7 Maret 2023

Mengenal dan Merawat Ikan Platy

Platy, Ikan ikan warna-warni yang indah ini berasal dari meksiko dan amerika tengah , aktif, kuat dan pastinya mudah di rawat. Banyak pilihan warna ikan yang akan memanjakan mata sobat lovedfish.


Sejak di perkenalkan ke pasaran awal tahun 1990an ikan platy langsung mendapatkan tempat tersendiri bagi para penggemar ikan hias. Ikan yang kuat mudah berkembang biak, warna ikan yang menarik menjadikan platy salah satu ikan populer dan hampir selalu ada di toko-toko ikan hias.

Klasifikasi

Kerajaan

Animalia

Divisi

Chordata

Kelas

Actinoterygii

Keluarga

Poeciliidae

Marga

Xiphophorus

Deskripsi

Di habitat asal, Platy senang menempati daerah dengan dasar pasir atau lumpur dengan vegetasi yang lebat mereka bisa di temukan di sungai, kanal rawa-rawa dan mata ari hangat. Vegetasi yang lebat di gunakan platy untuk menghindari predator, karena platy merupakan ikan yang damai dan jinak.

Platy Kohaku

Mampu tumbuh hingga 8cm Platy memiliki masa hidup yang singkat sekitar 3 tahun jika di rawat di dalam akuarium. Meskipun mereka memiliki masa hidup yang singkat, mereka mudah beranak sehingga komunitas platy akan selalu ada dan bertambah banyak dengan perawatan yang baik.

Platy pada awalnya ada dua spesies ikan platy yang paling umum dalam perdagangan hewan peliharaan adalah ikan platy selatan (Xiphophorus maculatus) dan ikan platy variabel (Xiphophorus variatus). Namun dalam perkembangannya mereka sudah banyak di kawin silang sehingga menghasilkan platy dengan beraneka ragam warna.

Di dalam perdagangan ikan hias mungkin sobat lovedfish mengenal Platy RedBlack, Platy Micky Mouse, Platy Kohaku, Platy Sunrise. 

Pompa Air, Pencahayaan dan Ukuran Akuarium

Kebutuhan akan pompa air dan pompa udara dapat dikesampingkan untuk merawat mereka, karena ikan platy merupakan salah satu ikan yang mampu bertahan dengan kadar oksigen dalam air yang minim.

Platy Mickey

Yang perlu sobat lovedfish garis bawahi adalah penggunaan pompa air selain untuk meningkatkan kadar oksigen dalam air juga sebagai media filter agar akuarium selalu jernih. Dengan filterasi yang baik maka kesehatan ikan juga akan terjaga dengan baik pula.

Kebutuhan akan cahaya bukan faktor utama untuk merawat ikan palty, di sini fungsi lampu justru untuk memperindah akuarium terutama ketika malam hari.

Sebagai ikan yang memiliki ukuran tubuh kecil, ikan Platy tidak membutuhkan ruang yang besar, akan tetapi akuarium yang besar memberikan mereka ruang lebih untuk hidup dan berkembang dengan baik. Akuarium ukuran minimal 40*25*30 sudah cukup untuk merawat 3-5 pasang ikan Platy. Sebagai akuarium komunitas pastinya di perlukan akuarium yang lebih besar lagi. 

Merawat Ikan

Di alam liar Platy senang hidup di perairan berlumpur atau berpasir, namun ketika merawat mereka di akuarium substrat tersebut bisa di abaikan bahkan ketika mereka berenang di bagian bawah akuarium mereka tidak berinteraksi dengan substrat yang ada di akuarium.

Platy RedBlack

Jadi media dasar apapun seperti pasir merah, pasir hitam, silica atau bahkan kerikil bisa sobat gunakan. Jika sobat lovedfish tidak ingin menggunakan substrat apapun juga tidak akan masalah untuk ikan platy.

Tanaman air yang padat di sukai ikan platy, ini juga meniru habitat asal platy. Tanaman yang padat selain memberikan tempat yang nyaman untuk platy juga sebagai tempat sembunyi untuk burayak iakn platy dari ikan dewasa.

Perpaduan tempat yang padat akan tanaman di bagian belakang akuarium dengan ruang terbuka di bagian depan akuarium cocok untuk tempat tinggal mereka di dalam akuarium. 

Aksesoris seperti gua untuk tempat sembunyi tidak di perlukan untuk mereka, karena mereka bukan ikan yang suka sembunyi.

Kondisi Air

Suhu: 70°-80°F (21°-27°C)

Amonia/Nitrit: 0

Nitrat: <30 ppm

pH: 7.0-8.0

GH: 10-28 dGH (167-467 ppm)

KH: 3-5 dKH (54-90 ppm)

Makanan Ikan

Di alam liar, platy adalah omnivora. Mereka akan memakan ganggang dan bahan tanaman yang mereka temukan serta memakan serangga, larva, telur ikan, burayak, dan makhluk kecil lainnya yang dapat mereka temukan.

Palty Sunrise

Ketika merawat mereka di akuarium mereka bukan ikan yang pilih-pilih makanan, apapun yang tersedia di akuarium akan mereka makan. Pelet kecil, makanan kering atau beku serta makanan hidup seperti cacing sutra, daphnia juga akan mereka makan.

Pastikan memberikan mereka pakan yang baik untuk tumbuh kembang ikan itu sendiri. Rutin berikan pakan 2 kali sehari secukupnya untuk di habiskan dalam 5-10 menit.

Ikan Platy merupakan ikan yang dapat makan dengan cepat ketika tersedia makanan, jika di campur dengan ikan lainnya berikan pakan menyebar merata ke permukaan akuarium sehingga ikan lainnya juga kebagian makanan.

Perilaku Sosial

Ikan-ikan yang memiliki ukuran yang sama akan aman di jadikan satu dengan karakter yang hampir mirip. Ikan predator seperti arwana, louhan, oscar jelas bukan teman yang baik untuk ikan platy karena justru ikan platy akan menjadi santapan bagi mereka.

JIka sobat lovedfish senang mencampur berbagai jenis ikan, platy mungkin pilihan yang tepat karena sesama ikan kecil yang lain seperti, Tiger Barb atau jenis barb, Molly, Guppy, Tetra, Coridoras bisa di jadikan satu dengan mereka.

Ikan-ikan kecil jenis Cichlid tidak di rekomendasikan di campur dengan mereka, karena karakter ikan Cichlid yang suka menggigit ikan lain. Meskipun ada beberapa Cichlid damai yang bisa di campur dengan ikan-ikan lain bisa sobat baca artikelnya di tautan ini.

Beberapa udang hias dan siput jika sobat lovedfish suka juga bisa di tambahkan ke dalam akuarium. Apalagi jika tema aquascape yang sobat pilih untuk desain akuarium-nya, kehadiran udang dan siput selain memberikan warna tersendiri juga sebagai "algae eater" untuk mengurangi pertumbuhan di dalam akuarium.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Platy_(fish)
https://modestfish.com/platy-fish/

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: