20 Februari 2017

Apa Itu Infusoria?

commons.wikimedia.org
Ketika sobat pencinta ikan hias memulai untuk memijahkan ikan, setelah ikan berhasil di pijahkan tantangan pertama adalah pemberian pakan untuk burayak atau anakan ikan. Ya pasti untuk ukuran anak ikan yang sangat kecil butuh pakan yang kecil pula. Jenis makanan untuk anakan ikan adalah Infusoria. Di kutip dari en.wikipedia.org, Infusoria adalah istilah kolektif untuk makhluk air seperti ciliates, euglenoid, protozoa, alga uniseluler dan invertebrata kecil yang ada di kolam air tawar. Beberapa penulis (misalnya, B├╝tschli) menggunakan istilah sebagai sinonim untuk Ciliophora. Dalam klasifikasi formal modern, istilah ini dianggap usang; mikro organisme yang sebelumnya termasuk dalam Infusoria sebagian besar di kelompokan ke Protista. Protista sendiri masuk dalam kelompok polyphyletic. Dalam bahasa yang lebih sederhana Infusoria merupakan makhluk hidup yang hidup di air dengan ukuran sangat kecil atau mikro, karena ukuran yang sangat kecil (antara 25-300 micron) jadi bisa untuk di makan burayak atau anakan ikan.
Bagi sobat yang ingin mencoba untuk budidaya ikan seperti ikan guppy, Beta atau cupang, ataupun ikan lainnya sebaiknya siapkan dahulu Infusoria untuk burayak yang akan menetas 3-4 hari sebelum ikan menetas. Di alam bebas infusoria hidup di perairan tawar dan banyak ditemukan di daerah persawahan yang sudah di panen atau di perairan yang mengandung bahan organik tercemar. makanan bagi infusoria adalah bakteri, ganggang renik, detritus halus atau juga protozoa lain yang berukuran lebih kecil.

Bagi sobat pencinta ikan hias yang ingin mengkultur infusoria untuk makanan benih ikan bisa coba neh langkah-langkah sederhana kultur infusoria menggunakan kool atau sawi berikut :
  • Langkah pertama siapkan wadah untuk mengkultur infusoria. Sobat bisa menggunakan botol bekas ukuran 1,5liter yang di potong bagian atasnya.
  • Langkah kedua siapkan juga kool atau sawi yang sudah busuk, jika sobat tidak menemukan sawi busuk, alternatif lainnya dengan merebus dulu kool atau sawi sebelum di gunakan untuk mengkultur infusoria.
  • Langkah ketiga Masukkan kool atau sawi ke dalam botol yang sudah di siapkan kumudian di isi air sekitar 1 liter.
  • Langkah ke empat letakkan atau simpan botol yang sudah di isi kool atau sawi ke tempat yang kena panas matahari langsung selama kurang lebih 3 hari.
  • Setelah 3 hari akan kelihatan hewan-hewan kecil yang berenang di permukaan air. itulah yang di namakan infusoria. Infusoria yang sudah ada bisa di gunakan untuk burayak ikan sobat.
Gimana cukup simple khan untuk mengkultur infusoria. Sobat bisa aplikasikan cara tersebut jangan lupa tinggalkan komentar dan masukannya agar blog ini sebagai masukan bagi penulis dan sebagai tambahan ilmu untuk pembaca lainnya.

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lainnya ya. Terimakasih sudah membaca blog kami.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: