11 November 2021

Menanam dan Merawat Monte Carlo

Monte Carlo merupakan kawasan di Monako tepatnya ibu kota Monako. Namun saat ini yang akan di bahas bukan ibu kota Monako yang katanya tempat para "jetset" di seluruh dunia bermain judi. Memang di sana ada beberapa kasino. Cukup untuk perkenalan Ibu kota Monako.

Sumber : Tropica.com

Monte Carlo yang akan kami bahas di sini adalah salah satu tanaman air yang biasanya di gunakan untuk karpet aquascape. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman terbaik untuk akuarium. Tumbuh membentang ke samping dan sangat cocok di tempatkan sebagai latar depan di akuarium aquascape.

Deskripsi Monte Carlo

Sumber : Tropica.com

Tanaman ini masuk ke dalam kategori sedang untuk tingkat perawatan dan kebutuhan cahaya juga tidak terlalu banyak. Monte Carlo dapat beradaptasi dengan berbagai jenis habitat untuk tumbuh dan berkembang.

Di kenal juga sebagai "Rumput Mutiara Besar Baru" Monte Carlo memiliki warna hijau muda dengan daun bulat kecil dan batang merayap. Tanaman yang berasal dari Argentina, di temukan di sebuah kota kecil dengan nama Monte Carlo. Memiliki nama ilmiah Micranthemum tweedei berikut klasifikasi Tanaman ini :

  • Kerajaan: Plantae
  • Klade: Tracheophyta
  • Klade: Angiospermae
  • Pesanan: Lamiales
  • Keluarga: Linderniaceae
  • Genus: Micranthemum
  • Spesies: Micranthemum tweedei

Spesies terkait lainnya termasuk:
  • Micranthemum micranthemoides
  • Micranthemum glomeratum
  • Mikranthemum prekororum
  • Mikranthemum umbrosum

Monte Carlo adalah tanaman yang indah dan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Warna keseluruhan hijau muda dan cerah
  • Strukturnya kecil
  • Memiliki daun bulat dengan ukuran antara 5mm-10mm
  • Tinggi tanaman antara 2-5cm.
  • Batang merayap filiform panjang
  • Bunga ketiak kecil dan bunga soliter dengan tangkai sangat pendek
  • Akar panjang kecil
  • Batang yang membentuk tikar atau karpet padat
Filiform, istilah umum yang digunakan dalam botani untuk menggambarkan bentuk seperti benang

Tanaman Monte Carlo dapat dengan mudah beradaptasi di tangki atau akuarium ukuran kecil sampai besar jadi cocok untuk para pemula yang sedang belajar untuk menanam dalam akuarium.

Pencahayaan Monte Carlo.

Cahaya merupakan faktor yang sangat penting dalam merawat tanaman dalam akuarium, fungsi cahaya dari lampu LED ini sebagai pengganti sinar matahari sebagai sumber utama fotosintesis. Kebutuhan cahaya masing-masing tanaman berbeda-beda, untuk Monte Carlo sendiri termasuk kategori sedang dalam kebutuhan cahaya, rata-rata tanaman akuarium membutuhkan sekitar 0,5 W/L.

Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan karbohidrat dari bahan anorganik yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil

Monte Carlo masih mentolelir cahaya rendah akan tetapi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman. Berikan paparan sinar lampu yang memiliki paparan sinar antara 5000-7000 calvin selama 6-8 jam sehari untuk tumbuh kembang tanaman yang baik.

CO2 dan Pupuk.

Bagi tanaman Monte Carlo tambahan pupuk dan CO2 bukan merupakan hal wajib, Akan tetapi dengan tambahan itu akan membuat Monte Carlo tumbuh lebih cepat dan lebih tebal. Jadi di sarankan untuk memberikan tambahan pupuk cair untuk pertumbuhan dan CO2 agar mendapatkan Monte Carlo yang lebat hijau dan segar di pandang.

Jika ingin menambahkan CO2, kebutuhan CO2 sedang untuk Monte Carlo 6-14 mg/L Sedangkan kebutuhan CO2 paling tinggi sekitar 15-25 mg/L. Bisa di berikan dari tablet CO2 atau membuat CO2 sendiri.

Kondisi Air Monte Carlo.

Kondisi air stabil akan membuat tanaman ini tumbuh dan berkembang dengan baik, selain pencahayaan yang baik pastikan suhu air dan pH air stabil. Dengan menggunakan termometer yang baik pastikan suhu air terjaga di antara 20-25°C. Kipas aquascape dapat membantu mendinginkan suhu air jika suhu terlalu panas.

pH air yang cocok untuk merawat Monte Carlo di kisaran 6,0-7,5 perlu sobat ketahui pH stabil rata-rata untuk merawat ikan maupun tanaman di antara 5,5-8,0 jadi hampir semua ikan maupun tanaman akan bertahan hidup dan berkembang baik di antara pH air tersebut. Gunakan alat pengukur pH air untuk menjaga agar tetap stabil. Sedangkan untuk kesadahan air, Monte Carlo dapat beradaptasi hingga 15GH.

Lakukan penggantian air secara berkala dan bersihkan kotoran yang ada di dasar akuarium secara hati-hati agar Monte Carlo tidak rusak dan atau tercabut saat proses pembersihan. Hal ini di lakukan juga supaya alga tidak mudah tumbuh dan menjadi parasit bagi tanaman lainnya.

Menanam Monte Carlo.

Menanam Monte Carlo cukup mudah. Yang pertama tentunya mendapatkan tanaman dulu. Monte Carlo bisa di beli di toko ikan hias terutama di toko yang memang fokus pada aquascape, karena tidak semua toko ikan hias fokus pada tanaman air. Atau bisa di beli di toko online terpercaya.

Setelah mendapatkan tanaman-nya biasanya tanaman di kemas dalam pot, pisahkan tanaman dengan merendam-nya dalam ember atau baskom berisi air supaya lebih mudah dalam memisahkan tanaman, dan tidak rusak.

Setelah tanaman terpisah satu per satu tancapkan tanaman ke dalam substrat (di sarankan pasir malang halus) menggunakan pinset, pastikan akar tanaman cukup dalam untuk mencegah tanaman tercabut ketika di isi air nantinya. Berikan jarak 1-2cm antar tanaman karena nantinya monte carlo tumbuh menjalar.

Untuk mempercepat pertumbuhan pastikan aspek di atas terpenuhi, dalam 1-2 bulan tanaman dapat tumbuh 3-5cm. Setelah tanaman menjadi karpet sesuai yang di inginkan pemberian pupuk pertumbuhan dapat di kurangi.

Merawat Monte Carlo.

Pada saat awal menanam biasanya akan menjadi hal yang membosankan karena butuh waktu untuk tanaman tumbuh dengan bagus. Perlu sabar jika ingin merawat tanaman aquascape. Perhatikan juga parasit tanaman yang dapat tumbuh, biasanya untuk mengurangi pertumbuhan parasit tanaman dapat menggunakan ikan pemakan alga atau dengan udang kecil yang tidak merusak tanaman.

Monte Carlo membutuhkan waktu sekitar 4-8 minggu untuk sepenuhnya membentuk tikar atau karpet saat ditanam di substrat. Tanaman ini tumbuh cepat jika diberi pencahayaan yang tinggi selain pasokan Co2 yang cukup, dan akan membutuhkan pemangkasan secara teratur (setiap 2 minggu atau disesuaikan dengan pola pertumbuhan).

Pangkas Monte Carlo Secara Berkala.

Pemangkasan sangat penting dalam memelihara tanaman karpet. Tanaman dapat di pangkas secara berkala ketika terlihat sudah tinggi dan tidak rapi. Dengan di pangkas juga membantu Monte Carlo mengembangkan tunasnya ke samping sehingga dapat membentuk rumput yang lebih padat.

Pemangkasan tanaman air paling baik dilakukan dengan gunting khusus untuk pemangkasan, gunting ini memiliki ciri-ciri ujung gunting melengkung dan tajam serta memiliki gagang atau pegangan gunting yang panjang. ujung gunting yang yang melengkung dan tajam dapat memotong dan mengurangi kerusakan sel di dekat permukaan yang dipotong. Pegangan yang panjang memungkinkan untuk menjangkau bagian yang rumit dan sudah di jangkau.

Sumber Artikel :

https://aquariumbreeder.com/monte-carlo-plant-care-guide-planting-growing-and-propagation/

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: