3 Juli 2021

Membersihkan kerak kaca

Ketika membeli atau membuat akuarium kaca masih terbebas dari kerak yang menempel di kaca. Akuarium tanpa kerak kaca akan kelihata bagus dan jernih airnya, beda dengan akuarium yang sudah berkerak, akuarium jadi terlihat kusam.

Kerak yang menempel di kaca ini bisa  sebabkan dari kondisi air yang mengandung banyak zat kapur dan tinggi akuarium tidak stabil. Bisa juga akibat dari percikan air yang di biarkan mengering di kaca, lama-lama akan timbul kerak kaca.

Jika kerak kaca belum begitu tebal bisa di bersihkan menggunakan cutter atau silet dengan cara di kerik secara berlahan. Namun jika kerak sudah terlalu tebal bisa gunakan cairan pembersih kerak kaca yang di jual di toko-toko ikan hias.

Untuk alternatif lainnya bisa juga menggunakan cairan pembersih porselin yang banyak di jual di mini market atau toko-toko sekitar kita. Pembersih porselin ini aman untuk lem atau sealant sebagai perekat kaca.

Kerak kaca ini berbeda dengan jamur kaca, yang di maksud jamur kaca itu bisa di lihat jika di dalam kaca ada seperti warna pelangi di lapisan kaca bagian dalam. Jika kaca sudah ada jamurnya maka sudah susah untuk di bersihkan meskipun ada yang menjual cairan pembersih jamur kaca.

Tips untuk menjaga agar kaca akuarium selalu bersih dan tidak timbul kerak kaca apalagi jamur kaca diantaranya :

  • Jaga posisi tinggi air agar tetap stabil, perbedaab posisi tinggi air akan menyebabkan kaca bagian atas yang tidak terisi air akan mudah terkena kerak kaca.
  • Bersihkan secara berkala tetesan atau percikan air yang menempel di sisi luar kaca jika sudah terlanjur ada tetesan air yang mengering segera bersihkan dengan lap atau menggunakan silet dengan cara dikerik secara perlahan.


  • Jika menggunakan lampu LED jangan terlalu lama dinyalakan Karena akan menyebabkan tumbuh lumut dan menempel di kaca. Lumut yang bercampur dengan kerak kaca lama kelamaan akan menyebabkan jamur kaca
Semoga artikel di atas membantu sobat pecinta ikan hias dalam merawat dan menjaga agar akuarium tetap terlihat jernih terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: