7 Desember 2023

Rummy Nose Tetra Care Guide

Ketika membaca moncong merah apa yang ada dalam benak pembaca tercinta? hehehe. Kali ini Penulis akan berbagi pengetahuan tentang merawat moncong merah tapi ini tentang ikan ya sobat lovedfish. Ikan hias selain siklit (cichlid) yang populer karena banyak variannya, jenis ikan hias tetra juga tidak kalah populer, ada puluhan jenis ikan tetra yang memiliki karakter atau sifat lebih ramah di bandingkan dengan siklit.

Salah satunya adalah yang akan coba penulis jelaskan cara merawat Rummy Nose Tetra. Ikan tetra kecil mungil dengan hidung merah. Hemigrammus Rhodostomus adalah spesies ikan characin air tawar tropis yang berasal dari Amerika Selatan tepatnya mereka tinggal dan di temukan di sungai Amazon, populer di kalangan pemelihara ikan sebagai ikan akuarium tropis dan biasanya untuk melengkapi aquascape.

Di Indonesia tercinta biasanya mereka lebih di kenal dengan nama Red Nose atau Red Nose Tetra. Selain populer karena ikan ini memiliki warna yang cantik, juga karena harganya yang cukup murah. Ikan red nose atau rummy nose biasanya di jual antara Rp 2.000 hingga Rp 3.000 di pasar ikan hias.

Klasifikasi

Kerajaan

Animalia

Divisi

Chordata

Kelas

Actinoterygii

Keluarga

Characidae

Jenis

H. rhodostomus

Deskripsi

Rummy nose tetra merupakan spesies ikan tetra yang hidup secara berkelompok dan mereka dapat hingga mencapai panjang 5cm. warna perak di seluruh tubuh ikan dan warna merah di bagian kepalanya. Bagian ekor memiliki pola garis-garis warna hitam putih seperti zebra.

Habitat asal Rummy nose tetra adalah sungai "blackwater" di lembah Amazon. Nama ini merujuk karena warna airnya yang gelap akibat dari tanin yang di keluarkan oleh bahan organik yang membusuk. Efek dari pembusukan ini menjadikan air jadi lembut dan asam.

Dengan perawatan yang baik ikan rummy nose tetra dapat bertahan di akuarium hingga 5-6 tahun, bahkan jika kondisi baik mereka dapat tumbuh dan bertahan hidup hingga 8 tahun. Usia dewasa mereka setelah 1 tahun dan mulai bisa di pijahkan.

Ukuran Akuarium, Pompa Air dan Pencahayaan

Rummy Nose Tetra termasuk ikan berkelompok dan suka bergerak bebas di areanya, untuk merawat mereka di akuarium dan membuat mereka nyaman hingga bisa bertahan hidup lebih lama akuarium dengan volume air 80 liter, sedangkan panjang akuarium 90 cm di sarankan. Untuk lebar dan tinggi bisa menyesuaikan karena panjang ikan maksimal yang hanya 5 cm.

Akuarium 90*35*40 dengan tinggi air sekitar 35 cm sudah memenuhi kapasitas atau volume air 80 liter. Ini rekomendasi minimal akuarium, akan lebih baik lagi jika sobat lovedfish memiliki akuarium yang lebih besar lagi.

Di alam liar mereka hidup di daerah dengan perairan tenang atau arus lambat, penggunaan pompa air di dalam akuarium juga bisa menyesuaikan kebutuhan filterasi yang baik namun tidak menimbulkan arus yang cepat. Rekomendasi ukuran pompa air untuk akuarium ukuran 90*35*40 adalah pompa air seri 1600, 103 atau 3600 dengan arus atau semburan maksimal kurang dari 1200 liter per jam.

Akuarium tanpa Cahaya kurang menarik, akan tetapi Rummy Nose Tetra merupakan ikan yang suka hidup di dalam air gelap (Blackwater). untuk menyiasati ini sobat bisa desain akuarium dengan banyak penutup bagian atas dan jika ingin tetap menggunakan lampu gunakan lampu dengan cahaya tidak terlalu terang.

Dekorasi Akuarium

Seperti di jelaskan sebelumnya tentang habitat ikan rummy nose tetra tinggal, akuarium dengan banyak kayu tenggelam dan daun-daun yang sudah kering perlu di tambahkan. Tanaman air yang mampu hidup dengan cahaya minim untuk mempercantik akuarium juga bisa di masukkan ke dalam akuarium.

Dasar akuarium bisa menggunakan pasir halus atau batu kerikil kecil. Bagian atas bisa menggunakan tanaman apung atau kayu apung untuk mengurangi cahaya masuk kedalam akuarium. Ini sangat penting karena ikan rummy nose tetra bukan ikan yang suka hidup di tempat dengan intensitas cahaya yang tinggi dan terang.

Perawatan Ikan

Rummy nose tetra harus di rawat secara berkelompok di dalam satu akuarium minimal terdapat 6 ikan rummy nose tetra lebih dari 10 ekor merupakan pilihan terbaik. Daun-daun kering perlu di ganti secara berkala agar tidak mengotori air di akuarium.

Air juga perlu di ganti 25-40 % setiap seminggu sekali agar air tepat jernih namun tanin tetap terjaga. Ini bisa di simpul-kan kondisi air tetap berwarna coklat jernih bukan kondisi air bening. Penggantian air ini juga untuk menjaga pH dan suhu air stabil.

Media filter tetap harus di bersihkan 2-3 minggu sekali untuk menghindari tumbuhnya bakteri dan penyakit yang bisa menyerang ikan. Media filter seperti kapas dakron perlu di ganti jika sudah kotor dan bau.

Kondisi Air

Suhu air tropis atau tidak terlalu dingin dan panas adalah yang terbaik untuk merawat mereka, suhu air 76-80 °F atau sekitar 24-27 °C merupakan suhu ideal dan ini merupakan suhu air yang biasa di daerah Indonesia ketika tidak musim dingin atau hujan, jika di rasa suhu air terlalu dingin soabt lovedfish bisa menambahkan heater untuk menjaga suhu tetap stabil.

Warna ikan rummy nose tetra akan memudar jika disimpan dalam kondisi pH basa, hal ini seperti di jelaskan sebelumnya jika rummy nose tetra biasa hidup di tempat dengan pH asam. Untuk itu pH air di jaga harus di bawah 7,0 namun jangan terlalu asam atau setidaknya lebih dari 5,5. Sedangkan kekerasan air di antara 2 - 15 °H.

Penyakit Ikan

Dengan perawatan yang baik kadang penyakit tetap akan datang, kasus ini bisa terjadi ketika perubahan suhu drastis atau ada ikan baru yang masuk ke akuarium dan membawa bakteri atau virus.

Perawatan air yang kurang baik dapat dengan mudah di ketahui apakah ada sesuatu yang salah dengan melihat hidung rummy nose tetra yang merah, mereka sering kali menjadi lebih pucat jika kondisi air buruk.

Untuk ikan rummy nose tetra penyakit umum yang bisa menyerang mereka biasanya dropsy atau ich. Penyakit ich biasanya dapa di lihat dengna adanya bintik-bintik putih pada tubuh ikan atau white spot. Dropsy adalah penumpukan cairan yang menyebabkan tubuh membengkak.

Anti ich atau methylene (banyak merk yang beredar) bisa di gunakan untuk pengobatan ich, sedangkan dropsy bisa menggunakan obat antibiotik untuk ikan. Obat-obat ini sering tersedia di toko-toko ikan hias kesayangan sobat lovedfish.

Makanan Ikan

Rummy nose tetra merupakan ikan omnivora dan akan menerima makanan apapun yang tersedia. Ukuran ikan yang kecil dengan mulut yang imut perlu di perhatikan pelet atau makanan yang di tawarkan karena jika ukuran makanan terlalu besar mereka akan kesulitan untuk makan.

Pola makan yang bervariasi antara makanan hidup seperti daphnia, jentik, atau cacing sutra dan pelet berkualitas tinggi protein akan membuat tumbuh kembang maksimal bagi rummy nose tetra dan menghasilkan warna terbaik.

Perlu di perhatikan porsi makan mereka karena kebanyakan makan juga tidak baik bagi ikan dan akuarium, sisa pakan terutama pelet ikan yang tidak habis di makan dalam 10 menit sebaiknya segera di bersihkan agar tidak mencemari air di akuarium tersebut.

Perilaku Sosial

Ikan damai yang suka hidup berkelompok, mereka akan hidup nyaman dengan komunitasnya sendiri. meskipun 6 ekor rummy nose tetra sudah cukup untuk di jadikan satu koloni, akan lebih baik jika memelihara mereka lebih dari 10 ekor dalam 1 akuarium.

Jika sobat lovedfish ingin memelihara mereka dengan ikan lain pastikan ikan itu bukan predator dan ukuran ikan tidak jauh berbeda dengan rummy nose tetra. Spesies lain dari Hemigrammus Rhodostomus seperti Hemigrammus rhodostomus, Hemigrammus bleheri, Petitella georgiae bisa di jadikan teman mereka atau sejenis tetra yang lain seperti neon tetra, cardinal tetra, x ray tetra, serve (serpae tetra), corydoras, rasbora, barb.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Rummy-nose_tetra
https://www.fishkeepingworld.com/rummy-nose-tetra/
https://www.seriouslyfish.com/species/hemigrammus-rhodostomus/
https://fantaseaaquariums.com/fishes-care/rummynose-tetra-care/
Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: