19 November 2021

Mengenal dan Merawat Tanaman Amazon Sword

Sesuai dengan namanya, Tanaman ini berasal dari Sungai Amazon di Amerika Selatan. Selain di temukan di lembah sungai Amazon, tanaman ini juga dapat di temukan di Kolombia, Brasil, Bolivia, Nikaragua dan Karibia. Sedangkan Sword di dapat dari bentuk tanaman yang memiliki daun lebar panjang dengan ujung runcing.

Amazon Sword(AS) merupakan tanaman yang mudah di rawat dan cocok untuk di tempatkan di akuarium bagian belakang karena tanaman ini mampu tumbuh tinggi. Tanaman ini sangat populer di kalangan penggemar aquascape karena tanaman ini cukup kuat untuk bertahan hidup di berbagai kondisi air dan berumur panjang.

Bagi yang sedang belajar mendesain aquascape tanaman ini cocok untuk pemula karena perawatannya yang mudah dan mampu bertahan di berbagai jenis dan kondisi air.

Deskripsi

Banyak dari penggemar aquascape menyebut Amazon Sword dengan nama Echinodorus bleheri dan Echinodorus grisebachii (atau Echinodorus amazonicus), namun tanaman ini berbeda. Perbedaan utamanya dapat di lihat dari daun spesies Echinodorus bleheri sedikit lebih lebar dari Echinodorus grisebachii.

Tanaman Amazon Sword mendapatkan nama ilmiahnya Echinodorus grisebachii dari kata Yunani “echius” – sekam kasar, dan “doros” – botol kulit dan juga nama ahli biologi tanaman Jerman – August Heinrich Grisebach dan Heiko Bleher . Tumbuhan ini secara ilmiah dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Kingdom : Plantae
Clade : Tracheophytes
Clade : Angiospermae
Ordo : Alismatales
Famili : Alismataceae
Genus : Echinodorus
Spesies : Echinodorus grisebachii, Echinodorus bleheri

Tanaman Amazon Sword memiliki batang pendek dengan daun hijau yang tampak panjang dan lebar. Daun tanaman ini memanjang dari akar dan tumbuh me lengkung. Amazon Sword mampu tumbuh hingga 60cm, rata-rata tumbuh di akuarium mencapai tinggi 40-50cm. Dalam satu tanaman, Amazon Sword dapat terdiri dari 1 hingga 20 lingkar daun, pertumbuhan daun antara 1 hingga 2 tahun per minggu.

Pencahayaan

Merawat Tanaman ini harus di lengkapi dengan pencahayaan sedang, dengan cahaya yang baik Amazon Sword dapat tumbuh dengan baik dan memiliki warna daun yang lebih cerah. Amazon Sword setidaknya membutuhkan 20-30 PAR (Photosynthetic Active Radiation) dengan pencahayaan spektrum penuh antara 5000-7000 kalvin. Untuk durasi pencahayaan per harinya antara 8-10 jam jika tidak menggunakan CO2

Tanaman ini dapat bertahan hidup bahkan di lingkungan yang minim cahaya. Namun, laju pertumbuhan akan lambat dan daun akan menjadi lebih gelap warnanya. Berikut perbedaan di antara keduanya.

AS Maksimal Cahaya
AS Minim Cahaya

Dengan cahaya yang terang tentu saja berakibat pada pertumbuhan alga, biasanya hal ini di atasi dengan memberikan ikan pemakan alga dan rutin membersihkan akuarium supaya alga tidak cepat tumbuh.

CO2 dan Pupuk

Untuk Amazon Sword kebutuhan akan pupuk dan Co2 dapat di samping-kan karena memang tanaman ini tidak begitu memerlukannya tapi akan lebih baik jika di beri.

Untuk tanaman baru ada baiknya menggunakan pupuk dasar yang dapat merangsang pertumbuhan akar jadi membuat tanaman ini bisa kuat di substrat yang biasanya menggunakan pasir malang agar tanaman tidak mengambang.

Pemberian Co2 di kondisi-kan dengan tanaman lainnya yang ada dalam satu akuarium, jika ada tanaman yang membutuhkan Co2 maka intensitas pemberian Co2 dapat di tingkatkan, namun jika hanya ada Amazon Sword dalam akuarium Co2 bisa terpenuhi dari ikan-ikan yang ada di akuarium.

Kondisi Air dan Akuarium

Tanaman Amazon Sword dapat tumbuh dengan baik dan subur jika dilengkapi dengan kondisi air yang optimal dan lingkungan tangki/akuarium yang sesuai. Ukuran akuarium yang di sarankan untuk menanam AS minimal berkapasitas sekitar 40 liter, Karena tanaman ini dapat tumbuh tinggi jadi opsi untuk membuat akuarium dengan tinggi 50 cm atau lebih di rekomendasi-kan.

Tanaman AS tidak cocok untuk ukuran akuarium nano atau mini. Jika ingin lebih maksimal akuarium dengan kapasitas lebih dari 80 liter akan lebih baik karena tanaman ini tumbuh cepat dan mengambil banyak area permukaan di dalam akuarium setelah beberapa minggu.

Kondisi suhu air optimal yang cocok untuk menanam Amazon Sword di antara 22 – 27 °C. Ini merupakan suhu standar untuk berbagai jenis tanaman. pH air yang baik untuk AS berada di kisaran 6.0 - 8.0, ini merupakan pH terbaik namun untuk jenis tanaman ini mampu beradaptasi selama kisaran pH tidak jauh dari angka itu. Amazon Sword Plant dapat mentolelir air keras dan lunak secara merata. Namun, tingkat kesadahan air 2 – 12 dGH direkomendasikan untuk merawat tanaman ini.

Perawatan akuarium dengan mengganti air secara berkala di perlukan untuk menjaga kondisi air tetap stabil. Intensitas mengganti 10-20% air bisa di lakukan seminggu sekali dengan di sertai membersihkan kotoran-kotoran yang ada di akuarium.

Menanam

Amazon Sword tumbuh paling baik di substrat yang longgar, gunakan pasir malang yang kasar atau alternatif yang baik dapat di gunakan kerikil untuk media tanam pengganti pasir. Substrat yang dipilih harus memiliki kedalaman 2,5 – 3 inci (6 – 8 cm) di dasar tangki.

Tujuan dari kedalaman minimal 6 cm karena akar Amazon Sword akan tumbuh besar dan luas. Akar tanaman ini bisa tumbuh dalam dan lebar di dalam akuarium, maka dari itu kedalaman substrat yang cukup membantu tanaman ini tumbuh dengan baik.

Berikan jarak antara Amazon Sword dengan tanaman lainnya, karena AS dapat merusak akar tanaman lain yang ada di dekatnya. Akar tanaman ini akan mengikat akar tanaman lain yang ada di dekatnya, jika ingin menanam tanaman lain di sekitar AS, maka biarkan tanaman AS berada di dalam pot agar akar tanaman ini tidak menjalar di substrat.

Kesalahan yang sering terjadi pada saat menanam Amazon Sword adalah bagian mahkota putih antara akar dan batang ikut terkubur dalam substrat. Jika ini terjadi akan membuat tanaman ini busuk dan mati. Tetap pastikan mahkota putih berada di atas substrat pada saat menanam AS. Jika di lihat dari gambar di atas bagian yang di kubur maksimal sampai ujung akar yang berwarna coklat tepat di bawah mahkota putih.

Merawat

Jika penanaman di lakukan dengan benar tidak di perlukan perawatan khusus untuk Amazon Sword tumbuh dengan baik. Selain faktor pencahayaan yang sudah di jelaskan di atas dan kondisi akuarium yang stabil biasanya tanaman ini akan tumbuh dengan baik.

Masalah klasik yang terjadi saat merawat tanaman dalam air adalah tumbuhnya alga. Karena tanaman ini memiliki daun yang cukup keras jika sudah terlihat alga menempel di daun dapat di bersihkan dengan cara di sikat menggunakan sikat gigi bekas yang memiliki ujung lembut.

Jika mendapati tanaman mulai layu, ini biasanya terjadi saat awal tanam dan biasanya terjadi karena kondisi air awal dan kondisi air yang baru jauh berbeda, solusinya dapat di berikan pupuk agar tanaman dapat kembali segar. Dapat juga dengan memotong daun yang sudah layu, Potong hingga ujung batang jangan hanya daun atau sebagian daun yang di potong.

Memangkas

Memangkas atau memotong tanaman agar tidak tumbuh terlalu panjang sudah biasa di lakukan pas scaper, begitu juga dengan tanaman Amazon Sword, perlu juga di pangkas jika daun sudah mulai tinggi.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas jika amazon sword mampu tumbuh hingga lebih dari 50 cm maka jika di tanam di akuarium dengan tinggi hanya 40 cm akan membuat daun AS keluar dari akuarium. Pangkas daun yang sudah mulai panjang. Pemangkasan daun di lakukan dengan memotong seluruh daun hingga ujung batang yang berada di mahkota putih. Jika daun hanya di potong sebagian akan percuma karena nantinya sisa daun akan membusuk dan mati.

Salah satu cara agar tanaman ini tidak tumbuh dengan cepat adalah menanamnya dalam pot kecil kemudian baru di kuburkan dalam substrat. Dengan cara ini Amazon Sword akan tumbuh lambat sehingga tidak perlu sering-sering memotong daun AS.

Sumber Artikel :

https://tankaddict.com/amazon-swords/
https://aquariumbreeder.com/amazon-sword-plant-care-guide-planting-growing-and-propagation/
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: