26 Mei 2018

Jenis Ikan Cupang



Cupang atau lebih di kenal dengan nama betta memiliki banyak sekali jenis akibat dari perkawinan silang para pemijah, ikan yang terkenal agresif jika di tempatkan bersama dalam satu aquarium ini juga sering di sebut ikan petarung itu karena mereka akan saling bertarung hingga ada salah satu yang mati. Ada beberapa cupang yang tenar di indonesia seperti halfmoon, plakat, serit, dan giant, untuk menambah wawasan selain ikan cupang yang biasa kita dapati di pasar indonesia, mari mengenal jenis-jenis ikan cupang yang lain.
  • Cupang Brunei.
    Sesuai namanya sobat pencinta ikan hias pasti sudah tahu negara asal ikan ini. Yups... Brunei, ikan dengan nama ilmiah Betta macrostoma ini juga bisa di temukan di ujung utara negara bagian Malaysia, Serawak. Sungai Mendarem dan di hutan hujan Labi daerah yang biasanya di temukan ikan ini, semuanya berada di wilayah administratif Labi yang berbatasan dengan Sarawak di selatan. Di negara asalnya Ikan ini dilindungi oleh Sultan Brunei, jika sobat pencinta ikan cupan berkunjung ke brunei jangan pulang membawa ikan ini karena apabila ada yang membawa keluar dari negara itu dapat dikenakan hukuman, tapi tetap saja ada segelintir oknum yang mengekspor ikan ini secara ilegal. Perbedaan antara cupang jantan memiliki tubuh lebih besar, warna yang lebih cerah, memiliki bentuk kepala lebih lebar dan sirip yang lebih lebar dari cupang betina.
cuapang brunei
  • Betta Rutilans
    Nah kalo cupang ini berasa dari Indonesia, sungai Mempawah dan Kepayang kalimantan barat merupakan daerah asal di temukannya cupang jenis Rutilans ini, sedangkan nama Rutilians sendiri berasal dari bahasa latin yang memiliki arti “Kemerahan” atau “Menjadi Merah”. Habitat ikan ini di rawa dan daerah dengan minim cahaya, Ikan ini dapat bertahan meski pH air minim 3.0 – 4.0. Ikan ini juga memiliki ukuran yang kecil yaitu sekitar 3-4 cm.

    Baca Juga : Apa Itu pH air untuk menambah wawasan sopat pencinta ikan hias.
Betta Rutilans
  • Betta Picta
    Satu lagi neh hewan endemik asal indonesia yaitu betta picta, adalah jenis ikan laga yang ditemukan di Deli, Medan, Sumatra Utara dan Payakumbuh, Sumatra Barat selain di Indonesia cupang jenis Picta ini juga bisa di temukan di negara Malaysia. Spotted Betta merupakan nama lain dari ikan yang masih dalam keluarga Osphomedae memiliki ukuran tubuh yang sama seperti ikan cupang yaitu sekitar 6cm
Betta Picta
    Setelah melihat ikan jenis Betta Picta apakah sobat pencinta ikan hias salah satu penggemar ikan ini?

    Hewan Endemik adalah spesies hewan alami yang mendiami suatu wilayah atau daerah tertentu yang menjadikan wilayah tersebut mempunyai ciri khas karena tidak ditemukan didaerah lain.

beberapa jenis ikan cupang yang penulis rangkum apakah salah satunya sudah menjadi koleksi sobat pencinta ikan hias? Semoga informasi diatas bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias, silahkan tinggalkan komentar sobat untuk mendukung berkembangnya blog ini, terimakasih sudah berkunjung ke blog kami.
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: