22 Februari 2017

Cara Budidaya Ikan Sumatra



Terima kasih sudah berkunjung ke blog kami. Bagi sobat yang ingin memijahkan ikan sumatra yang nantinya di gunakan sebagai salah satu usaha untuk mendapatkan rejeki atau sekadar hobi dan hanya ingin mengetahui cara ikan sumatra berkembang biak ada beberapa tahapan yang perlu anda ketahui serta harus di siapkan. di namakan sumatra karena di daerah sumatra pertama kali ikan ini di ketemukan tepatnya di perairan lampung, jambi dan riau.



Sebelum sobat pencinta ikan hias memijahkan Ikan ini hal utama yang perlu sobat ketahui adalah perbedaan jantan dan betina serta usia produktif ikan. Untuk Sumatra jantan warna lebih cerah dari betina terutama warna merah di bagian kepala dan sirip. ikan Sumatra jantan lebih terlihat ramping daripada betina. Ikan Sumatra yang sudah siap di pijahkan memiliki ukuran tubuh sekitar 5cm dengan umur di atas 6 bulan.
Jika sobat pencinta ikan hias sudah dapat mengenali perbedaan jantan dan betina tahap berikutnya adalah :

- Tempat Pemijahan.
Bagi penghobbies yang sekedar ingin mencoba memijahkan ikan sumatra bisa menggunakan aquarium ukuran (dalam cm) PxLxT 60x35x40. Kemudian aquarium di isi tumbuhan air seperti enceng gondok atau tumbuhan lain berdaun lebar untuk sarana menempelnya telur ikan. perbandingan jantan betina adalah 1:1 dengan jumlah pasangan untuk aquarium 60x35x40 4-5 pasang indukan. untuk menghasilkan telur berkualitas sebaiknya ikan indukan di beri pakan cacing sutra atau jentik nyamuk. Bagi yang ingin memijahkan sumatra skala besar dapat menggunakan bak semen ukuran 1mx1m atau 2mx1m dengan ketinggian bak sekitar 40-50 cm. untuk indukan sumatra di dalam kolam dapat di isi dengan 40-50 pasang indukan.
Pada saat pemijahan telur yang keluar sebagian akan menempel pada tumbuhan yang ada, sebagian lagi akan menempel di dasar kolam dalam sekali pemijahan induk betina bisa mengeluarkan 300 lebih telur. induk betina biasanya akan mengeluarkan telurnya di siang hari. setelah telur sumatra keluar indukan sumatra dapat di pindahkan ke tempat lain dengan arus air yang tidak terlalu besar
- Masa Pemijahan dan Pembesaran.
Telur sumatra akan menetas setelah 36 jam, 5 hari setelah telur menetas anak ikan atau burayak dapat di beri makan Infusoria. untuk hasil terbaik burayak dapat di beri pakan 5 kali dalam sehari. Jangan lupa bersihkan aquarium atau kolam dengan spon yang halus agar ikan tetap sehat dan berikan juga methalyne blue agar ikan tidak mudah jamuran. setelah mencapai umur 2 minggu burayak dapat di pindahkan ke tempat yang lebih besar untuk mengurangi kepadatan ikan dalam aquarium atau kolam. di usia 2 minggu ini sumatra akan memakan apa saja yang bisa masuk ke mulutnya yang kecil. dari infusoria bisa meningkat di berikan pakan kutu air. setelah usia 1 bulan atau dapat di lihat dari ukuran ikan berikan pakan cacing sutra atau pakan alami lainnya. bagi sobat yang memijahkan ikan sumatra untuk di jual usia 3 bulan ikan sudah dapat dijual.


Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: