22 November 2021

Kokiku Sayang Melayang (Lagi).

Selamat datang dan terimakasih sudah berkunjung ke blog lovedfish.com. Semoga pembaca yang baik dan kece-kece senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan di mudah-kan segala urusan. Aamiin...


Beberapa tahun lalu ikan mas koki yang saya pelihara mati gara-gara kekurangan oksigen artikelnya ada di sini, beberapa waktu lalu giliran ikan koi yang mati juga sama karena kekurangan oksigen. Artikelnya ada di sini.

Hari ini kami 4 November 2021 giliran ikan koki yang saya jual mati tidak cuma 1 atau 2 ekor tapi massal, hampir ikan mas koki dalam satu akuarium mati. Alhamdulillah Allah masih memberi kesempatan beberapa ikan mas koki yang saya jual masih mampu bertahan hidup. Ya banyak ikan koki yang kami jual mati karena pompa air gak jalan setelah lampu mati beberapa saat. Ketika lampu nyala pompa air ndak ikut nyala.

Masalah klise pompa air harus di ketuk-ketuk dulu supaya kipas mau jalan. Masalah pompa air ini terjadi biasanya ada beberapa faktor diantaranya :

1. Usia pompa air yang sudah tua.

Usia pompa air yang sudah tua biasanya dinding impeller sudah mulai aus sehingga menyebabkan rongga di bagian impeller lebih lebar. Perlu di ketahui pompa air yang kami pakai sudah lebih dari 3 tahun penggunaan.

2. As Impeller yang sudah mulai aus.

Jika As Impeller sudah aus pasti akan membuat performa pompa air kurang maksimal. Jika ausnya sudah parah As Impeller biasanya akan patah. Jika kondisi pompa air masih bagus bisa di ganti as impeller dengan ruji motor atau di belikan sparepartnya.

3. Karet As Impeller yang sudah rusak atau tidak terpasang dengan benar.

Hal ini juga bisa menyebabkan masalah jika karet as impeller tidak terpasang dengan benar atau tidak di pasang sama sekali karena tanpa karet as, impeller tidak berotasi stabil atau bahasa rumitnya "koclak".

Masalah-masalah di atas sebenarnya dapat di atasi dengan menambahkan pompa udara atau aerator untuk mengantisipasi jika terjadi listrik mati kemudian ketika listrik nyala kondisi mesin tidak mau jalan. Dengan adanya pompa udara setidaknya masih ada aliran oksigen di dalam air sehingga ikan-ikan yang di pelihara mampu bertahan, apalagi ketika posisi tidak ada orang di rumah.

Pompa udara sendiri sekarang sudah ada berbagai model daya listriknya. Sobat bisa baca artikelnya di sini untuk jenis pompa udara yang ada.

Kembali ke kokiku sayang melayang. Masalah utama yang menyebabkan ikan-ikan yang kami pelihara dan kami jual adalah karena :

  • Terlalu banyak ikan dalam satu akuarium ukuran hanya 80*40*40.
  • Ukuran ikan yang sudah besar dan usia dewasa sehingga membutuhkan oksigen yang banyak.
  • Jenis ikan koki yang rentan terhadap kurangnya arus dan oksigen.
  • Hanya mengandalkan pompa air yang rentan mati ketika listrik mati kemudian nyala lagi.
  • Tidak adanya tambahan aerator untuk memberikan oksigen tambahan. 

Semoga dari pengalaman di atas bisa sebagai tambahan pengetahuan untuk sobat pecinta ikan hias dalam merawat ikan supaya kejadian yang kami alami tidak terjadi pada ikan-ikan yang sobat pelihara. Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: