24 Februari 2017

Mengenal Jenis Ikan Oscar dan Perawatannya

Meskipun memiliki memiliki nama yang sama dengan ajang penghargaan bergengsi dunia perfilman hollywood Ikan Oscar belum pernah masuk kategori apapun dalam ajang tersebut. hehe gak nyambung ya. Kembali ke laptop (kayak bapak tukul aja). Ikan Oscar atau nama latin Astronotus adalah sebuah genus ikan dari familia Cichlidae. Ada dua spesies dalam genus ini, keduanya ditemukan di Amerika Selatan. Mereka adalah omnivora dan memakan ikan kecil, moluska, dan binatang tidak bertulang belakang.
aquariumdomain.com

Spesies Oscar
- Astronotus ocellatus, terkenal sebagai ikan hias dan sering dipelihara di aquarium.
- Astronotus crassipinnis jarang diekspor dan dijual sebagai ikan hias.

Sungai Amazon dan sungai sungai lain di daerah Amerika selatan di kenal sebagai tempat di temukannya ikan Oscar. Namun ikan oscar yang beredar di Indonesia bukan ikan dari habitat semula, melainkan sudah di budidayakan oleh peternak di Indonesia tentunya. Keindahan dari ikan ini ada pada warna ikan serta motif kuning keemasan atau kuning ke merah merahan.

Jenis Oscar ada bermacam-macam diantaranya :
- Tiger Oscar
- Red Oscar
- Common Oscar
- Albino Tiger Oscar
- Albino Red Oscar
- Lutino Tiger Oscar
- Lutino Red Oscar
- Golden Oscar
- Veiltail Oscar
- Bloddy / Super Red Oscar
- Sunshine Lemon Oscar
- Strawberry Oscar
- Short Boddied / Baloon Oscar

Ikan Oscar merupakan ikan predator, jadi bagi sobat pencinta ikan yang ingin memelihara ikan oscar sebaiknya jangan di campur dengan ikan lain apalagi yang lebih kecil ukurannya, meskipun ada ikan oscar yang baik dan mau berkumpul dengan ikan jenis lain, dalam satu aquarium sebaiknya di isi oscar 1 ekor saja ketika ingin di campur dengan ikan lain, awasi ikan dalam aquarium dalam 3 jam awal setelah ikan oscar di campur dengan ikan lain, jika Oscar cenderung agresif segera pisahkan ikan oscar dari ikan lainnya sebelum pada mati di serang oscar. Jika sobat hanya ingin memelihara oscar dalam 1 aquarium usahakan jumlah ikan 1 saja atau lebih dari 4. Jika cuma 2 atau 3 oscar dalam satu aquarium ada kemungkinan ikan akan saling menyerang.

Untuk merawat ikan oscar cenderung mudah, karena ikan ini termasuk ikan yang kuat terhadap perubahan pH dan Suhu air. Namun akan lebih baik jika pH air di skala 6-7 dengan suhu air antara 26-30 derajat celcius. Ukuran aquarium untuk oscar sebisa mungkin yang besar karena ikan ini mampu mencapai ukuran 40cm dengan rata-rata panjang oscar dewasa 25-30 cm. Untuk jenis makanan Ikan oscar lebih suka makanan hidup yang ukurannya lebih kecil seperti jangkrik, cacing, atau lainnya jika susah mencari makanan hidup ikan ini juga mau di berikan palet atau udang rebon.

Hal yang unik dari oscar adalah kemampuan ikan ini untuk mengingat kapan waktunya makan ketika di pelihara, ikan ini juga bisa di latih untuk menjemput makanannya di udara, tapi jangan tinggi-tinggi di coba dulu 10-15 cm dari permukaan air.

Semoga info tentang ikan Oscar di atas menambah wawasan sobat pencinta ikan hias.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: