11 September 2019

Mengenal dan Merawat Ikan Black Tetra

Selamat datang di blok lovedfish.com, pada kesempatan kali ini penulis akan bagikan informasi ikan hias dari keluarga tetra. Ikan black tetra atau di pasaran Indonesia ikan black tetra biasa di sebut ikan tetra. Perlu sobat ketahui ikan yang serupa tapi tak sama adalah black phantom tetra. kedua jenis ikan tetra ini hampir mirip bahkan ada beberapa blag yang penulis baca belum bisa membedakan antara black phantom tetra dengan black tetra.

Black tetra adalah ikan akuarium yang populer. Ciri khusus ikan ini bisa di lihat dari "skirt" hitamnya yang khas. Ada versi albino dari black tetra yang cukup umum di toko-toko hewan peliharaan dan dikenal sebagai tetra albino. Sayangnya, warna albino ini ada yang di lakukan dengan di celupkan ke cairan pewarna, proses ini selain menyakiti ikan tetra juga akan menyebabkan ikan rentan penyakit dan memiliki range usia yang lebih pendek. Namun Anda juga dapat menemukan tetra albino yang telah diberi makan makanan berwarna. Tetra ini biasanya sehat, tetapi tentu saja mereka akan kehilangan warna jika Anda mulai memberi mereka makanan ikan yang normal.

Habitat Black Tetra:

Habitat asal Tetra Hitam adalah asli Bolivia, Brasil dan Argentina utara dan menghuni cekungan sungai subtropis di mana suhu air tetap antara 20 dan 26° C (68 dan 79 ° F). Tetra Hitam sebelumnya dianggap sebagai penduduk asli Paraguay juga, tetapi ini ternyata merupakan kasus identitas yang keliru. Tetra Hitam saat ini telah diperkenalkan ke Kolombia serta Thailand yang terlalu jauh. tetra hitam adalah spesies pelagis yang akan menghabiskan waktunya di lapisan air tengah dan atas.

Deskripsi Tetra Hitam:

Tetra Hitam dapat dengan mudah dikenali dari sirip punggung hitam dan sirip duburnya yang khas. Tubuh dihiasi dengan garis-garis hitam vertikal. Tetra Hitam akan mencapai ukuran dewasa ketika kira-kira berumur satu tahun dan ini juga saat tetra Hitam akan menampilkan warna hitam pekat di bagian sirip punggung hingga dubur. Seiring bertambahnya usia ikan, Tetra Hitam akan menjadi lebih kusam dan warnanya akan memudar menjadi warna abu-abu keperakan.

Sirip anal Tetra hitam betina lebih sempit daripada sirip dubur jantan. Tepi depan berjalan sejajar dengan garis vertikal kedua di perutnya. Sirip punggung juga kurang runcing pada betina. Pada tetra hitam jantan, tepi depan sirip dubur miring kembali ke arah ekor. Anda juga dapat membedakan kedua jenis kelamin dengan melihat bentuk tubuh mereka; betina biasanya lebih gemuk daripada jantan. Tetra Hitam jantan terkadang akan menampilkan titik putih pada sirip ekor.

Setting Aquarium dan Campuran Black Tetra

Ukuran aquarium ideal untuk memelihara black tetra atau tetra hitam setidaknya memiliki panjang 60cm lebar 35-40 cm dan tinggi sekitar 40cm. Karena sifat hidup tetra yang suka bergerombol setidaknya sobat memelihara sedikitnya 5 tetra hitam dalam 1 aquarium, jika tetra hitam di simpan dalam kelompok kecil biasanya sifat pemalunya akan muncul dan bisa stres, salah stu ciri ikan tetra dalam kondisi stres ikan ini akan bersembunyi dan menyendiri. Ikan yang stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka dan membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit.

Tetra Hitam umumnya damai dan dapat disimpan di akuarium dengan spesies ikan damai lainnya dengan ukuran yang sama. Namun tetra hitam bisa sedikit lincah ketika dipelihara dengan ikan yang memiliki sirip panjang, seperti Angelfish atau manfish dan jenis cupang halfmoon yang juga memiliki ekor panjang, terutama jika tetra Hitam disimpan dalam kelompok kecil agresifitas ikan tetra akan meningkat. Jika Tetra hitam sobat mulai menggigit, sobat dapa menyelesaikan permasalahan ini dengan membeli lebih banyak tetra hitam yang membuat kawanan tetra semakin banyak.

Merawat Black Tetra:

Black Tetra adalah ikan yang sangat kuat yang cocok bagi sobat yang masih baru dalam memelihara ikan hias. Karena ikan ini asli dari perairan subtropis, suhu ideal ikan black tetra antara 20 - 26 ° C (68 dan 79 ° F).

Black Tetra dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi, tetapi perubahan cepat dan kondisi ekstrem harus dihindari secara alami. Kisaran pH yang disarankan adalah 6-8 dan dH harus dijaga antara 5 dan 19.

Dalam memelihara ikan yang baik dalam aquarium adalah dengan mensetting aquarium mirip habitat alaminya, maka cobalah untuk meniru habitat alami black tetra yaitu dengan memasukkan banyak tanaman besar. untuk pencahayaan, Tetra Hitam akan sangat bagus dengan pencahayaan yang tenang bukan pencahayaan berwarna-warni, sedangkan media untuk dasar aquarium yang disarankan adalah kerikil berwarna netral.

Memberi Pakan Black Tetra:

Tetra Hitam Liar terutama karnivora dan memakan serangga, cacing, dan jentik nyamuk. Namun mereka juga memakan sejumlah kecil alga dan materi tanaman. Tetra Hitam yang Sehat senang makan di akuarium dan akan menerima hampir semua jenis makanan. Dianjurkan agar sobat melakukan diet yang bervariasi. tetra hitam akan memakan makanan hidup dan segar serta makanan beku, beku kering dan serpihan. Anda dapat menggunakan makanan berkualitas tinggi sebagai makanan utamanya serta dapat di kombinasi dengan cacing, udang air asin dan spirulina.

Semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias yang ingin memelihara ikan black tetra, jika sobat ingin budidaya ikan black tetra sobat bisa baca artikel kami tentang budidaya ikan black tetra

Sumber :

http://www.aquaticcommunity.com/tetrafish/blackskirttetra.php
https://en.wikipedia.org/wiki/Black_tetra
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: