7 September 2019

Mengenal dan Merawat German Blue Ram AKA Ramirezi

Selamat datang di blog kami, kali ini kita akan mengenal dan merawat ikan hias dari keluarga cilchlid yang berasal dari Amerika Selatan. German Blue Ram atau Mikrogeophagus Ramirezi, adalah spesies air tawar ikan endemik ke Orinoco River basin, di savana dari Venezuela dan Kolombia di Amerika Selatan. Mikrogeophagus Ramirezi sebenarnya merupakan nama ilmiah dari German Blue Ram, di pasaran ikan ini di kenal dengan berbagai nama populer seperti ram, blue ram, German blue ram, Asian ram, butterfly cichlid, Ramirez's dwarf cichlid, dwarf butterfly cichlid dan Ramirezi. Jika di pasaran Indonesia sendiri ikan ini di kenal dengan nama Ramirezi.


Tingkat Kesulitan : Menengah 
Ukuran Maks : 2-3 inci / 5-7,5 cm
Lingkungan : Air Tawar
pH: 5,0 hingga 7,0
Kekerasan : Sangat lunak
Suhu : 78-85 ºF / 25.5-29.5 ºC 
Komunitas :  Bersahabat
Cocok Untuk Aquascape : Ya
Ukuran Aquarium : 300 liter
Penyakit: Rawan ich dan mengasapi


Penampilan
German Blue Ram jantan bisa mencapai lebih dari 7 cm (2,7 in) panjangnya, sementara ikan betina tetap sedikit lebih kecil. German Blue Ram agak kekar dan berwarna flamboyan. Warna tubuh utama adalah kuning-hijau dan dihiasi dengan titik-titik biru yang membentang ke sirip punggung, dubur dan ekor. Sobat juga dapat melihat tujuh garis vertikal gelap yang samar-samar terputus di sisi-sisi ikan, dan satu garis kuat yang membentang vertikal ke bawah melintasi kepala melalui mata. German Blue Ram liar memiliki warna tubuh yang lebih cerah dibandingkan dengan yang di pelihara di aquarium. Sisi-sisi German blue ram berwarna abu-abu atau biru, sedangkan kepala dan dada berwarna kuning, emas dan hitam dengan nuansa biru. Ada bercak merah di perut dan Sobat juga bisa melihat bercak merah di dekat mata. Merah dan biru mendominasi sirip perut, sedangkan sirip punggung besar berwarna kuning dengan hitam di tepi depan.

Umur atau Masa Hidup
Ketika sobat bertanya German Blue Ram dapat bertahan berapa lama? jawaban tergantung bagaimana sobat merawat ikan ini, dengan kualitas pakan dan kebersihan aquarium selalu di jaga ikan ini mampu bertahan lama, jika kurang perawatan maka ikan Ramirezi ini tidak dapat bertahan lama. Rata-rata ikan Ramirezi atau German Blue Ram mampu bertahan hingga 3 tahun dan sebagian mampu bertahan lebih dari 3 tahun.

Pemeliharaan Dalam Aquarium
Saat sobat akan memelihara Ramirezi di dalam aquarium, setting aquarium yang terbaik adalah meniru lingkungan alami Ramirezi. Di habitat alaminya, Ramirezi  jantan biasanya hanya ditemukan di mana ada banyak tutupan yang terdiri dari tanaman air atau vegetasi tanah yang terendam, dan karenanya memasukkan unsur-unsur tersebut dalam akuarium yang direkomendasikan. Mereka harus selalu disimpan dalam aquarium yang ada tanamannya. Ikan Ramirezi juga membutuhkan beberapa gua untuk berlindung. Jika Anda ingin ikan berkembang biak, berikan mereka batu-batu pipih di aquarium.

Dalam banyak kasus Ramirezi jantan tidak boleh disimpan di akuarium yang lebih kecil dari 75 L (20 galon). Menyatukan dua pasang akan membutuhkan akuarium 150 L (40 galon), dan sebagainya. Semakin besar ukuran akuarium, semakin mudah untuk menjaga kualitas air cukup tinggi. Ramirezi sensitif terhadap produk limbah organik seperti nitrat dan karenanya bukan pilihan yang cocok kecuali Anda tahu bagaimana menjaga tingkat limbah organik. Jika sobat sudah berpengalaman dan tahu cara mempertahankan kualitas air yang baik di akuarium kecil, sobat dapat memelihara Ramirezi di akuarium yang lebih kecil.

Campuran Ikan
Banyak aquarists percaya bahwa German Blue Ram benar-benar sulit untuk dipelihara, tetapi ini tidak benar. Masalahnya adalah bahwa banyak aquarists menggabungkan German Blue Ram dengan spesies yang tidak cocok, seperti ikan agresif yang dapat mengganggu German Blue Ram atau ikan terlalu energik yang akan menelan semua makanan sebelum German Blue Ram mendapat kesempatan untuk makan. Jenis cichlid kerdil lainnya seperti cichlids apistogramma juga merupakan pilihan yang tidak sesuai. Satu pengecualian adalah ram Bolivia. Sobat dapat menyimpan Bolivia dan German Ram di akuarium yang sama. German Blue Ram Anda akan melakukan jauh lebih baik jika sobat menggabungkannya akan spesies damai yang akan meninggalkan beberapa makanan untuk German Blue Ram. Merawat German Blue Ram sendiri tidak dianjurkan; mereka merasa lebih aman ketika dikombinasikan dengan ikan yang lebih berani. Sobat dapat menggunakan ikan yang ramah seperti cardinal tetra atau neon tetra untuk teman German Blue Ram yang sobat pelihara. Jangan pernah menggunakan ikan Sumatra sebagai untuk campuran ikan German Blue Ram.

Sobat dapat memelihara German Blue Ram dengan ikan yang hidup cukup agresif seperti gurami padang dan gurami kerdil. Ikan cupang kadang-kadang dapat disimpan dengan German Blue Ram tetapi itu tidak selalu berhasil dan saya tidak menyarankan sobat mencobanya kecuali akuarium Anda setidaknya 150 L atau 40 galon.

Jika German Blue Ram sobat menjadi agresif terhadap ikan lain di aquarium, kemungkinan besar disebabkan oleh kurang atau tidak ada tempat persembunyian yang sesuai. Juga normal bagi mereka untuk menjadi agresif selama berkembang biak karena mereka ingin melindungi keturunan mereka.

Merawat German Blue Ram
German Blue Ram bukanlah ikan yang cocok untuk akuarium yang baru dibuat, tunggu sampai akuarium telah dihuni cukup lama dan mengandung populasi bakteri baik. Sobat juga harus sering melakukan penggantian air dan memasang filtrasi yang memadai. German Blue Ram liar biasanya ditemukan di daerah dengan air yang mengalir lambat, sehingga gerakan air yang kuat tidak dianjurkan di akuarium.

Ketika merawat di akuarium cobalah menyerupai lingkungan alami German Blue Ram, misalnya dengan menggunakan air asam lunak dengan nilai pH 5. Di alam liar, suhu air yang sesuai untuk German Blue Ram yaitu 25,5-29,5 ºC (78 -85 ºF) dan mereka biasanya dapat beradaptasi dengan nilai pH dari 5,0 hingga 7,0. Beberapa aquarists bahkan berhasil menjaga German Blue Ram di air yang cukup keras. Jika Sobat kesulitan menjaga tingkat keasaman air di aquarium, sobat bisa tambahkan lumut gambut.

Memberi makan German Blue Ram
German Blue Ram adalah omnivora yang membutuhkan makanan dari hewan dan tumbuhan agar tetap sehat dan bahagia. Ketika mereka tiba di akuarium baru, bukan hal yang aneh bagi mereka untuk kehilangan nafsu makan dan menjadi sangat rewel. Jangan terkejut jika German Blue Ram hanya menggigit makanan atau melakukan mogok makan. Cobalah membujuk mereka untuk makan dengan memberi mereka makanan yang benar-benar lezat seperti jentik nyamuk atau sejenisnya. Setelah mereka mulai makan lagi, Anda dapat secara bertahap membiarkan mereka mencoba makanan serpihan, pelet dan jenis makanan lainnya. Setelah beberapa saat, kebanyakan German Blue Ram akan siap menerima berbagai macam makanan di akuarium.

Setelah Sobat bisa mengenal dan merawat ikan Ramirezi atau German Blue Ram, sobat juga bisa neh mencoba mengembangbiakkan ikan ini. Untuk cara mengembangbiakkan German Blue Ram sobat bisa baca artikelnya di sini. Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobat.

Sumber artikel :
http://www.aquaticcommunity.com/cichlid/germanblueram.php
https://en.wikipedia.org/wiki/Ram_cichlid
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: