13 September 2022

Mengenal dan Merawat Trichogaster Lalius (Dwarf Gourami)

Deskripsi

Dwarf Gourami atau gurami kerdil tapi di Indonesia sering di sebut dengan ikan sepat lalius atau Lalius saja. Ikan kecil dengan perpaduan warna kuning oranye merah biru yang menawan dan perawatan yang tidak sulit menjadikan mereka menjadi salah satu ikan favorit untuk di rawat di akuarium.

keindahan warna warni gurami kerdil atau lalius ini yang menjadikan daya tarik untuk memeliharanya. Lalius juga tergolong ikan pemalu dan mudah untuk  beradaptasi dengan lingkungan baru. Faktor ini menjadikan mereka di sukai penghobi ikan hias karena mudah dalam merawatnya.

Meskipun di katakan kerdil, ukuran Lalius bisa mencapai 8,8 cm atau 3,5" meskipun ukuran standar mereka dalam akuarium biasanya hanya mampu mencapai ukuran 5-6cm. Untuk ukuran ikan jenis gurami ukuran ini memang tergolong kecil.

Ikan yang berasal dari Asia Selatan tepatnya dari Pakistan, India dan Bangladesh ini sudah banyak di temukan di Indonesia. Di habitat asal, mereka mendiami anak sungai, sungai maupun danau yang memiliki aliran air lambat dan dengan vegetasi yang berlimpah.

Vegetasi dalam ekologi adalah istilah untuk keseluruhan komunitas tetumbuhan di suatu tempat tertentu, mencakup baik perpaduan komunal dari jenis-jenis flora penyusunnya maupun tutupan lahan yang dibentuknya. Sumber : Wikipedia

Menurut berbagai sumber masa hidup Lalius sekitar 4-6 tahun, namun ikan lalius yang sudah di rawat dalam akuarium atau di penangkaran biasanya hanya mampu bertahan 1 hingga 2 tahun, Proses pemijahan yang tidak alami akan memperpendek usia ikan.

Ukuran Akuarium

Untuk merawat Lalius tidak di perlukan akuarium besar, ini karena ukuran ikan yang kecil. Akuarium dengan kapasitas minimal 50 liter sudah cukup untuk merawat mereka. Kapasitas 50 liter jika di konversi ke dalam akuarium bisa menggunakan rumus P x L x T (dalam cm) / 1000. Berdasar rumus di atas maka akan di peroleh akuarium ukuran sekitar 60*30*30 dengan ketinggian air sekitar 28cm.

Kondisi Air

Kondisi air yang baik akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang ikan Lalius atau Dwarf Gourami. Di habitat asal mereka, sebagian besar ikan Lalius mendiami lingkungan yang lamban dan bervegetasi tinggi termasuk kolam, rawa, parit, sungai dan saluran irigasi.

Suhu air ideal di antara 72 – 82°F atau sekitar 22 – 27°C. Ikan Lalius liar cenderung menghuni lingkungan yang mengandung air yang lembut dan asam. Ikan yang dibesarkan di tangki lebih mudah beradaptasi dan biasanya dapat dipelihara dengan pH air berkisar 6,0 – 7,5. Untuk tingkat kekerasan air di antara 2 – 18°H

Kesadahan air / kekerasan air adalah kandungan mineral-mineral tertentu yang terdapat di dalam air, biasanya berupa ion kalsium (Ca) dan magnesium (Mg) dalam bentuk garam karbonat. Air sadah atau air keras adalah air yang memiliki kadar mineral yang tinggi, sedangkan air lunak adalah air dengan kadar mineral yang rendah.

Untuk menjaga kondisi air stabil dapat dilakukan perawatan air dengan secara berkala mengganti air sekitar 25% seminggu sekali dan bersihkan selalu media filter ketika sudah kotor atau setiap 3-4 minggu sekali. Tambahan heater untuk menjaga suhu air stabil bisa di gunakan jika di perlukan.

Pengaturan Akuarium

Setiap ikan yang di rawat di akuarium akan merasa nyaman jika kondisi akuarium di setting sesuai dengan kondisi di alam liar tempat mereka di temukan. Seperti sudah di jelaskan sebelumnya jika ikan Lalius senang berada di dalam air dengan arus lambat maka yang pertama perlu di perhatikan adalah ukuran pompa air. Gunakan pompa air dengan kecepatan atau arus air lambat sampai sedang.

Kemudian kondisi alam yang bervegetasi sangat di sukai ikan Lalius jadi sobat lovedfish bisa setting akuarium dengan beberapa tanaman air dan pasir halus di bagian dasar. Bisa di tambahkan juga akar tenggelam dan ornamen alami lainnya.

Untuk pencahayaan, Ikan lalius bukan ikan yang menyukai area terang sehingga di rekomendasi-kan untuk mengurangi cahaya yang terlalu intens.

Merawat Ikan

Ikan Lalius merupakan ikan pemalu yang tidak menyukai aliran air deras, jadi perlu di perhatikan ukuran pompa air dengan ukuran akuarium untuk merawat mereka. Pompa air jenis Hang On atau Internal filter lebih di utamakan untuk merawat mereka di bandingkan dengan jenis filter konvensional.

Ikan Lalius juga menyukai tempat teduh dan banyak tempat untuk sembunyi mengingat karakter ikan yang ini sangat pemalu, tambahan tanaman dan kayu serta tempat berongga untuk mereka sembunyi bisa di jadikan dekorasi akuarium sobat lovedfish. Subtrat gelap dan vegetasi mengambang juga di sarankan untuk merawat mereka.

Makanan Ikan

Sama seperti ikan gurame yang biasa di konsumsi oleh manusia, Trichogaster Lalius merupakan ikan omnivora di habitat asal mereka. Biasanya mereka akan memakan Invertebrata kecil, gangang, perifiton lainnya.

Ketika merawat mereka di akuarium, mereka akan menerima makanan ikan yang di berikan baik itu berupa pelet ikan, udang kering atau berbagai jenis makanan ikan lainnya. Berikan pakan ikan berkualitas sehari cukup 2 kali saja secukupnya untuk di habiskan ikan dalam waktu kurang lebih 10 menit. Jika masih ada sisa makanan bisa segera di bersihkan agar tidak menjadi racun bagi ikan yang di pelihara dan menjaga kualitas air tetap terjaga.

Jika sobat lovedfish ingin menjaga kualitas warna ikan dan menjaga kesehatan ikan, kombinasi pakan pelet berkualitas dengan pakan alami seperti cacing darah, Jentik nyamuk, udang rebon (udang kering) bisa di berikan kepada mereka.

Perilaku Sosial

Seperti di jelaskan sebelumnya jika Ikan lalius merupakan ikan pemalu bahkan sangat pemalu, maka akan sangat sulit menjadikan mereka spesies komunitas, meskipun beberapa ikan bisa di campur dengan mereka. Untuk memelihara mereka pertama ada baiknya memelihara mereka secara berpasangan 1 jantan dan 1 betina, jika memelihara mereka jantan semua ada kemungkinan mereka akan bertengkar 1 sama lainnya.

Jika sobat lovedfish akan memelihara lalius dalam akuarium kecil, jadikan ikan Lalius sebagai penghuni utama akuarium tersebut dan tidak di perlukan penambahan ikan yang lain bahkan ikan kecil seperti guppy atau ikan betta jantan pun dapat menyerang ikan lalius.

Untuk akuarium ukuran sedang, ikan-ikan yang cocok menemani Lalius adalah jenis ikan rasbora seperti Harlequin Trigonostigma heteromorpha, Galaxy Rasbora. ikan dari keluarga Loach seperti clown loach atau botia badut, botia histrionica, Botia sidthimunki merupakan pilihan yang tepat untuk menemani ikan lalius sobat lovedfish. Udang karidina (Cherry shrimp) dan sejenis juga cocok untuk menemani lalius, beberapa jenis ikan tetra, corydoras, jenis rainbowfish bisa juga di jadikan dalam satu akuarium.

Jika sobat lovedfish memiliki akuarium yang cukup besar sekitar ukuran 100*50*50, ikan Lalius dapat lebih di explore dengan campuran ikan lainnya. Usahakan jika ingin mencampur ikan dalam satu tank, mereka memiliki karakter yang hampir sama untuk lebih memudahkan sobat lovedfish dalam setting tanknya.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Dwarf_gourami
https://www.seriouslyfish.com/species/trichogaster-lalius/
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: