telur yang tidak dibuahi akan segera mulai terlihat kabur karena pertumbuhan jamur dan harus dikeluarkan dari akuarium untuk mencegah jamur menyerang telur yang sehat dan dibuahi. Telur biasanya menetas dalam waktu empat hari pada suhu 26 derajat C.

Merawat Benih Black Tetra.
Tetra Hitam yang baru menetas benar-benar kecil dan akan menghabiskan sebagian besar waktu mereka menempel di dinding dan dekorasi akuarium. Sobat bisa memberi mereka makanan-makanan cair, cacing mikro atau artemia. Ketika Ikan sudah berusia sekitar tiga hari, Tetra hitam sobat akan cukup besar untuk makan udang air asin yang baru menetas. Black Tetra yang sudah berumur satu bulan dapat diberikan makanan yang sama dengan black tetra dewasa.

Perubahan air yang besar berbahaya bagi black tetra dan karenanya sobat hanya perlu mengubah sedikit air setiap kali. Sebaiknya lakukan penggantian air sedikit saja beberapa kali sehari untuk menjaga kualitas air tetap tinggi tanpa merubah kondisi pH, suhu, dH yang terlalu besar dan cepat.


Semoga informasi diatas bermanfaat bagi sobat pecinta ikan hias yang ingin belajar budidaya ikan hias black tetra. sekali lagi penulis ucapkan terimakasih sobat sudah berkunjung ke blog kami jangan lupa bagikan artikel ini ke sobat pencinta ikan hias lainnya agar memberi manfaat bagi lainnya, kritik dan saran bisa sobat tuliskan di kolom komentar untuk membangun blog ini lebih bagus lagi kedepannya. sukai halaman facebook kami untuk mendapatkan update artikel-artikel lainnya.

Sumber :
http://www.aquaticcommunity.com/tetrafish/blackskirttetra.php
https://en.wikipedia.org/wiki/Black_tetra


Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: