2 Maret 2023

Mengenal dan Merawat Nannacara anomala aka Golden Dwarf Cichlid

Klasifikasi

Kerajaan

Animalia

Divisi

Chordata

Kelas

Actinoterygii

Keluarga

Cichlidae

Jenis

N.anomala

Deskripsi

Ikan dari keluarga Cichlid memiliki banyak jenis, salah satunya adalah Nannacara anomara atau lebih di kenal dengan Golden Dwarf  Cichlid. Ikan yang berasal dari Suriname tepatnya dari Rio Aruka di Guyana ke Rio Marowijne. Di habitat mereka, Golden Dwarf  Cichlid sering ditemukan di sabana banjir di dekat pantai.

Cichlid bermata emas yang memiliki tubuh mungil, ukuran jantan hanya sekitar 5.6cm sedangkan untuk betina biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih pendek. Seperti kebanyakan Cichlid, Nannacara Anomala juga ramah untuk pemula yang ingin merawat ikan.

Ukuran, Pompa air dan Pencahayaan Akuarium

Rekomendasi ukuran akuarium untuk merawat dan memelihara Golden Dwarf Cichlid adalah sekitar 50*40*30. Mereka tidak membutuhkan akuarium yang terlalu tinggi, lebih ke ukuran akuarium yang lebar untuk pergerakan horizontal yang lebih leluasa.

Dalam merawat ikan hias di akuarium penggunaan pompa air menjadi hal utama meskipun tidak mutlak. Fungsi utama selain untuk sirkulasi air juga dapat meningkatkan kadar oksigen terlarut dalam air. Begitu juga saat merawat Nannacara Anomala di perlukan pompa air karena mereka memerlukan kadar oksigen terlarut dalam air yang stabil agar mereka dapat bertahan hidup.

Nannacara Anomala yang biasa hidup di daerah dekat pantai yang tingkat pencahayaan alaminya terang karena paparan sinar matahari langsung, begitu juga ketika merawat mereka di akuarium, mereka sangat "welcome" dengan adanya paparan sinar lampu selain untuk menerangi akuarium juga untuk proses fotosintesis jika ada tanaman hidup di dalam air.

Merawat Ikan


Nannacara Anomala aka Golden Dwarf Cichlid merupakan ikan yang ramah untuk pemula, tidak memerlukan perawatan khusus untuk menjaga mereka tetap hidup di dalam akuarium. Mereka ikan yang ramah untuk pemula membuat mereka menjadi salah satu ikan favorit para penggemar ikan hias.

Kayu rawa atau akar senggani bisa menjadi salah satu pilihan untuk sobat lovedfish tambahkan ke akuarium agar memberikan kesan natural. kayu-kayu ini juga berfungsi sebagai tempat berlindung dan untuk bertelur bagi mereka.

Untuk substrat sobat lovedfish bisa menggunakan pasir laut agar memberikan kesan natural seperti habitat mereka di alam liat yang biasa menghuni daerah tepi pantai. Tanaman air tidak terlalu di perlukan tapi boleh di tambahkan jika sobat suka dengan tema aquascape.

Kondisi Air

Suhu air yang di sarankan untuk memelihara Nannacara Anomala adalah sekitar 72-77°F atau 22-25°C. Di alam liar, mereka cenderung hidup di air Asam akan tetapi toleransi pH air basa sedang antara 6 sampai 7,5. Sementara tingkat kekerasan air untuk merawat ikan

Nannacara Anomala lebih suka berada di air lunak, akan tetapi mereka juga dapat bertahan hidup di tingkat kekerasan air antara 3 hingga 8°dH.

Makanan Ikan

Naluri alami ikan Nannacara adalah predator kecil yang biasa mencari cacing, serangga dan invertebrata lainnya ketika mereka hidup di alam liar. Ketika sobat lovedfish merawat mereka di akuarium sobat dapat memberi mereka pakan berupa pelet Cichlid atau pelet ikan lainnya.

Jika memungkinkan untuk tumbuh kembang yang baik jadikan daging sebagai makanan pokok mereka, berikan makanan beku atau hidup seperti cacing darah, udang atau serangga kecil. Sesekali berikan pakan untuk diet berupa serpihan sayuran atau spirulina bisa di berikan.

Pakan dapat di berikan sekali sampai dua kali dalam sehari. Yang perlu di perhatikan dalam pemberian pakan adalah jangan terlalu banyak dalam memberikan pakan, selain tidak baik untuk ikan juga akan membuat kualitas air turun dan kondisi air tidak jernih.

Perilaku Sosial

Terkenal predator dalam mencari makan, akan tetapi ramah terhadap ikan lainnya mungkin itu yang bisa di label-kan kepada ikan Nannacara Anomala. Memang tidak seramah ikan-ikan seperti mas koki, Guppy atau ikan-ikan sejenis.

Nannacara Anomala akan menjadi agresif ketika berhadapan dengan ikan predator lainnya. Mereka akan bersaing dalam rebutan kekuasaan wilayah dan dalam mencari makan. Ketika terjadi pertarungan antar ikan mereka biasanya akan bertarung dengan mulutnya terkadang menggigit ekor ikan lainnya.

Perilaku agresif Nannacara Anomala juga terjadi pada betina yang sedang mempertahankan dan melindungi burayak dari ikan lain yang mendekatinya.

Jika sobat lovedfish ingin menambahkan ikan lain ke dalam akuarium sebagai teman ikan Nannacara Anomala sobat bisa memilih ikan sejenis characin, tetra atau rasbora. Jangan pernah menambahkan ikan yang memiliki gerak lambat apalagi saat mereka sedang masa kawin.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Goldeneye_cichlid
https://www.seriouslyfish.com/species/nannacara-anomala/
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: