2 Februari 2023

Mengenal dan Merawat Gasteropelecus Sternicla (Kapak Air Tawar)

Sumber Gambar
Deskripsi

Ikan unik yang memiliki bentuk tubuh sesuai dengan namanya. Yap pemberian nama kapak air tawar karena bentuk tubuhnya yang menyerupai kapak. Bentuk segitiga ikan yang besar dan agak bulat di bagian perut, bagian sirip atas lurus kebelakang dengan sirip ekor yang kecil memberikan kesan jika ikan ini mirip dengan kepala kapak.

Di kenal juga dengan Common Hatchetfish atau Silver Hatchetfish, nama Gasteropelecus Sternicla berasal dari bahasa Yunani Gasteropelecus : gaster (perut) dan pelecus (kapak), sedangkan kata sternicla : (payudara), mengacu pada toraks yang sangat panjang.

Memiliki ukuran tubuh yang kecil sekitar 35-40mm saja, meskipun dalam sebuah catatan yang di keluarkan wikipedia mereka bisa tumbuh sampai 6,5cm. Gasteropelecus Sternicla merupakan ikan yang di habitat asalnya menempati perairan anak sungai dan rawa dengan arus lambat. Mereka banyak di temukan di perairan dengan vegetasi di permukaan yang banyak.

Masa hidup Gasteropelecus Sternicla berkisar 2-5 tahun seperti halnya ikan-ikan yang memiliki tubuh kecil lainnya.

Merawat Ikan

Saat sobat lovedfish akan merawat mereka di akuarium pastikan permukaan akuarium di tutup rapat namun tetap sediakan ruang terbuka untuk sirkulasi udara. Sobat dapat menutupnya dengan jaring atau apapun yang berlubang kecil sehingga sirkulasi udara tetap lancar.

Atur permukaan air dengan tanaman terapung sehingga memberikan kesan alami sesuai habitat asal Gasteropelecus Sternicla, di mana mereka dapat dengan mudah di temukan. Tanaman di permukaan akuarium dapat membantu mereka supaya tidak terlalu gelisah.

Sobat lovedfish dapat mengesampingkan dekorasi bagian bawah atau tengah akuarium. Jika ingin melengkapi dekorasi, kayu tenggelam dan beberapa tanaman seperti rumput atau pasir dapat di gunakan sebagai substrat.

Penggunaan lampu tidak menjadi keharusan dalam merawat Gasteropelecus Sternicla, akan tetapi tanaman yang ada di akuarium membutuhkan pencahayaan yang baik untuk proses fotosintesis. Nyalakan lampu secukupnya untuk penggunaan fotosintesis tanaman sekitar 4-6 jam sehari.

Kondisi Air

Rentang suhu untuk Gasteropelecus Sternicla bertahan hidup cukup tinggi di antara 20 – 28 °C dengan pH normal antara 5,0 – 7,5 dan tingkat kekerasan (sadah) air di 18 – 215 ppm. Hal rutin yang perlu di lakukan untuk menjaga kondisi air seperti penggantian sebagian air dalam akuarium (10-20% ganti air per minggu) dan selalu bersihkan media filter secara berkala 2 minggu sampai 4 minggu sekali.

Arus air tidak perlu terlalu besar cukup gunakan powerhead ukuran kecil karena Gasteropelecus Sternicla senang mendiami air tenang atau arus lambat. Jika di perlukan untuk meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air sobat lovedfish bisa menggunakan tambahan aerator atau pompa udara.

Makanan Ikan

Pakan alami mereka adalah serangga, bahkan ikan akan loncat ke atas untuk menangkap serangga di permukaan. Untuk pakan dalam air Krustasea atau Udang-udangan dan cacing akan mereka makan.

Ketika sobat lovedfish merawat mereka dalam akuarium, sediakan makanan beku (cacing darah dan Daphnia) sebagai makanan mereka jika sobat lovedfish susah mencari pakan alami yang masih hidup. Untuk makanan kering seperti udang kering, maggot kering maupun cacing kering mereka enggan memakannya akan tetapi sobat lovedfish dapat melatih mereka agar menjadi terbiasa makan makanan kering.

Pelet dari tepung biasanya mereka tidak akan memakannya sama seperti pakan kering, jika sobat ingin memberi pakan berupa pelet sobat dapat mencobanya sedikit demi sedikit. Awasi selalu saat pemberian pakan pelet, jika ikan tidak mau memakan pelet ada baiknya langsung ambil dan buang sisa pelet yang ada di akuarium, karena pelet yang terlarut dalam air akan membuat kondisi dan kualitas air tidak baik.

Ukuran dan Pengaturan Akuarium

Akuarium minimalis ukuran 40x25x30 cukup untuk merawat 10-15 ekor Gasteropelecus Sternicla. Ukuran ikan yang kecil menjadikan mereka bisa di rawat di akuarium kecil pula. Namun jika sobat ingin merawat mereka dengan baik setidaknya sediakan akuarium 80x40x40 atau lebih. Dengan besaran akuarium ini sobat bisa mencampur Gasteropelecus Sternicla dengan ikan lainnya.

Berikan banyak ruang terbuka karena Gasteropelecus Sternicla suka berenang naik turun di dalam akuarium. aksesoris yang di perlukan hanya tanaman yang menutup bagian atas saja. Pilih aksesori yang tidak memiliki ujung tajam karena dapat melukai ikan-ikan yang berenang.

Perilaku Sosial

Gasteropelecus Sternicla adalah ikan komunitas yang damai bahkan cenderung pemalu apalagi jika di pelihara dalam jumlah sedikit. Setidaknya dalam satu akuarium ada minimal 6 ekor ikan Gasteropelecus Sternicla. Semakin banyak akan semakin baik untuk kelangsungan hidup mereka.

Beberapa ikan lain yang memiliki ukuran tubuh mirip dapat di jadikan satu dengan mereka. Pastikan ikan yang di pilih bukan ikan yang agresif. Jenis ikan tetra yang memiliki karakter damai bisa menjadi salah satu pilihan untuk di jadikan satu dengan mereka. Cichlid kerdil atau jenis lele kerdil seperti corydoras juga bisa di jadikan satu dengan mereka.

Udang cherry dewasa masih bisa di terima karena ukuran mereka sudah tidak masuk ke mulut Gasteropelecus Sternicla, udang anakan perlu perhatian khusus bisa-bisa udang anakan akan menjadi santapan yang lezat untuk mereka.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Common_hatchetfish
https://www.seriouslyfish.com/species/gasteropelecus-sternicla/
https://www.fishbase.se/summary/10725

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: