31 Januari 2023

Mengenal dan Merawat Ikan Seluang Batang AKA Rasbora Argyrotaenia

Seluang Fish mungkin nama ini sedikit asing bagi sobat lovedfish, salah satu jenis ikan rasbora yang cukup populer untuk menghias akuarium sobat dan sebagai pelengkap aquascape ini berasal dari negeri kita tercinta Indonesia, selain di Indonesia, Mereka juga di temukan di aliran sungai di beberapa negara tetangga seperti Filipina dan semenanjung malaya.

Ikan seluang merupakan nama jamak dari beberapa sub ikan yaitu :

  • Ikan Seluang Bada atau Rasbora daniconius.
  • Ikan Seluang Batang atau Rasbora argyrotaenia.
  • Ikan Seluang Pipih / Seluang Nipis atau Devario regina

Ikan Seluang Batang jika terdengar asing bagi sobat lovedfish namun tidak akan asing jika mendengar kata "Wader Pari", "Cereceh" atau "Cere", yap mereka masih dapat di temui di sungai-sungai yang ada di Jawa, Kalimantan dan Sumatra.

Deskripsi Ikan Seluang Batang.

Ada yang menyebut ikan cere karena merujuk pada ukuran (lebar) ikan yang mungil, meskipun panjang maksimal sekitar 170mm. Rasbora argyrotaenia memiliki tubuh berwarna coklat kuning di bagian punggung dan di bagian sisi ikan arah bawah memiliki warna silver. Garis hitam tegas dari belakang kepala sampai ekor.

Rasbora argyrotaenia dapat dengan mudah di temukan di danau, parit atau sungai-sungai yang tenang atau memiliki arus lambat. Sering juga di temui di irigasi sawah yang memiliki air jernih dan arus lambat maupun sungai berbatu.

Mereka selain untuk ikan hias juga sering di jadikan ikan konsumsi, bahkan di daerah jawa barat sering di sajikan di beberapa restoran sebagai salah satu menu andalan. Masih Jarang pembudidaya ikan ini, kebanyakan mereka di tangkap dari habitat asal.

Merawat Ikan Seluang Batang.

Jika sobat lovedfish ingin merawat Rasbora Argyrotaenia dan kebetulan sobat tinggal di daerah yang masih terdapat banyak aliran sungai yang jernih atau sawah, sobat bisa mencari ikan ini di habitat mereka. Kebanyakan mereka hidup berkelompok jadi bisa usahakan untuk memelihara mereka setidaknya 5 ekor atau lebih.

Telah di jelaskan sebelumnya jika Ikan Rasbora Argyrotaenia suka hidup di air jernih dan memiliki arus lambat (bahkan air tenang), maka yang perlu sobat perhatikan ketika merawat mereka di akuarium pastikan ukuran powerhead atau pompa air tidak memiliki arus besar. Sobat lovedfish dapat mengunakan pompa air seri 1200 untuk akuarium ukuran panjang antara 40-60 cm dengan tinggi kurang dari 50cm.

DI habitat asal, Rasbora Argyrotaenia suka mendiami daerah tenang dengan dasar tanah berlumpur atau genangan air berbatu, Begitu sobat pindahkan ke dalam akuarium ada baiknya atur akuarium seperti habitat asal, jika susah mengatur akuarium dengan tanah lumpur bisa gunakan batu-batu untuk dasar akuarium.

Kondisi Air

Ikan Rasbora Argyrotaenia yang berasal dari daerah beriklim tropis dengan suhu tidak terlalu panas dan dingin maka ikan akan nyaman tinggal di air dengan suhu antara 20°C - 26°C dengan pH antara 6,5 - 7,0. Dengan menjaga kondisi air seperti itu akan membuat mereka hidup lama di akuarium.

jaga selalu tingkat kejernihan air dengan melakukan penggantian air secara berkala setidaknya 2 minggu sekali, ganti setidaknya 25% dengan air baru dan selalu bersihkan media filter dari kotoran ikan atau ganti dengan media filter dengan yang baru setiap sebulan sekali.

Substrat atau dasar akuarium juga perlu di bersihkan dari kotoran ikan, biasanya banyak kotoran ikan yang tertinggal di sela-sela batu jika sobat menggunakan batu untuk dasaran akuarium. Jika tidak sering di bersihkan, kotoran tadi bisa menjadi asal tumbuhnya bakteri atau jamur yang bisa menyerang ikan dan menyebabkan ikan sakit.

Makanan Ikan Seluang Batang

Tahukah sobat lovedfish jika ikan Rasbora termasuk ikan pemakan serangga (termasuk jentik nyamuk). Sobat dapat mengandalkan mereka untuk mengatasi jentik nyamuk di kolam maupun bak mandi karena mereka pemakan yang handal.

Selain serangga mereka juga memakan ikan dengan ukuran yang lebih kecil, kutu air dan binatang kecil lainnya. Jangan memelihara mereka di akuarium bersama udang kecil karena udang juga merupakan makanan yang lezat bagi mereka. Ikan mati yang tidak langsung di ambil akan menjadi santapan yang lezat bagi mereka.

Sebagai pengganti pakan alami, udang beku atau udang kering dan cacing darah beku bisa sobat lovedfish gunakan sebagai pakan mereka, cukup 1-2 kali sehari pemberian pakan untuk menjaga diet agar ikan tidak cepat tumbuh besar.

Bagaimana dengan pakan pelet kemasan? Pemberian pakan berupa pelet perlu "special treatment". Sobat bisa melatih mereka makan pelet dengan mencoba pelet yang memiliki "bau amis" untuk merangsang mereka mau memakan pelet. Berikan bertahap agar mereka terbiasa.

Pengaturan dan Ukuran Akuarium

Akuarium ukuran 60*35*40 sudah cukup untuk memelihara mereka dalam komunitas kecil sekitar 15-20 ikan dengan ukuran ikan kurang dari 10cm. Jika ikan sudah mulai tumbuh besar perlu alternatif lain untuk memindahkan mereka ke akuarium dengan ukuran yang lebih besar.

Rasbora Argyrotaenia termasuk ikan yang aktif bergerak, jadi ornamen yang mengganggu pergerakan mereka perlu di singkirkan agar tidak mengganggu pergerakan mereka. Jika sobat menempatkan mereka dengan tanaman hidup perlu memilih tanaman yang mengakar dengan kuat agar tidak mudah lepas ketika mereka berlarian di akuarium.

Pencahayaan yang baik dengan sinar warna putih bisa sobat gunakan untuk menerangi akuarium agar air terlihat jernih. Satu kasus yang sering penulis dengar dari pelanggan yaitu menghidupkan lampu 24 jam nonstop. Ini tidak bagus untuk biaya listrik, kondisi akuarium dan pastinya ketahanan lampu sendiri. Sebaiknya nyala kan lampu sekitar 4-6 jam sehari.

Awal ikan masuk ke dalam akuarium potensi untuk lompat keluar dari akuarium ada, untuk itu ada baiknya sediakan penghalang di bagian atas akuarium agar ikan tidak lompat keluar dari akuarium. Setelah mereka nyaman di akuarium penutup bagian atas bisa di lepas.

Perilaku Sosial

Rasbora Argyrotaenia di habitat asal suka hidup berkelompok, selain sesama jenis ikan Rasbora Argyrotaenia. Mereka juga hidup berdampingan dengan jenis ikan Rasbora lainnya. Ikan lain yang juga membersamai mereka di alam bebas termasuk ikan Puntius atau di kenal dengan ikan wader. Jika di lihat dari jenis ikan, Puntius denisoni memiliki kemiripan dengan ikan Rasbora Argyrotaenia.

Ikan-ikan lain yang cocok untuk di jadikan satu dengan mereka tentunya ikan yang memiliki ukuran tubuh hampir sama, jenis seperti black tetra, Serve, Sumatra bisa di jadikan satu. Beberapa cichlid damai bisa menjadi alternatif untuk di jadikan teman akuarium.

Udang cherry, keong kecil tidak di sarankan untuk di jadikan satu dengan mereka karena akan menjadi santapan bagi ikan Rasbora Argyrotaenia. Begitu juga dengan ikan predator seperti arwana, oscar, RTC atau ikan predator lainnya justru akan memakan Rasbora Argyrotaenia.

Referensi Artikel dan Gambar Rasbora Argyrotaenia

https://id.wikipedia.org/wiki/Rasbora_argyrotaenia
https://www.fishbase.se/summary/SpeciesSummary.php?id=5169&lang=bahasa
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: