18 Juli 2022

Mengenal dan Merawat Ikan Amandae (Ember Tetra)

Deskripsi.

Jenis ikan tetra adalah salah satu ikan paling populer bagi penghobi ikan hias. Salah satu ikan hias jenis ini yang paling menarik adalah amandae atau Ember Tetra. Lembah sungai Araguaia di Brasil Tengah merupakan tempat pertama kali di temukan ikan Amandae.

Pertama kali di temukan pada tahun 1987 oleh Heiko Bleher. Pemberian nama Amandae mengacu pada nama ibu Heiko Bleher yaitu Amanda. Dalam eksplorasi di lembah sungai araguaia, Bleher sendiri tidak menemukan spesies tersebut tetapi bekerja secara ekstensif dengan spesies ikan lain di Amerika Selatan.

Mereka suka di daerah dengan jumlah vegetasi yang sangat tinggi dan memiliki arus yang rendah. Jadi mereka sangat cocok untuk akuarium dengan banyak tanaman untuk berlindung dan beberapa kayu maupun batu sebagai hiasannya.

Ember Tetras (Hyphessobrycon Amandae) adalah ikan yang cukup menarik perhatian dengan warnanya yang dapat menerangi akuarium apa pun, selain itu temperamen ikan yang damai menjadikannya pilihan tepat untuk akuarium komunitas mana pun.

Jika sobat lovedfish ingin mencari ikan yang unik, cantik dalam berkelompok dan mudah dalam perawatannya, maka ikan amandae salah satu ikan yang kami rekomendasikan untuk di pelihara. Warna oranye cerah merupakan daya tarik utama ikan ini. ada juga yang menyebut Ember tetra dengan sebutan tetra api karena warnanya.

Jika sobat lovedfish baru pertama kali memelihara ikan, mungkin salah satu pilihan ikan yang harus di pelihara adalah ikan amandae, ikan ini selain warnanya yang bagus juga memiliki daya tahan yang cukup baik terhadap berbagai kondisi air sehingga mereka tidak rentan terhadap penyakit ikan.

Merawat Ikan Amandae.

Merawat ikan Amandae atau ember tetra tidak membutuhkan keahlian khusus karena mereka juga merupakan ikan yang memiliki daya tahan yang tinggi serta mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air. bagi sobat lovedfish yang masih atau baru pertama kali merawat ikan juga tidak perlu khawatir jika ingin memelihara Amandae.

Inti dari merawat ikan adalah pertahankan kualitas air dan sesuaikan ikan dengan habitat asalnya ketika merawat di dalam akuarium. Di tempat asal Amandae merupakan sungai dengan aliran air yang lambat serta di penuhi dengan berbagai tanaman untuk mereka berlindung. Vegetasi yang lebat ini yang membuat mereka nyaman.

Selain tanaman yang di butuhkan mereka juga menyukai dasar sungai berlumpur atau batu kerikil. Untuk merawat mereka di akuarium, hal-hal di perlukan adalah meniru se-mirip mungkin dengan habitat asal Amandae.

Ketika merawat mereka di akuarium perlu meniru kondisi akuarium semirip mungkin dengan habitat asal mereka. Untuk tanaman air sobat lovedfish bisa menggunakan tanaman seperti java moss, java fern atau anacharis. Substrat berupa pasir halus beserta batu kerikil kecil bisa di jadikan tambahan untuk akuarium sobat.

Kondisi Air.

Kondisi air yang stabil sangat berperan penting untuk kehidupan segala jenis ikan yang sobat lovedfish pelihara. pH air, tingkat kekerasan air, suhu air perlu di jaga agar tetap stabil sehingga membuat ikan nyaman di akuarium.

Untuk merawat Ikan Amandae, pH air yang di sukai mereka di kisaran 5,5 - 7. Sedangkan tingkat kesadahan air tidak lebih dari 18dH. Tingkat suhu air stabil di antara 20 - 28°C. Untuk suhu air bukan berarti jika dari dari suhu 28°C kemudian turun langsung 20°C bisa di toleransi oleh ikan.

Bayangkan kita sebagai manusia yang mudah terserang flu jika kondisi cuaca sering hujan dan panas tidak beraturan, itu juga berlaku bagi ikan. Meskipun Amandae mentoleransi suhu antara 20-28°C namun jika tingkat perubahan suhu terlalu ekstrim juga tidak baik bagi ikan yang di pelihara. Jika memerlukan tambahan alat sobat lovedfish bisa menggunakan heater untuk menjaga suhu air stabil.

Kebutuhan akan cahaya yang terang bukan hal yang wajib bagi Amandae, bahkan jika cahaya yang masuk ke akuarium terlalu terang biasanya mereka akan sembunyi di antara pepohonan untuk menghindari cahaya.

Ukuran Akurium.

Ikan Amandae merupakan ikan yang suka bebas berenang dan sesekali sembunyi di antara dedaunan. Untuk membuat mereka nyaman tangki dengan kapasitas 40 liter sudah cukup untuk menampung sekelompok ikan amandae atau sekitar 10 ekor, jika ingin di campur dengan ikan lain kapasitas bisa di tingkatkan menjadi 80-100 liter. Untuk lebih mudahnya sobat bisa menggunakan akuarium ukuran 50*30*30 atau yang lebih besar lagi.

Ketinggian akuarium tidak begitu bermasalah bagi ikan Amandae, yang perlu di perhatikan adalah ukuran pompa air. Mengingat di habitat asal ikan Amandae mereka suka di perairan lambat maka ketika di akuarium gunakan pompa air yang sesuai juga.

Perawatan Akuarium.

Kondisi air yang terjaga, Filterasi yang bagus, air yang jernih pasti di dambakan penggemar ikan hias. Supaya kondisi air tetap jernih dan kualitas air tetap terjaga maka diperlukan perawatan akuarium secara berkala.

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya jika Ikan Amandae senang di daerah yang banyak tanaman dengan arus air yang lambat, setelah kondisi terpenuhi pastinya perlu perawatan rutin untuk menjaga ikan dan tanaman di dalamnya dapat tumbuh dengan baik.

Untuk menjaga kualitas air pastikan untuk mengganti sekitar 20-30% air setiap minggu, bersihkan juga media filter secara berkala untuk menjaga agar "bakteri jahat" yang ada di media filter tidak berkembang biak dan menyebabkan jamur pada ikan.

Tanaman air yang ada di akuarium juga perlu di potong secara berkala jika terlihat sudah tumbuh besar dan banyak, selain menjaga agar akuarium tetap rapi juga bermanfaat untuk tanaman sendiri. Semakin besar tanaman tentunya akan semakin membutuhkan nutrisi yang banyak setidaknya dengan memotong tanaman secara berkala akan mengurangi kebutuhan nutrisi pada tanaman. 

Makanan.

Sobat lovedfish pastinya dalam memelihara ikan ingin mereka berkembang dan tumbuh dengan baik serta berumur panjang. Pemberian makan seimbang untuk Ember Tetra agar terpenuhi vitamin dan nutrisinya pastinya akan membuat mereka tumbuh dengan baik.

Untuk memenuhi diet yang baik, campuran antara pakan alami dan pellet yang bagus tentunya dapat menjadi makanan yang bagus untuk mereka. Cacing kering, udang kering dan pakan pellet buatan yang tinggi protein dan vitamin dapat di jadikan menu sehari-hari untuk mereka. Sesekali dapat juga di padukan dengan pakan alami berupa daphnia dan udang air asin untuk sumber protein mereka.

Ketika di dalam tank tempat mereka di pelihara terdapat tanaman air berdaun lunak mungkin sobat lovedfish akan melihat jika amandae akan memakan tanaman yang ada. Ini tidak akan menjadi masalah dan sobat lovedfish tidak perlu khawatir. Mereka juga tidak akan memakan tanaman secara berlebihan jadi jangan khawatir tanaman akan rusak dan mati karena di makan amandae.

Pemberian pakan untuk mereka dapat di lakukan 2-4 kali sehari. Saya sendiri biasanya memberi pakan ikan-ikan yang saya pelihara 2-3 kali sehari. Berikan pakan secukupnya untuk dapat di makan dan dihabiskan dalam waktu 10 menit.

Salah satu yang akan menjadi masalah dalam merawat ikan dan ini sering terjadi adalah pemberian pakan berlebih yang berakibat di warna air yang kuning keruh jika itu berupa pakan pellet dari tepung. Selain membuat warna air menjadi kuning kecoklatan dan keruh kondisi ini juga tidak baik untuk ikan-ikan yang sobat lovedfish pelihara. Mereka dapat dengan mudah terserang penyakit akibat dari kondisi air yang tidak baik.

Perilaku Sosial

Ikan Amandae (Ember Tetra) merupakan ikan yang damai dan ramah, mereka hampir bisa berkumpul dengan ikan lainnya yang bukan predator. Jika sobat lovedfish ingin memelihara mereka setidaknya tempatkan dalam satu akuarium setidaknya 8 ekor atau lebih untuk menjaga mereka merasa nyaman di akuarium dan dapat mengurangi stres secara signifikan daripada memelihara mereka dalam jumlah sedikit.


Sobat lovedfish akan melihat Amandae kompak berenang di bagian tengah akuarium. Ini membuiat mereka mudah terlihat di dalam akuarium meskipun dalam berkelompok, mereka berenang tidak beraturan.

Ketika di akuarium Amandae di campur dengan jenis tetra lain, mereka dengan senang hati akan bermain dan saling berinteraksi. Namun jangan di campur dengan ikan yang memiliki ekor panjang sejenis sword fish, Angel fish atau ikan lain yang memiliki ekor panjang, meskipun tidak di gigit sampai merusak sirip ikan. Biasanya mereka akan mengejar dan mengganggu ikan-ikan bersirip panjang.


Pygmy Cory atau Corydoras kecil lainnya yang hidup di dasar akuarium cocok untuk di jadikan teman tangki bagi Amandae. Ikan-ikan damai lainnya dari keluarga Characidae juga cocok di jadikan teman. Ikan-ikan lain seperti Kapak air tawar (Hatchetfish),  Dwarf Cichlids, Neon Tetra, Cardinal Tetra, Rasbora juga dapat di jadikan satu dengan mereka.

Ikan berukuran besar sebenarnya juga aman di campur dengan Amandae selama mereka bukan ikan predator. Intinya untuk di jadikan teman tangki ikan Amandae adalah bukan ikan predator dan tidak memiliki sirip panjang.

Udang Cherry atau siput kebanyakan tidak masalah untuk di jadikan satu tangki dengan Amandae. Yang penting pada saat memelihara undang maupun siput pastikan tanaman sobat lovedfish aman dari serangan mereka.

Referensi Artikel :

https://www.aquariumsource.com/ember-tetra/
https://www.fishkeepingworld.com/ember-tetra/
https://www.everythingfishkeeping.com/ember-tetra/
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: