2 Juli 2021

Cara Merawat Ikan Mas Koki Supaya Tidak Mudah Mati

Siapa yang tidak kenal dengan ikan mas koki, ikan yang memiliki bentuk bulat nan lucu ini memang sangat mengemaskan untuk di di pelihara di akuarium sebagai koleksi. Namun sayang banyak yang merasa kesulitan merawat ikan ini karena ikan ini memang agak manja dan memerlukan beberapa perawatan sederhana agar ikan tidak mudah mati.


Berikut beberapa cara dan langkah yang perlu di perhatikan dalam merawat ikan mas koki :

Pilih Ikan Yang Sehat.

Langkah pertama yang harus di perhatikan adalah memilih ikan mas koki yang benar-benar fit atau sehat. Perlu di ketahui bahwa ikan ini mudah sekali di serang kutu ikan. Kutu ikan ini bisa berupa parasit jarum maupun kutu Argulus foliaceus. Sejenis kutu air yang ketika tumbuh menjadikan ikan sebagai inangnya.

Selain kutu atau parasit, ikan ini juga mudah terkena white spot maupun jenis jamur lainnya. Jamur white spot bisa di lihat dari fisik ikan yang terdapat bintik bintik putih di tubuhnya. Jamur ini mudah menyebar ke tubuh ikan maupun ke ikan yang lain. Untuk membedakan ikan yang sehat dan ikan yang sedang sakit bisa di cek di sini. 

Gunakan Akuarium dan Filter Yang Ideal.

Untuk merawat Ikan mas koki setidaknya gunakan akuarium yang ukurannya jangan terlalu kecil karena ikan mas koki butuh ruang gerak yang luas. Akuarium ukuran sekitar 80*40*50 cukup ideal untuk merawat ikan mas koki, meskipun ikan mas koki masih bisa di rawat di akuarium dengan ukuran yang lebih kecil.

Pastikan juga sirkulasi air bergerak optimal. pompa air dengan arus 1500-2000 liter per jam sudah cukup untuk merawat ikan mas koki. Untuk media filter standar biasanya hanya di gunakan kapas dakron untuk menjaring kotoran ikan. Untuk filter lebih optimal gunakan media filter tidak hanya kapas filter saja, tambahkan juga bio ring atau biobal untuk rumah bakteri dan batu zeolit untuk menjernihkan air.  

Pemberian Pakan Ikan.

Ikan mas koki termasuk ikan yang suka makan, jika ada makanan tersedia pasti akan di makan. Ini sangat berbahaya bagi ikan mas koki karena ketika ikan mas koki terlalu banyak makan akan menyebabkan lambung pecah dan akhirnya mati. Pemberian pakan ideal per hari 2-3 kali berikan pakan sedikit-sedikit.

Berikan palet ikan berkualitas untuk menjaga warna ikan tetap bagus, bisa di kombinasi kan dengan udang rebon kering maupun basah, blodworm dan juga maggot 3-4 hari sekali untuk meningkatkan warna dan mempercepat pertumbuhan ikan. 

Perhatikan Campuran Ikan.

Bagi pemula atau yang baru merawat ikan hias di akuarium pasti ada keinginan menggabungkan bermacam-macam ikan hias dalam satu akuarium, tidak salah juga sih, dulu juga saya begitu. Untuk ikan mas koki perlu lebih hati-hati dalam mencampur ikan ini dengan ikan lainnya karena ikan mas koki termasuk ikan damai yang mudah stres jika di campur dengan ikan-ikan lainnya. Tidak hanya itu Ikan mas koki akan sangat rentan untuk di ganggu maupun di mangsa dengan ikan lainnya.

Ada beberapa ikan yang bisa di campur dengan ikan mas koki di antaranya Ikan Kaviat, ikan Manfish, Blackghost, Sejenis ikan mas lainnya juga bisa di campur.  

Bersihkan Akuarium Secara Berkala.

Kebersihan akuarium perlu di perhatikan dalam merawat ikan tidak hanya ikan mas koki saja segala jenis ikan. Ganti atau cuci ulang kapas filter setidaknya dua minggu sekali, bersihkan media filter lainnya juga. Secara berkala ganti volume air sekitar 10-20% satu minggu sekali.

Dalam merawat dan membersihkan akuarium jangan sekali-kali mengganti air dalam akuarium 100% setidaknya sisakan air lama minimal 20%. Jika air dalam akuarium di ganti total dengan air baru bisa menyebabkan ikan mati karena stres harus adaptasi ulang atau kadar oksigen dalam air kurang juga bisa menyebabkan ikan mati.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: