5 Desember 2023

Merawat Buenos Aires Ikan Tetra Yang Aktif dan Cantik

Buenos Aires merupakan nama ibu kota Argentina, namun ini bukan tentang ibu kota. Ini tentang ikan jenis tetra yang di beri nama Buenos Aires (nama ilmiah: Hyphessobrycon Anisitsi). Ikan air tawar yang ramah bagi pemula dan cukup untuk di perhatikan karena mereka cukup aktif bergerak.

Di alam liar, mereka banyak ditemukan di sungai, kolam, danau, dan anak sungai, khususnya di wilayah La Plata Argentina. Yap sesuai dengan namanya, ikan Buenos Aires Tetra berasal dari Amerika Selatan, selain di Argentina mereka juga di temukan di Paraguay, dan Brasil tenggara.

Ikan air tawar ini biasa hidup berkelompok dengan jenisnya sendiri, mereka cukup cantik untuk menghiasi akuarium sobat lovedfish selain harganya murah kisaran harga Buenos Aires Tetra antara Rp 2.000 sampai Rp 3.000. Mereka juga mudah untuk di rawat bagi pemula, simak artikel ini hingga akhir untuk merawat mereka dengan baik.

Klasifikasi

Kerajaan

Animalia

Divisi

Chordata

Kelas

Actinoterygii

Keluarga

Characidae

Jenis

H.anisitsi

Deskripsi

Di Indonesia mungkin cukup panjang untuk menyebut Buenos Aires Tetra, makanya mereka sering di sebut dengan ikan Boines Tetra. Dalam pencarian google ketika sobat mengetik boines tetra otomatis akan di alihkan ke ikan Buenos Tetra. (gak penting juga di jelasin yak. hehehe)

Hampir semua jenis ikan Tetra termasuk Buenos Aires Tetra merupakan ikan tropis jadi cocok dengan iklim di Indonesia. Buenos Aires Tetra memiliki warna perak metalik dengan warna merah di sirip ekor bagian atas dan bawah serta tanda hitam di bagian tengahnya.

Sirip punggung bagian atas dan bawah juga memiliki warna merah, namun biasanya sirip atas warna merah sedikit bening di bandingkan bagian bawahnya. Sedangkan jenis Buenos Tetra Albino memiliki warna oranye merah di seluruh tubuhnya.

Buenos Aires Tetra merupakan salah satu jenis ikan tetra yang memiliki ukuran tubuh cukup besar, mereka dapat tumbuh hingga 7,5 cm atau sekitar 3 inci dan msa hidup ikan ini bisa mencapai antara 5 - 6 tahun.

Ukuran Akuarium, Pompa Air dan Pencahayaan

Akuarium 90*30*45 merupakan ukuran yang cocok untuk memelihara mereka, dengan akuarium panjang pergerakan mereka akan leluasa, mengingat Buenos Tetra merupakan ikan yang aktif berenang.

Arus air pelan hingga sedang jangan gunakan pompa air ukuran besar karena akan membuat Buenos Tetra tidak nyaman. Jika mengacu pada ukuran akuarium di atas sobat bisa menggunakan pompa air seri 1600 dengan kekuatan semburan sekitar 1200-1400 liter per jam.

Pencahayaan yang baik dan tepat akan membuat warna ikan menjadi lebih menarik. Pilihan warna lampu yang tepat untuk ikan Buenos Tetra adalah lampu warna putih atau putih biru. warna paling tidak cocok untuk mereka lampu 3 warna atau warna biru.

Perawatan Ikan

Buenos Aires Tetra dapat beradaptasi dengan baik ketika mereka singgah di akuarium baru, jadi bagi sobat lovedfish tidak perlu khawatir tentang parameter air yang di butuhkan. Mereka juga tidak memerlukan syarat dan kebutuhan khusus yang harus di siapkan.

beberapa jenis tanaman daun lunak akan menjadi makanan bagi mereka, jadi saat merawat mereka d akuarium hindari tanaman daun lunak jika tidak ingin tanaman itu akhirnya mati.

Buenos Aires Tetra juga merupakan ikan pemakan ulung, jangan biarkan mereka kelaparan yang bisa membuat mereka sedikit agresif dan akan memakan ikan sirip panjang ayang ada di akuarium. Merawat mereka secara berkelompok akan mengurangi agresifitas mereka.

Dekorasi Akuarium

Buenos Aires Tetra bukan ikan yang pilih-pilih terhadap dekorasi akuarium, namun justru di sini kendala yang terjadi. Biasanya ikan kecil sejenis tetra cocok untuk akuarium aquascape atau dekorasi akuarium dengan berbagai tanaman di dalamnya.

Buenos Aires Tetra terkenal ikan yang suka merusak dan memakan tanaman apalagi tanaman berdaun lunak atau rumput seperti java moss.

Jika sobat lovedfish tidak berencana menggabung ikan Buenos Aires Tetra dengan ikan tetra lainnya, biarkan akuarium tanpa dekorasi sudah cukup untuk mereka bertahan hidup. Hardscape atau dekorasi benda mati seperti kayu batu pasir juga bisa di tambahkan untuk kesan natural.

Kondisi Air

Seperti yang di jelaskan sebelumnya Buenos Aires Tetra merupakan ikan yang cukup mudah di rawat, salah satunya adalah parameter suhu yang cukup luas untuk dapat di tolelir. Suhu dingin 16 °C hingga suhu hangat 28 °C masih aman untuk merawat mereka.

Tingkat toleransi pH air juga cukup luas cakupannya 5,5 hingga 8,5. Meskipun cakupan pH air cukup luas tetappH netral adalah yang terbaik untuk merawat mereka. Sedangkan kesadahan air diantara 12 hingga 35 dGH.

Meskipun Buenos Aires Tetra kuat dan lebih toleransi terhadap parameter air, tetap penting untuk melakukan pengujian air secara teratur. Sobat lovedfish juga bisa dengan menjaga air tetap stabil dengan melakukan penggantian air seminggu sekali sebanyak 10-15 %.

Penyakit Ikan

Meskipun tahan dengan berbagai parameter air tetap saja makhluk hidup bisa saja terserang penyakit. Buenos Aires Tetra pun tidak rentan terhadap penyakit, salah satu penyakit umum yang menyerang ikan adalah white spot atau bintik putih.

Bakteri inc ini biasanya bisa berkembang dan menyerang ikan jika kondisi filter tidak maksimal di tambah perubahan suhu air yang drastis. obat dengan kandungan methylene biasanya cukup efektif untuk mengatasi penyakit white spot.

Yang penting untuk mengurangi resiko terkena penyakit hindari perubahan air yang drastis, jaga kebersihan akuarium dan media filter, hati-hati saat memasukkan ikan baru, pastikan ikan tersebut aman dari bakteri dan penyakit.

Makanan Ikan

Buenos Aires Tetra merupakan ikan pemakan ulung, apapun yang tersedia akan di makan, bahkan ikan sirip panjang akan di gigit jika mereka lapar.

Di alam liar tempat mereka di temukan, Buenos Aires Tetra termasuk omnivora yang akan memakan tumbuhan, serangga dan bahkan krustasea.

ketika sobat lovedfish merawat mereka di akuarium makanan terbaik adalah perpaduan antara pelet dan pakan alami dan juga sayuran. Namun untuk memudahkan sobat merawat mereka pelet bisa di jadikan makanan utama.

Untuk pakan alami, Buenos Aires Tetra menerima berbagai makanan seperti cacing, udang air asin atau rebon, daphnia. Pakan itu baik masih hidup maupun dalam kondisi beku atau kering akan tetap mereka makan.

Untuk sayuran, bisa di berikan sayuran hijau seperti bayam dan selada. Dalam pemberian pakan perhatikan jumlah ikan dan makanan yang di berikan. Terlalu banyak pakan yang di berikan juga tidak baik untuk ikan.

Sobat lovedfish bisa memberikan pakan ikan 2-3 X sehari untuk di habiskan dalam 5-10 menit. Buang sisa pakan agar tidak mengotori air dan menyebabkan tumbuhnya bakteri atau parasit.

Perilaku Sosial

Buenos Aires Tetra dapat tumbuh dengan baik di akuarium komunitas, yang perlu di ingat mereka adalah ikan berkelompok, artinya jika sobat ingin memelihara mereka setidaknya dalam 1 akuarium terdapat minimal 6 ekor Buenos Aires Tetra. Jika mereka di pelihara sendiri atau kurang dari itu biasanya mereka sedikit agresif adan suka menyerang ikan yang lebih kecil hanya untuk bermain.

Angelfish atau manfish, ikan laga-laga, siyem atau cupang dan ikan berseirip panajng sebaiknya jangan di jadikan satu dengan mereka, karena sirip mereka menjadi makanan yang lezat bagi Buenos Aires Tetra.

Beberapa ikan yang dapat di jadikan satu akuarium dan aman dengan Buenos Aires Tetra selain sesama jenis ikan tetra seperti Kongo Tetra, Black Tetra, Red Phantom Tetra, X Ray Tetra ikan-ikan dari keluarga cichlid seperti Ram Cichlid dari Bolivia, Ramirezi juga bisa di tambahkan.

Ikan-ikan lain yang mungkin bisa di jadikan pilihan di antaranya Apistogramma, Danios, Rainbow Fish, Barbs (Cherry Barbs atau Sematra), Gurami Kerdil atau dwarf guramy.

Referensi Artikel :

https://en.wikipedia.org/wiki/Buenos_Aires_tetra
https://www.seriouslyfish.com/species/hyphessobrycon-anisitsi/
https://www.aquariumsource.com/buenos-aires-tetra/

Jangan Lupa Berbagi Artikel
Previous Post
Next Post

0 comments: