17 Juni 2022

Mengenal dan Merawat Columbian Tetra

Selamat datang dan terimakasih sudah mampir di lovedfish.com, tempat sharing pecinta ikan hias. Kali ini penulis akan membahas ikan yang berasal dari Kolumbia dan masih masuk dalam keluarga Characidae. Salah satu jenis ikan tetra yang mungkin bisa di jadikan koleksi sobat pencinta ikan hias. Ikan ini mirip dengan ikan buenos tetra atau biasa di kenal dengan nama boines.

Deskripsi

Tetra Kolombia merupakan ikan hias yang berasal dari Río Acandí (Departemen Chocó) di Kolombia Utara. Merupakan spesies ikan air tawar tropis yang masuk ke dalam keluarga Characin. Memiliki nama ilmiah Hyphessobrycon Columbianus yang mengacu pada nama Hyphessobrycon dari bahasa Yunani Kuno (hyphesson), yang berarti 'bertubuh lebih rendah', dan digunakan sebagai awalan dalam hal ini, ditambah nama generik Brycon. Sedangkan nama Columbianus mengacu pada negara asal ikan di temukan yaitu Kolombia.

Memiliki panjang maksimal hanya sekitar 65mm ikan tetra kolumbia sangat cocok di pelihara di akuarium yang tidak terlalu besar. Bentuk tubuhnya yang pipih dengan warna tubuh ikan silver kebiruan dengan warna sirip pundak, sirip ekor dan sirip bawah oranye. Bentuk kepala ikan dan ekor ikan lebih kecil daripada bagian tubuh ikan.

Kerena tergolong ikan kecil, Columbian Tetra mampu bertahan hingga 5 tahun.

Kesulitan Merawat Ikan

Di alam liar, Columbian Tetra merupakan ikan tropis dengan kondisi air agak lunak dan asam. Bagi sobat pencinta ikan hias yang ingin memelihara mereka tidak perlu khawatir dengan kondisi air, karena mereka merupakan ikan yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air tawar.

Termasuk ikan yang agresif dan tidak pemalu bahkan jika menghadapi ikan dengan ukuran yang lebih besar. Ikan-ikan yang berukuran kecil ada baiknya perlu pengamatan lebih apakah mereka mampu bergaul dengan baik.

Columbian Tetra merupakan ikan scholling atau suka berkelompok di habitat asal, jadi ketika memelihara mereka di dalam akurium jangan hanya memelihara mereka 1 ekor saja. 10 ekor atau lebih akan membuat mereka nyaman berada di akuarium. Mereka mampu bertahan di kondisi air dengan suhu 20 – 28 °C, dengan pH 5.0 – 7.5 dan tingkat kekerasan diantara 18 – 179 ppm.

Filterasi dan Ukuran Akuarium

Columbian Tetra merupakan ikan komunitas yang aktif bergerak, di butuhkan setidaknya akurium panjang 90cm atau lebih meskipun mereka menerima dan mampu bertahan di akuarium yang lebih kecil. Untuk lebar akuarium minimal 30cm sudah cukup leluasa bagi mereka mengingat ukuran panjang ikan dewasa yang tidak lebih dari 7cm. Tinggi akuarium menyesuaikan panjang dan lebar akuarium, supaya akuarium indah di pandang setidaknya memiliki tinggi 40cm.

Untuk arus air, mereka lebih senang di air berarus deras. Sobat bisa menggunakan pompa air yang memiliki volume keluaran air yang besar akan tetapi di sesuaikan juga dengan desain dan isi akuarium serta teman ikan lainnya.

Pengaturan Akuarium.

Tidak perlu banyak ornamen di dalam akuarium karena mereka merupakan ikan yang aktif bergerak. Jika sobat ingin meletakkan mereka ke dalam akuarium aquascape pastikan tanaman yang ada memiliki daun dan batang yang keras. Beberapa tanaman air berdaun lunak akan di anggap makanan oleh mereka.

Untuk aksesoris pastikan tidak memiliki ujung tajam dan runcing yang bisa melukai mereka. Bahkan akuarium tanpa aksesoris apapun sudah cukup nyaman untuk mereka tinggal.

Makanan.

Termasuk jenis ikan omnivora, Columbian Tetra lebih mudah di berikan pakan karena mereka akan memakan yang tersedia. Ketika di rawat di akuarium, mereka juga senang memakan alga yang menempel di kaca atau tanaman.

Untuk menghasilkan warna ikan yang bagus pilihan pakan alami berupa cacing darah, daphnia atau artemia menjadi pilihan pakan terbaik selain dari pakan buatan berkualitas. Cacing kering atau udang kering juga bisa dijadikan pakan berkualitas untuk mereka jika tidak ingin susah-susah memberi pakan alami.

Perilaku Sosial

Columbian Tetra merupakan ikan yang suka bergerombol, jadi ketika memelihara di akuarium sediakan setidaknya 10 ikan atau lebih supaya mereka nyaman tinggal di akuarium. Beberapa ikan ukuran kecil bisa sangat rentan mendapatkan serangan dari Columbian Tetra, jadi ikan-ikan kecil seperti guppy, zebra danio atau ikan kecil lainnya tidak disarankan di campur dengan mereka.

Beberapa jenis ikan tetra lainnya bisa sangat cocok dan bersahabat dengan mereka. Tidak di sarankan udang cherry di pelihara bersama mereka. Ikan-ikan predator ukuran besar juga bukan merupakan pasangan yang tepat jika di pelihara dengan Columbian Tetra.

Referensi Artikel :

https://www.tfhmagazine.com/articles/freshwater/hyphessobrycon-columbianus
https://en.wikipedia.org/wiki/Hyphessobrycon_columbianus
https://www.seriouslyfish.com/species/hyphessobrycon-columbianus/
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: