6 November 2018

Fungsi dan Manfaat Garam Kristal Untuk Ikan

Garam Ikan, lovedfish.com bagi sobat pencinta ikan hias yang sudah lama berkecimpung dunia perikanan pasti sudah mengenal garam ikan atau garam kristal, namun bagi sobat yang baru di dunia ikan hias hendaknya perlu memahami fungsi dan manfaat garam kristal untuk kesehatan ikan yang sobat pelihara.

Garam ikan atau garam kristal berupa kristal putih ini telah lama dikenal para penggemar ikan hias sebagai. Garam ikan berbeda dengan garam dapur, karena garam ini masih murni alami tanpa tambahan bahan apapun, bila garam dapur dikhawatirkan dapat mempunyai dampak negatif pada ikan.

Manfaat gram kristal atau garam ikan untuk mencegah, membasmi, dan juga untuk mengobati jamur atau parasit pada ikan.

Fungsi :
- Membunuh / mencegah / mengobati parasit, jamur / penyakit ikan
- Meningkatkan kadar pH air.
- Mengatasi spot / ich / kembung
- Mencegah & mengatasi stress / keadaan terluka

Bagi sobat pencinta ikan hias yang mau menggunakan garam kristal sebagai profilatik, tonik atau jamu untuk ikan bisa di gunakan sekitar 1-2 sendok teh per 4 liter air. Angka ini sekitar 1-2gr per liter air atau kalau mau di takar sekitar 0,1-0,2% jumlah air.
Jika ikan yang sobat rawat sudah terlanjur terinfeksi Jamur atau Bakteri gunakan dosis yang lebih tinggi lagi yaitu 1% atau larutan 10gram garam per 1 liter air, lakukan bertahap selama 24-48 jam. Untuk Melepaskan lintah atau parasit Rendam dalam waktu singkat dalam larutan 0.25%. Obat Infeksi atau Velvet bisa gunakan 10gr per 45 liter air atau 1 sendok teh per liter air.

Sobat juga bisa menggunakan ukuran aquarium untuk menghitung jumlah garam ikan yang sesuai misalkan sobat memiliki aquarium ukuran 100x50x50cm, dari aquarium ukuran tersebut tinggi air hanya 40cm maka rumus volume air 100x50x40cm hasilnya 2.000.000cm3 atau setara dengan 200liter air. Angka 200 liter kita anggap kilogram sebagai ukuran garam. Jika dosis 0.1%, maka 200kg x 0.1% = 0.2kg atau 200gr garam ikan untuk ukuran atau volume air 100x50x40. Jadi yang di hitung di sini volume airnya ya sobat bukan ukuran aquariumnya.

Semoga informasi tentang garam kristal di atas bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias. Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami jangan lupa bagikan artikel ini ke sesama pencinta ikan hias agar menjadi manfaat untuk yang lainnya.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: