29 Januari 2023

Mengenal dan Merawat Ikan Glofish Tetra

Glofish Tetra, ikan yang mulai masuk Indonesia dan langsung mendapatkan minat para pecinta ikan hias mulai tahun 2020. Ikan Glofish sendiri sebenarnya merupakan ikan hasil rekayasa genetika. Sebelum ikan glofish tetra ikan yang di kembangkan dengan rekayasa genetika adalah ikan danio zebra tepatnya pada tahun 1999.

Mengutip artikel yang di terbitkan kkp.go.id, Ikan Glofish merupakan produk hasil rekayasa genetika. Pada tahun 1999, Dr Zhiyuan Gong dan rekan-rekannya di National University of Singapore (NUS) mencoba mengkodekan protein Green Flourescent Protein (GFP) atau protein hijau berpendar yang awalnya diekstraksi dari ubur-ubur. Mereka memasukkan gen tersebut ke dalam embrio ikan sehingga memungkinkan untuk diintegrasi ke dalam genom ikan tersebut. Setelah diuji, ternyata ikan yang disisipi gen ubur-ubur tadi menjadi berpendar terang di bawah cahaya putih alami dan sinar ultraviolet. Ikan tersebut dikenal dengan nama ikan Glofish (ikan bercahaya). Ikan yang pertama kali diperkenakan dan bisa berpendar adalah jenis ikan Zebra yang kemudian dipatenkan dengan nama Glofish. Ikan ini dikembangkan di National University of Singapore, tetapi hak patennya telah dimiliki oleh Yorktown Technology untuk dikomersilkan di Amerika Serikat.

Sedangkan ikan glofish tetra merupakan hasil rekayasa genetika dari jenis ikan black tetra. Masih ada beberapa ikan lainnya yang memiliki warna-warna cantik perpaduan dari ikan dan protein dari ubur-ubur. Masih mengutip artikel dari kkp.go.id, jenis ikan yang telah mengalami rekayasa genetika di antaranya Glofish Barb (Puntius tetrazona), Glofish Shark (Epalzeorhynchos frenatum), Glofish Betta (Betta splendens), Glofish Cory (Corydoras aeneus), Glofish Pristella (Pristella maxillaris), Rice Glofish (Oryzias latipes).

Deskripsi

Glofish Tetra sendiri mulai diperkenalkan bertahap antara tahun 2012-2014 oleh Yorktown Technologies. Dalam kurun waktu tersebut Glofish Tetra diperkenalkan 6 varian yaitu "Starfire Red", "Moonrise Pink", "Sunburst Orange", "Electric Green", "Cosmic Blue", dan "Galactic Purple". Warna-warni ikan di dapat dari hasil isolasi protein flouresensi dari beberapa makhluk hidup.

Dalam perkembangannya setelah masuk ke Indonesia, Glofish Tetra memiliki 7 varian, dengan tambahan varian baru "Apple Green". Meskipun telah melalui rekayasa genetik, glofish tetra yang di jual di pasaran sekarang sudah aman untuk di pelihara dan memiliki daya tahan seperti jenis tetra lainnya.

Merawat Ikan Glofish Tetra

Kabar baik bagi pemula yang ingin merawat ikan glofish tetra, karena mereka di kategorikan mudah di rawat dan tidak memerlukan perhatian khusus. Untuk tingkat kepadatan optimal di sarankan memelihara mereka maksimal 1 ekor per liter. Maksudnya jika kapasitas akuarium sobat lovedfish 60 liter maka sobat bisa memelihara maksimal 60 ekor ikan glofish tetra dalam 1 akuarium.

Jaga akuarium agar tetap jernih dengan memasang filterasi yang baik. Idealnya tempat untuk media filter 1/5 - 1/3 ukuran akuarium, tergantung jenis ikan yang di pelihara. Untuk glofish tetra sobat lovedfish bisa menggunakan media filter standar berupa kapas filter dan batu zeolit. Sesuaikan ukuran power head atau pompa air dengan besar akuarium yang di gunakan.

kadar oksigen terlarut dalam air di usahakan ≥ 4 ppm, maka sobat lovedfish perlu menambahkan aerator atau pompa udara untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air.

Kondisi Air

Meskipun Glofish Tetra di rekomendasikan untuk pemula, sobat lovedfish tetap harus menjaga kondisi air agar tetap stabil dan bersih. Jika kondisi air di bawah standar yang di sarankan tidak menutup kemungkinan mereka mudah stress dan akhirnya rentan terhadap penyakit. Mereka sangat sensitif terhadap perubahan parameter air. 

Di habitat asal black tetra (asal ikan glofish tetra) memiliki kondisi air hangat dan agak asam, jika di dalam akuarium mereka lebih suka air lunak, jaga kualitas air dengan melakukan penggantian air sekitar 10-15 % setiap seminggu sekali.

Rutin bersihkan atau ganti media filter setiap 3 minggu sampai 1 bulan sekali. Hal yang sering saya dengar dalam melakukan atau membersihkan akuarium adalah mereka menguras habis air dalam akuarium sementara ikan-ikan yang di pelihara di letakkan ke dalam ember, kemudian air di akuarium di isi dengan 100% air baru. Ini merupakan hal yang salah dan jangan di lakukan lagi. Karena ikan-ikan akan adaptasi ulang dan cenderung membuat mereka stres dan mati.

Untuk membersihkan media filter cukup angkat dan pindahkan media filter ke dalam ember kemudian di bersihkan, sedangkan ikan-ikan masih di akuarium dengan kondisi aerator masih tetap menyala. Cukup kurangi air 25-50% saat membersihkan media filter.

Parameter optimal untuk memastikan kecocokan yang dekat dengan habitat aslinya adalah:

Tingkat pH: 6,0 hingga 7,5
Kesadahan air: 4 hingga 8 dKH
Suhu air: 25 – 30 °C

Ukuran dan Aksesoris Akuarium

Untuk merawat glofish tidak di perlukan akuarium yang besar, lain halnya jika sobat lovedfish ingin memelihara mereka dengan berbagai ikan lainnya dengan aksesoris tambahan untuk mempercantik tampilan akuarium.

Akuarium dengan kapasitas air 60 liter sudah cukup untuk merawat hingga 60 ekor ikan glofish tetra. Seperti di jelaskan sebelumnya bahwa tingkat kepadatan ikan glofish tetra maksimal 1 ekor per liter. Namun ada baiknya tingkat kepadatan ikan seperempat atau separuh volume akuarium untuk menghindari kurangnya kadar oksigen terlarut dalam air.

Sobat lovedfish bisa menambahkan tanaman sintetis maupun tanaman hidup untuk mempercantik akuarium sobat. Batu halus dan aksesoris tambahan lainnya yang aman bagi ikan juga bisa di tambahkan.

Ikan glofish tetra akan terlihat lebih menarik dengan pencahayaan yang baik, gunakan lampu warna putih atau putih biru untuk memaksimalkan warna ikan glofish tetra di malam hari. Pantulan warna ini yang membuat mereka menjadi lebih menarik.

Makanan

Makanan ikan Glofish Tetra sama dengan pakan ikan black tetra, mereka suka memakan makanan alami maupun pelet ikan yang banyak tersedia di pasaran. mengingat mulut ikan glofish tetra yang mungil ada baiknya memberi mereka pakan dengan ukuran yang paling kecil, untuk pelet sobat lovedfish bisa memberi mereka pakan ukuran 0,5 mm.

Selain pelet ikan mereka bisa di beri pakan cacing darah baik beku maupun kering, kandungan protein yang tinggi dari cacing akan membuat ikan lebih cepat tumbuh besar. Selain cacing mereka juga suka memakan jentik nyamuk maupun kutu air.

Berikan pakan secukupnya untuk di habiskan dalam waktu kurang dari 10 menit agar tidak mempengaruhi kualitas air. Dalam sehari cukup berikan pakan 2-3 kali. Jika dalam waktu 10 menit masih ada sisa pakan yang tidak habis bisa segera di ambil kembali agar sisa pakan tidak mencemari air yang membuat kualitas air berkurang.

Perilaku Sosial

Sobat lovedfish suka mencampur beberapa ikan dalam satu akuarium? jika iya maka merawat glofish tetra merupakan pilihan yang tepat, karena mereka memiliki karakter damai dan bisa bersahabat dengan ikan lainnya. Tentunya ikan tersebut memiliki karakter dan ukuran yang serupa.

Selain sesama jenis ikan tetra seperti Serpae Tetra, Red Eye Tetra, Red Nose, Neon Tetra yang cocok untuk teman akuarium, beberapa jenis ikan lain seperti tiger barb (Sumatra), Rossy Barb (Barbir), Denison Barb (Puntius Denisoni), Arulius Barb dan beberapa jenis barb lainnya.

Glofish Tetra juga aman dengan ikan berekor panjang atau slayer, jadi sobat lovedfish juga bisa mencampur mereka ke dalam satu komunitas. Ikan-ikan lain penghuni dasar akuarium seperti corydoras, synodontis juga aman di jadikan satu.

Referensi Artikel :

https://kkp.go.id/brsdm/brbih/artikel/47260-mengenal-ikan-glofish-tetra-lebih-dekat
https://en.wikipedia.org/wiki/GloFish
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

1 comments:

Anonim mengatakan...

Warna ikannya bagus ya.