1 Februari 2023

Mengenal dan merawat Neolamprologus Multifasciatus

Membaca kata Cichlid tidak akan ada habisnya membahas ikan ini, jika kita lihat mereka masuk dalam ikan agresif, tapi berbeda dengan cichlid yang satu ini. Neolamprologus Multifasciatus salah satu jenis cichlid damai yang cocok untuk sobat koleksi dengan ikan lainnya.

Sobat dapat terus membaca artikel ini hingga akhir untuk menambah wawasan tentang dunia ikan hias dan jangan lupa tinggalkan komentarnya untuk mendukung kami memberikan artikel yang lebih baik. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan selamat membaca.

Deskripsi

Danau Tanganyika merupakan salah satu danau terbesar dan tertua di dunia setelah danau setelah Danau Baikal di Siberia. Danau Tanganyika yang berada di Afrika merupakan tempat tinggal Neolamprologus Multifasciatus. Mereka mendiami daerah yang cukup dalam di sekitar garis pantai di mana di daerah itu banyak cangkang siput kosong dan memiliki substrat lunak.

Neolamprologus Multifasciatus merupakan salah satu Cichlid terkecil di dunia yang hanya memiliki ukuran tubuh jantan maksimal sekitar 4,5cm sedangkan betina hanya 3,5cm. Meskipun rata-rata ukuran dewasa mereka lebih kecil dari itu.

Bentuk tubuh seperti kebanyakan ikan Cichlid dengan warna putih pucat dan garis hitam vertical di sepanjang tubuhnya.

Merawat Ikan

Cangkang siput merupakan hal wajib untuk memelihara Neolamprologus Multifasciatus di dalam akuarium, karena si jantan akan berusaha menarik minat betina dengan menjadikan cangkang sebagai rumah serta tempat betina bertelur dan membesarkan anak-anak mereka. Pemberian cangkang mengacu pada banyaknya ikan yang di pelihara, berikan cangkang kosong dengan jumlah lebih banyak dari ikan yang di pelihara.



Selain cangkang berikan pasir halus sebagai substrat dan tempat bermain ikan, mereka akan suka menggali pasir hingga ke dasar. Untuk substrat sendiri membutuhkan ketebalan setidaknya 4cm atau lebih.

Mereka suka hidup berkoloni jadi sobat lovedfish perlu mempertimbangkan untuk memiliki dan menempatkan mereka lebih dari 6 ekor. Mereka suka hidup berpasangan dan menempati area bawah akuarium.

Kondisi Air

Di habitat asal mereka, toleransi tingkat kekerasan (Air Sadah) cukup tinggi yaitu di antara 8-25°dH ini melihat tempat mereka tinggal di danau yang dalam, sedangkan suhu air untuk merawat mereka berkisar di antara 24-27°C untuk tingkat alkali sendiri cukup tinggi di antara 7,5-9,0.

Air sadah adalah air yang memiliki kandungan mineral tinggi. Air sadah terbentuk ketika air merembes melalui endapan batu kapur, kapur atau gipsum, yang sebagian besar terdiri dari kalsium dan magnesium karbonat, bikarbonat, dan sulfat. Air minum keras mungkin memiliki manfaat kesehatan yang moderat.

Menjaga kondisi air tetap stabil perlu di lakukan untuk menghindari ikan stres, kebiasaan mengganti air secara berkala minimal 10-20% satu minggu sekali dan membersihkan media filter bisa di lakukan untuk menjaga kondisi air stabil.

Makanan Ikan

Neolamprologus Multifasciatus menerima makanan hidup berupa cacing, udang kecil, jentik nyamuk dan kutu air sebagai makanan utama. Jika sobat susah mendapatkan makanan hidup alternatif lain dapa memberikan makanan cacing beku atau udang beku.

Bagaimana dengan makanan kering dan pelet ikan? untuk makanan kering (udang kering atau cacing kering) mereka masih menerima makanan tersebut. Sedangkan pelet yang berkualitas sebagai pengganti pakan alami dapat di berikan dengan perlakuan khusus.

Pemberian pakan terbaik untuk ikan adalah 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Berikan pakan secukupnya untuk di habiskan ikan dalam waktu singkat agar sisa pakan tidak mencemari air yang dapat membahayakan ikan yang sobat pelihara.

Ukuran dan Pengaturan Akuarium

Akuarium standar ukuran 40x25x30 sudah cukup untuk merawat sepasang ikan Neolamprologus Multifasciatus, karena tubuh ikan yang mungil. Jika ingin memelihara dalam skala besar beserta koloni ikan lainnya tentunya di perlukan ukuran akuarium yang lebih besar lagi.

Untuk setting akuarium seperti di jelaskan sebelumnya faktor utama untuk memelihara Neolamprologus Multifasciatus adalah cangkang kerang dan pasir. Tidak ada spesifikasi khusus jenis pasir yang di gunakan, sobat lovedfish bisa menggunakan pasir bali, pasir pantai maupun silika.

Ruang terbuka dengan tidak terlalu banyak ornamen sangat di anjurkan untuk mereka, bagian bawah merupakan daerah kekuasaan mereka.

Penggunaan lampu merupakan opsional, sobat bisa menggunakan jenis lampu apapun. Pastikan pencahayaan tidak terlalu terang, sesuaikan dengan ukuran akuarium.

Perilaku Sosial

Tidak seperti kebanyakan Cichlid yang suka menggigit ikan lainnya, Neolamprologus Multifasciatus cenderung lebih damai meskipun sisi agresifnya tetap ada terutama terhadap ikan yang mengganggu kekuasaan mereka di sekitar cangkang. Pastikan jika ingin mencampur dengan ikan lainnya ikan tersebut mendiami bagian tengah atau atas akuarium.

Jenis ikan barb yang biasa mendiami bagian tengah akuarium bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk di jadikan satu dengan mereka. Cichlid jenis Cyprichromis atau Julidochromis juga bisa di jadikan satu dengan mereka.

Udang kecil tidak di sarankan karena udang merupakan hewan yang suka mendiami tempat tertutup seperti cangkang. Perlu di ingat sekali lagi pastikan jumlah cangkang yang tersedia lebih banyak daripada ikan yang di pelihara.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Neolamprologus_multifasciatus
https://www.seriouslyfish.com/species/neolamprologus-multifasciatus/
https://www.fishkeeper.co.uk/help-and-advice/freshwater/cichlids/multifasciatus-shelldweller
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: