6 Februari 2017

Ciri Ciri Ikan Sehat

Ciri Ciri ikan Sehat
Mengetahui ciri-ciri ikan yang sehat sangat penting bagi sobat pencinta ikan hias, apalagi jika sudah memiliki ikan hias sebagai koleksi dan ingin membeli ikan sebagai tambahan koleksi di akuarium atau kolam, jangan sampai akibat membeli ikan baru yang tadinya sebagai tambahan koleksi justru akan mengurangi koleksi ikan hias sobat karena ikan terserang penyakit dan menular ke koleksi ikan yang sudah ada. Atau mungkin sobat ingin sekedar memperhatikan koleksi ikan yang ada di akuarium atau kolam apakah dalam keadaan sehat atau sakit.
Ciri ciri ikan sehat yang bisa di lihat secara langsung/di raba di antaranya :
Warna ikan cerah.
Ciri Ciri Ikan Sehat
ferboes.com

Ikan yang sehat memiliki warna yang cerah tidak mengkilap, ikan yang terlihat mengkilap justru kemungkinan banyak mengandung lendir di tubuhnya, terlalu banyak lendir ini justru menandakan kalau ikan tidak sehat.

Gerakan lincah.

Gerakan lincah yang di maksud adalah ikan tidak lesu atau kurang bergairah. Ada trick khusus untuk melihat ikan ini lincah atau tidak. Ketika sobat dekati ikan biasanya ikan yang sehat akan mendekat, ktika sobat tepuk aquarium ikan akan kaget dan bergerak reflect secara tidak beraturan. Tapi jangan terlalu sering aquarium di tepuk untuk membuat ikan kaget, justru hal ini akan membuat ikan stress.

Ikan yang sering melompat-lompat ke atas permukaan merupakan salah satu indikasi ikan sakit

Sirip ikan tidak kuncup.

Ikan yang sehat sirip ekor ikan baik sirip atas/sirip belakang biasanya akan mengembang, Jika sirip ikan kuncup ini bisa terjadi karena kualitas air yang kurang bagus, coba lakukan pergantian air sekitar 70-80% dan bersihkan akuarium atau kolam dari segala jenis kotoran.

Ikan tidak berlendir/sedikit lendirnya.

Tidak ada lendir di tubuh ikan juga salah satu indikasi ikan tidak sehat, ketika sobat pegang ikan yang sehat maka kandungan lendir di tubuhnya hanya sedikit dan lendir tidak banyak menempel di tangan sobat pencinta ikan hias.

Mata ikan jernih.

Pastinya bisa membedakan mata ikan yang jernih dan tidak. Ada selaput putih di mata atau mata kelihatan agak berlubang menandakan ikan terinfeksi jamur, jadi pastikan mata ikan kelihatan jernih dan tidak berselaput.

Tidak menyendiri.

Untuk ikan yang menyendiri dan suka menggesek-gesekkan tubuhnya di akuarium atau sesuatu yang ada di dalamnya maka ikan ini tidak sehat.

Warna insang tidak hitam.

Ciri Ciri Ikan Sehat
Insang ikan yang sehat biasanya berwarna merah hati tidak kehitaman.

Tidak ada bercak putih.

Ciri Ciri Ikan Sehat
White Spot
Bercak putih / biasa di sebut white spot menandakan ikan terserang jamur. penyakit ini akan dengan cepat menular ke ikan yang lain ketika tidak segera di obati.
Dengan membaca ciri ciri ikan hias yang sehat tadi semoga sobat pencinta ikan hias dapat memilih ikan yang sehat untuk di pelihara dalam akuarium atau kolam di rumah. Terima kasih sudah berkunjung ke lovedfish.com Semoga informasi di atas bermanfaat bagi sobat pencinta ikan hias. Jangan Lupa Bagikan artikel ini ke teman atau saudara untuk menambah wawasan bagi sesama pencinta ikan hias.

Baca Juga : Jenis-jenis Penyakit Ikan Hias


Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: