28 Juni 2021

Fungsi dan Manfaat Batu Zeolit

Deskripsi

therawchef.com/liquid-zeolite


Nama batu zeolit mungkin sudah akrab di dengar di kalangan pecinta ikan hias, bagi sobat yang baru di dunia ikan hias mungkin rada asing mendengar kata zeolit. 
Batu Zeolit merupakan batu alam yang di olah sedemikian rupa sehingga memiliki kandungan hydrated silicates calcium, alumunium, sodium dan potassium. 

Kemasan

Di pasaran atau toko-toko ikan hias, biasanya batu ini di jual sudah dalam packingan berupa butiran batu zeolit kecil-kecil yang kemudian di bungkus kain jaring atau polynet agar lebih memudahkan untuk di aplikasikan di akuarium.
Jika kebutuhan batu zeolit banyak tersedia juga batu zeolit yang masih berupa bongkahan besar, ini biasanya di jual per kilo atau per kandi dan di aplikasikan untuk penggunaan di dalam kolam.

Manfaat Batu Zeolit.

Batu zeolit memiliki kemampuan untuk menyerap kandungan amonia dengan cara mengikat ion-ion amonia ke dalam pori-pori batu. Dengan kemampuan mengikat amonia berbahaya akan mampu membuat ikan-ikan tumbuh sehat. Karena kemampuannya ini sangat di sarankan untuk meletakkan posisi batu zeolit di bagian paling akhir dalam penataan filter. Selain mengurangi amonia batu zeolit juga mampu menjernihkan air dalam akuarium,  membuat suhu air stabil dan juga mampu mengurangi bau amis dalam akuarium.
Selain untuk dunia perikanan batu zeolit di sebut-sebut memiliki mineral serba guna yang sangat bermanfaat juga untuk perindustiran maupun pertanian atau perkebunan. Karena salah satu fungsi zeolit adalah menjernihkan air maka batu zeolit juga bisa di manfaatkan untuk pengolahan air bersih.

Cara Menggunakan Batu Zeolit 

Untuk penggunaan dalam akuarium bisa di posisikan ke dalam cember di urutan paling akhir. Untuk lebih mudahnya saya bagi 3 ketegori filterasi dalam akuarium maupun kolam.
1. Untuk menyaring kotoran dan partikel lainnya yang dapat di lihat dengan mata.
Pada bagian awal ini bisa di gunakan jaring nelayan, kapas dakron dan japmat. bisa di guanakan ketiganya atau salah satu.
2. Untuk tempat singgah bakteri pengurai dan menempelnya partikel kotoran halus.
Ada banyak pilihan untuk di tempatkan dalam filter bagian ke dua ini di antaranya batu apung, karang jahe, bio ring, bio ball, kalnes.
3. Untuk membunuh bakteri agar tidak kembali ke kolam ikan dan sebagai penjernih air.
untuk bagian akhir inilah tempat batu zeolit berada, bisa di padu juga dengan menggunakan karbon aktif sebagai pelengkap.

Masa Pakai Batu Zeolit

Batu zeolit juga memiliki titik jenuh atau masa pakainya. tidak ada perkiraan waktu pastinya berapa lama. untuk lebih aman dalam pemakaian jangka panjang setidaknya ganti batu secara berkala antara 3-6 bulan sekali.
Bisa juga dengan menggunakan rendaman air garam dalam ember terpisah. Caranya isi air campur dengan garam ikan. Untuk takaran 100gr garam ikan di campur dengan 4-5 liter air, kemudian rendam batu zeolit yang sudah lama di pakai selama sekitar 24 jam. setelah itu keringkan batu zeolit dan setelah kering bisa di gunakan lagi. Rendaman air garam ini dapat melepaskan amonia yang menempel di batu zeolit.

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: